Keluarga

10 Ragam Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Kulit Kamu

10 Ragam Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Kulit Kamu

Baking soda biasa dikenal sebagai salah satu bahan yang berguna untuk mengembangkan adonan kue. Tapi jangan salah, ternyata baking soda nggak hanya bermanfaat untuk proses pembuatan kue lho Bu.

Zat dengan nama ilmiah Natrium Bikarbonat ini juga punya manfaat untuk kecantikan. Dimulai dari ujung kaki hingga ujung kepala, baking soda ternyata juga bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah.

Dalam jurnal PubMed berjudul Antibacterial Activity of Baking Soda baking soda adalah bahan kimia yang bersifat anti-inflamasi dan antimikroba. Jadi nggak salah deh kalau zat yang satu ini juga banyak dimanfaatkan untuk mereka yang punya kulit berjerawat.

Akan tetapi jurnal tersebut mengatakan, ada baiknya kita tidak menggunakan baking soda pada kulit kita langsung agar tidak menimbulkan reaksi alergi. Nah, untuk mengetahui manfaat baking soda untuk kecantikan lainnya yuk simak terlebih dahulu artikel berikut ini.

Apa itu baking soda?


Melansir The Hans India baking soda adalah zat kimia yang berfungsi sebagai antibakteri, anti jamur, antiseptik dan antiinflamasi yang cukup diandalkan oleh banyak orang. Pada awal kemunculannya baking soda memang lebih dikenal sebagai bahan untuk pengembang kue.

Zat ini berbentuk seperti serbuk putih mirip garam kristal yang larut dalam air. Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi zat ini ternyata baking soda nggak hanya bermanfaat untuk memasak lho.

Zat ini memiliki manfaat lain seperti membersihkan peralatan dapur, sebagai bahan untuk membuat obat-obatan, bahkan punya manfaat untuk kecantikan seperti meredakan jerawat dan meredakan kulit yang terkena gigitan nyamuk. Meski punya banyak manfaat namun bagi kamu yang punya kulit sensitif wajib melakukan skin test terlebih dahulu sebelum menggunakan zat ini ya!

Ragam manfaat baking soda untuk kecantikan


Baking soda memiliki tingkat keasaman (pH) 9. Angka tersebut menunjukkan bahwa bahan ini termasuk ke dalam golongan basa. Artinya, dengan begitu zat ini punya manfaat untuk kecantikan yang mungkin belum banyak orang ketahui. 

Yuk kita bedah apa saja manfaat baking soda untuk kecantikan dari ujung kaki hingga kepala berikut ini.

Manfaat baking soda untuk rambut


  • Mengatasi rambut lepek

Melansir Good House Keeping baking soda punya manfaat untuk mengatasi rambut lepek lho! Nggak sempat keramas di pagi hari karena buru-buru harus berangkat ke kantor?

Cukup semprotkan larutan air dengan baking soda ke kulit kepala yang berminyak. Kemudian pijat dengan lembut dengan jari agar baking soda meresap ke kulit kepala dan voila! rambut kamu akan mengembang sempurna dan tidak lepek lagi deh.

  • Membersihkan rambut

Tanpa disadari terkadang rambut kita masih menyimpan banyak sekali kotoran sisa dari produk rambut yang gunakan. Entah itu hair spray, gell rambut dan sebagainya.

Apalagi kalau Ibu habis styling rambut yang membuat rambut jadi kaku dan kasar. Maka  baking soda bisa menjadi solusi untuk melembutkan dan membersihkan kembali rambutmu.

Caranya cukup dengan menambahkan baking soda pada shampoo, dengan takaran sama banyak. Cara ini bisa membuat rambut ku lebih cepat bersih daripada hanya menggunakan shampoo. Selain itu manfaat baking soda untuk rambut lainnya juga dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Manfaat baking soda untuk wajah

  • Membuat kulit tampak lebih cerah

Manfaat baking soda untuk kecantikan lainnya tak lain adalah bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Ibu bisa mencampurkan baking soda dengan air mawar atau jus jeruk dapat meningkatkan kadar kolagen kulit sekaligus membersihkan kotoran yang mungkin ada.

  • Menghilangkan bekas jerawat

Punya bekas jerawat yang membandel dan sulit hilang? Cobain pakai masker baking soda saja yuk Bu. Selain bisa mencerahkan kulit, baking soda juga bisa menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang membandel lho. Ibu bisa  mencampurkan masker soda kue dengan perasan lemon untuk hasil yang maksimal.

  • Exfoliant alami untuk kulit wajah

Baking soda merupakan exfoliant alami yang berguna mengelupas daerah bekas jerawat, menghilangkan lapisan kulit mati, dan membuka lapisan kulit baru. Dengan kata lain proses ini juga bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah dan membuatnya terasa lebih lembut.

Exfoliant alami secara teratur ini nantinya juga efektif mencegah jerawat lho! Ibu cukup mencampurkan air mawar dengan 1/2 sendok teh baking soda setelah membersihkan wajah. Oles di seluruh permukaan wajah, diamkan hingga kering kemudian bilas hingga bersih.

  • Membersihkan komedo di hidung

Komedo di hidung memang sangat mengganggu kecantikan ya Bu. Meski ditutup dengan make up tebal, terkadang komedo hitam masih tetap bisa terlihat terutama jika Ibu berkeringat.

Untuk mengatasi komedo hitam di hidung Ibu bisa gunakan baking soda dicampur susu sebagai scrub hidung. Rutin gunakan seminggu dua kali agar komedo yang membandel tak lagi muncul.

Manfaat baking soda untuk kulit


  • Leher dan ketiak yang menghitam

Warna leher dan wajah yang tidak sama memang cukup mengganggu kecantikan. Untuk mengatasi leher yang menghitam Ibu bisa rutin melakukan scrub baking soda yang dicampur air setiap seminggu dua kali. Lakukan hal yang sama pada lipatan ketiak, paha atau dengkul yang menghitam.

  • Untuk ruam kulit atau gigitan nyamuk

Campurkan baking soda dengan virgin coconut oil (VCO) pada bagian kulit yanh ruam akibat gigitan serangga. Melansir Style Craze campuran dua bahan ini menghasilkan zat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menenangkan kulit.

  • Untuk mencerahkan bibir

Campurkan madu dengan baking soda dan oleskan ke bibir kamus secara rutin seminggu tiga kali sebelum tidur malam hari. Dua bahan ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga bibir yang menghitam tampak lebih cerah alami.

  • Menghaluskan tumit dan telapak kaki

Punya tumis kasar dan kapalan? Tenang, Bu nggak perlu membeli salep khusus yang belum tentu cocok dengan kulit kamu. Ibu bisa gunakan campuran baking soda dengan air lalu digosok rutin pada tumit atau telapak kaki seperti scrub.

Itu tadi adalah beragam manfaat baking soda untuk kecantikan yang perlu kamu ketahui. Tapi ada baiknya sebelum menggunakan baking soda ke bagian kulit lakukan test alergi terlebih dahulu ya Bu.

Editor: Dwi Ratih