Keluarga

Bagaimana Tanda Skincare Cocok di Kulit? Temukan 5 Jawabannya!

Bagaimana Tanda Skincare Cocok di Kulit? Temukan 5 Jawabannya!

Perawatan wajah yang maksimal ditunjukkan dengan tanda skincare cocok di kulit. Apakah tanda skincare cocok tersebut? Adakah juga tanda skincare tidak cocok di kulit wajah? Simak ulasan berikut ini.

Memilih Skincare


Setiap jenis kulit memiliki jenis perawatan yang berbeda. Kulit berjerawat pasti berbeda perawatannya dengan kulit normal cenderung kering atau dengan kulit sensitif.

  • Kulit Berjerawat: utamakan skincare dengan kandungan Salicylic acid, Centella asiatica, niacinamide atau tea tree oil untuk menghilangkan bakteri dan memberi nutrisi;
  • Kulit normal cenderung kering: utamakan skincare dengan kandungan Hyaluronic acid atau ceramide untuk memberikann dan mengunci kelembapan; dan
  • Kulit sensitif: utamakan skincare yang mengandung squalane, minyak jojoba murni atau bakuchiol yang berfungsi menenangkan kulit yang kemerahan dan sensitif.

Skincare yang tepat dapat menghilangkan masalah pada wajah serta memperbaiki lapisan kulit. Berapa lama sih skincare dikatakan cocok di kulit kita? Dilansir dari Mamamia, seorang dermatologis mengatakan bahwa tanda skincare cocok di kulit dapat terlihat dalam 3 bulan. Lama?

Tentu. Karena kulit butuh penyesuaian dengan skincare yang digunakan. Dermatologis lain dalam laman Well and Good juga menegaskan hal serupa. Tetapi, karena siklus kulit kita dari yang mati berganti ke yang baru kemudian mati kembali memerlukan waktu sekitar 28 hari, tanda skincare cocok di wajah bisa diamati pada 1 siklus pertama.

Tanda Skincare Cocok di Wajah


Jika selama satu siklus pergantian kulit tersebut ini yang terjadi, maka skincare-mu cocok untuk kulitmu.

1. Masalah Kulit Mereda

Masalah kulit apapun yang sedang kamu alami akan mereda jika skincaremu cocok di kulit wajahmu. Akan ada perubahan seperti berkurangnya jerawat, kulit yang kering tampak lebih lembap, atau kemerahan yang berkurang.

2. Warna Kulit Merata dan Lebih Cerah

Wajah yang bermasalah akan menimbulkan warna kulit yang tidak rata. Ada sisi yang tterang dan ada sisi yang gelap. Tanda skincare cocok jika warna kulitmu menjadi sama di area manapun termasuk leher. Warna kulit yang rata menandakan skincare terserap baik dan kulit mendapatkan ‘makanan dan minuman’ secara optimal. Pada beberapa produk dengan pencerah warna kulit yang baik juga akan meningkat biasanya 1-2 level.

3. Kulit Terasa Lembap Tapi Tidak Berminyak

Tahukah kamu bahwa kunci masalah kulit adalah kurang hidrasi kulit wajah? Tanda kincare cocok yang tampak adalah kulit terhidrasi dengan baik. Kulit akan kenyal, lembap dan tidak berminyak. Untuk membedakan kulit yang lembap dan berminyak adalah dengan cara menekan kulit dengan lembut. Jika saat ditekan tidak ada sensasi licin minyak di jari, artinya kulitmu lembap dan terhidrasi dengan baik.

4. Kulit Tidak Iritasi dan Tidak Gatal

Jika skincare tidak cocok, biasanya kulit akan gatal dan iritasi. Tapi jika skincaremu terserap dengan baik, maka masalah iritasi tidak akan muncul dan tidak terasa gatal.

5. Kulit Jadi Lembut dan Kenyal

Tanda skincare cocok berikutnya adalah kekenyalan kulit bertambah. Kamu jadi ingin terus menerus memegang wajahmu karena sensasi kenyalnya.

Bila tanda-tanda tersebut sudah kamu dapatkan, artinya skincaremu sudah cocok dan bekerja maksimal. Nah, kebalikannya, waspadai tanda skincare tidak cocok di kulit berikut ini ya:

  • Kulit kasar, iritasi dan kemerahan;
  • Kulit breakout bahkan setelah 3 bulan pemakain skincare;
  • Warna kulit tidak merata;
  • Kulit terasa panas dan gatal; dan
  • Kulit lebih kering atau lebih berjerawat, atau lebih berminyak, tergantung kondisi masing-masing orang.

Cara Menggunakan Skincare yang Tepat


Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam penggunaan skincare, cobalah untuk mengaplikasikan langkah berikut:

  • Double cleansing wajah dengan micellar water/minyak tunggal/cleansing balm kemudian dilanjutkan dengan face wash. Hindari menggunakan sabun untuk kulit badan ya, karena hanya akan membuat kulit wajah semakin kering;
  • Aplikasikan toner yang cocok untuk jenis kulitmu untuk menghidrasi kulit;
  • Lanjutkan dengan serum atau essence untuk menutrisi kulit wajah;
  • Gunakan day cream (saat siang hari) atau night cream (saat malam hari) untuk melindungi dan menutrisi kulit setiap hari;
  • Kunci dengan sunscreen saat pagi atau siang hari agar skincare terserap dan kulit terproteksi dari sinar matahari dan sinar gawai;
  • Bila perlu, gunakan masker wajah 2-3 hari sekali atau lakukan eksfoliasi kulit seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu penyerapan skincare lebih maksimal; dan
  • Bahkan, kamu bisa menambahkan langkah rolling menggunakan roller wajah dari batu giok / batu jade untuk memperlancar peredaran darah.

Penggunaan skincare yang tepat dan rutin akan menunjukkan tanda skincare cocok. Skincaremu tidak harus mahal. Asalkan cocok di kulit wajahmu. Selain itu, imbangi juga dengan konsumsi cukup air putih, sayuran hijau dan sayuran berwarna seperti tomat, serta mengurangi konsumsi olahan tepung jenis apapun. Pencernaan yang sehat akan mendukung skincaremu dalam memperbaiki tekstur kulit dan menghempaskan masalah kulitmu.

Editor: Dwi Ratih