Keluarga

Cara Menghilangkan Bau Di Dalam Rumah, Biar Lebih Nyaman Beraktivitas

Cara Menghilangkan Bau Di Dalam Rumah, Biar Lebih Nyaman Beraktivitas

Kalau sedang ‘nge-war’ memasak di dapur, kadang Ibumin suka nggak sadar kalau masakan tersebut kerap meninggalkan bau tidak sedap. Misalnya ketika Ibumin menggoreng ikan atau membuat sambal terasi.

Ibumin baru sadar bau tersebut ternyata cukup mengganggu, setelah selesai beberes dapur. Jelas hal ini bikin Ibumin jadi nggak nyaman beraktivitas setelah memasak.

Apalagi kalau tiba-tiba kedatangan tamu. Wah, sebelum hal itu terjadi Ibumin harus gerak cepat untuk mengusir bau tidak sedap tersebut, nih!

Sebenarnya ada berbagai macam cara menghilangkan bau di dalam rumah yang bisa kita lakukan. Tapi, nggak semua cara bisa benar-benar terbukti ampuh mengusir bau ya Bu.

Karenanya, simak cara menghilangkan bau di dalam rumah yang bisa Ibu lakukan. Sudah Ibumin buktikan sendiri, lho!

Cari dulu sumber baunya


Yes! Sebelum mengetahui cara menghilangkan bau di dalam rumah, ada baiknya ketahui dulu dari mana sebenarnya sumber bau itu berasal. Apakah dari masakan, saluran pembuangan di wastafel atau kamar mandi, adanya sampah di sudut ruangan dan lain sebagainya.

Kalau di rumah Ibumin, hal yang paling sering bikin bau ruangan adalah bau aroma masakan. Nah, kalau sudah begini selain menyalakan ex-haust di ruangan dapur, Ibumin biasanya juga akan menyalakan air purifier untuk bantu mengusir bau tak sedap.

Apalagi, jika mengutip Live Science air purifier juga bisa membantu mengusir partikel penyebab bau tak sedap. Hal ini berkaitan dengan teknologi filter yang terdapat di dalam alat tersebut.

Saran Ibumin, pilihlah air purifier yang bisa menjangkau dan memfilter partikel berbahaya di seluruh ruangan. Terutama yang dekat dengan area yang kerap menimbulkan bau tak sedap.

Semakin besar area yang hendak Ibu atasi. Biasanya, air purifier dengan teknologi CADR (Clean Air Delivery Rate) yang tinggi dapat menyaring lebih banyak partikel, serta menjangka area yang lebih luas.

Cara menghilangkan bau di dalam rumah


Mengutip dari The Washington Post sebenarnya ada banyak cara menghilangkan bau di dalam rumah yang bisa Ibu coba. Mulai dari bahan alami hingga pengharum ruangan layaknya lilin aroma terapi dan lain sebagainya.

Namun, ketimbang menggunakan bahan-bahan kimia, nyatanya kita juga bisa melakukan teknik cara menghilangkan bau di dalam rumah hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada. Misalnya seperti kopi bubuk, baking soda, cuka putih, vanilla ekstra dan lemon.

Lakukan cara menghilangkan bau di dalam rumah berikut, untuk mendapatkan hasil terbaik:

1. Bau tidak sedap akibat sampah di dalam rumah

Tumpahan bekas makanan, sedikit banyak dapat tempat sampah di dapur jadi bau. Bahkan, baunya ini bisa menyengat hingga ke dalam ruangan, lho!

Nah, salah satu cara menghilangkan bau di dalam rumah akibat sampah ini, bisa dengan mencuci bagian dalam dan luar pada tempat sampah terlebih dahulu ya Bu. Bersihkan dengan menggunakan sabun pencuci piring atau sabun colek hingga bersih, kemudian keringkan.

Pastikan bagian dalamnya benar-benar kering sempurna, untuk menghindari kemungkinan tempat sampah menjadi lembap dan berbau. Sebagai langkan untuk mencegah bau nantinya, Ibu juga bisa menaruh kulit jeruk atau lemon di dalam tempat sampah, sebagai pengharum alami.

Bisa juga menggunakan ampas kopi yang tidak terpakai, dan di masukkan ke dalam plastik yang dilubangi. Keduanya bisa menghilangkan bau tak sedap yang nantinya mungkin akan datang kembali.

2. Bau tak sedap di dalam kamar

Entah apa yang menjadi penyebabnya, terkadang kondisi kamar yang berada di pojok ruangan dan tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik, seringkali berbau tidak sedap. Sehingga, sebagai cara menghilangkan bau di dalam rumah dengan menggunakan cuka putih bisa jadi solusi.

Mengutip dari The Spruce cuka putih atau white vinegar, mengandung asam asetat sebanyak 95%. Asam asetat ini, kemudian bersifat menyerap bau tak sedap.

Sehingga dengan menggunakan cuka putih bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap di dalam ruangan. Cukup tuangkan sedikit cuka putih ke dalam wadah plastik.

Kemudian, tutup menggunakan tissue atau plastik yang telah dilubangi sedikit. Lalu, letakkan wadah tersebut di tiap sudut ruangan yang berbau.

3. Bau tak sedap dari lubang sink cuci piring

Dulu, Ibumin sering banget mengalami hal ini di rumah. Apalagi kalau Ibumin meninggalkan rumah lebih dari satu hari.

Begitu masuk ke dalam rumah, wah bau ruangannya sudah ‘komplit’. Ketika Ibumin cari tahu, ternyata ‘biang keroknya’ ada pada lubang sink cuci piring.

Biasanya, sebagai salah satu cara menghilangkan bau di dalam rumah dari lubang sink ini, Ibumin akan memastikan tidak ada sisa-sisa makanan di balik saringan lubang tersebut. Kemudian, cuci bersih saringan, dan siram lubang sink menggunakan air panas yang sudah dicampur dengan baking soda.

Voila! Dalam sekejap, bau tak sedap yang menyebar ke seluruh ruangan tersebut langsung hilang, deh. 

4. Bau tak sedap dari kamar mandi

Cara menghilangkan bau di dalam rumah yang berasal dari kamar mandi, bisa menggunakan kapur barus atau kamper. Kapur barus punya fungsi untuk mencegah lembap berlebih di beberapa sudut kamar mandi, terutama ketika kamar mandi tersebut tidak dilengkapi dengan ex-haust.

5. Bau tak sedap akibat asap rokok

Ibumin sebel banget nih, kalau habis kedatangan tamu alias teman-teman si Ayah, biasanya masih ada yang merokok. Nah, bau asap rokoknya terkadang bisa masuk ke dalam rumah.

Jadi, biasanya sebagai cara menghilangkan bau di dalam rumah akibat asap rokok, Ibumin akan membuka seluruh ruangan. Kemudian memasang air purifier hingga baunya benar-benar hilang.

Kalau perlu, Ibumin juga memasang diffuser yang ditetes aromaterapi. Tapi, kalau baunya sudah menempel hingga ke sofa, biasanya Ibumin juga akan membersihkan sofa menggunakan baking soda yang ditaburkan ke sofa.

Kemudian biarkan hingga semalaman, esok paginya vacuum sisa baking soda dan perlahan bau tak sedap akibat asap rokok pun menghilang.

Nah, selain itu kamu juga bisa menghilangkan bau tak sedap di rumah dengan cara menggunakan biji kopi yang diletakkan di dalam wadah. Letakkan wadah tersebut di tiap sudut ruangan.

Biji kopi memiliki sifat menyerap bau, sehingga bisa Ibu manfaatkan sebagai pengharum ruangan alami. Bau tidak sedap di dalam ruangan memang mengganggu, jadi nggak ada salahnya mencoba cara menghilangkan bau di dalam rumah yang sudah Ibumin rangkum di atas nih, Bu. Selamat mencoba ya, good luck!