Keluarga

Cari Tahu Cara Melakukan Double Cleansing Yang Benar!

Cari Tahu Cara Melakukan Double Cleansing Yang Benar!

Bagaimana cara melakukan double cleansing pada wajah dengan benar? 

Membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka adalah tahap perawatan kulit muka pertama yang sangat penting. 

Namun, banyak wanita yang tidak tahu double cleansing itu apa dan manfaat double cleansing itu bagaimana. Double cleansing itu apa?

Double cleansing itu apa?

ups-sudah-tahu-cara-melakukan-double-cleansing-yang-benar-1

Membersihkan wajah juga menjadi ritual wajib sebelum tidur terlebih bagi kamu yang rutin memakai makeup setelah seharian penuh. Apabila kondisi wajah tidak benar-benar bersih sebelum tidur, jerawat akan lebih mudah muncul.

Nah, manfaat double cleansing adalah untuk memastikan wajah benar-benar bersih baik dari kotoran minyak dan debu. Dengan mengetahui double cleansing itu apa, kamu jadi lebih paham kalau double cleansing dapat mengangkat kotoran dengan lebih maksimal. 

Sesuai dengan istilahnya, double cleansing adalah cara membersihkan wajah sebanyak dua kali.

Tahap pertama dalam membersihkan wajah adalah membersihkan wajah dengan cara menggunakan pembersih wajah berbasis minyak. Tahap kedua adalah menggunakan sabun pencuci muka.

Pembersih berbasis minyak yang biasa digunakan biasanya berbentuk susu pembersih atau sering dikenal dengan milk cleanser. Bentuknya menyerupai losion. Selain itu, bentuk lain pembersih berbasis minyak adalah micellar water yang berbentuk seperti air bening.

Bagaimana cara melakukan double cleansing yang benar dan tepat?

Cara melakukan double cleansing

ups-sudah-tahu-cara-melakukan-double-cleansing-yang-benar-2

1. Memilih produk double cleansing sesuai dengan jenis kulit wajah

Manfaat double cleansing adalah memastikan kebersihan muka sehingga meminimalisir munculnya jerawat. Jangan sampai meski sudah maksimal membersihkan wajah, jerawat juga tetap sering muncul hanya karena salah memilih produk double cleansing yang tidak sesuai dengan jenis kulit. 

Cara melakukan double cleansing pertama adalah memastikan produk sesuai dengan jenis kulit. Pemilihan produk double cleansing yang salah dapat memperburuk kondisi wajah bahkan menyebabkan breakout.

Produk double cleansing yang tersedia di pasaran biasanya menyediakan untuk jenis kulit normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Tersedia juga cleansing jenis balm yang biasanya diperuntukkan untuk kamu yang berwajah kering dan sensitif.

2. Memastikan kebersihan tangan

ups-sudah-tahu-cara-melakukan-double-cleansing-yang-benar-3

Salah satu sumber bakteri yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah berasal dari tangan. Tangan adalah salah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda yang belum tentu kebersihannya. Sentuhan ini memungkinkan terjadinya transfer bakteri. 

Jadi, pastikan untuk mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah karena ini adalah cara melakukan double cleansing yang tidak boleh terlewatkan.

3. Meletakkan milk cleanser di 5 titik penting wajah

Nah kini tangan kamu sudah bersih dan produk yang kamu pilih sudah tepat. Cara melakukan double cleansing berikutnya adalah meletakkan milk cleanser di 5 titik penting di wajah yakni dahi, hidung, dagu, dan dua sisi pipi.

4. Meratakan milk cleansing ke seluruh wajah dengan gerakan memutar

Cara melakukan double cleansing berikutnya adalah melakukannya dengan gerakan memutar pada area wajah. Tahap ini dilakukan agar hasil pembersihan pada kulit wajah bisa lebih maksimal.

Lakukan gerakan memutar ke arah dalam pada semua bagian wajah dengan perlahan. Bersihkan wajah dengan gerakan memutar dengan menggunakan milk cleansing selama kurang lebih satu menit. 

Dengan melakukan cara double cleansing ini, diharapkan sisa debu, minyak, kotoran dan makeup pada wajah terangkat lebih efektif.

5. Melakukan pijatan lembut

Tidak hanya melakukan gerakan memutar, cara double cleansing yang tidak boleh terlewatkan adalah dengan cara melakukan pijatan lembut pada area wajah. Cara ini cukup efektif dalam membersihkan wajah sekaligus memberikan efek menenangkan.

Tahukah kamu dengan cara melakukan double cleansing seperti memijat ini dapat memberikan hasil lebih maksimal? Kamu dapat melakukan pijatan lembut kurang lebih satu menit saja.

6. Bersihkan dengan menggunakan kapas

ups-sudah-tahu-cara-melakukan-double-cleansing-yang-benar-4

Setelah kamu melakukan gerakan memutar dan pijatan lembut pada wajah, cara double cleansing berikutnya adalah membersihkannya dengan menggunakan kapas wajah. 

Disarankan menggunakan kapas wajah karena dikhawatirkan pembersihan kurang maksimal dengan masih ada sisa milk cleansing menempel jika pembersihan hanya membilas dengan air saja.

Dengan mengusapkan kapas di wajah, akan terlihat seberapa banyak kotoran wajah. Bersihkan dengan kapas hingga sudah tidak ada lagi kotoran yang menempel pada wajah.

7. Bisa menggunakan micellar water

Bagi kamu yang memilih menggunakan micellar water sebagai tahap awal cara melakukan double cleansing, maka cara menggunakan micellar water ini lebih simpel.

Pastikan micellar water yang dipilih cocok dengan jenis kulit wajah dan cocok dengan jenis kotoran yang hendak disingkirkan. Cara memakainya cukup mudah, tinggal menuangkan micellar water ke kapas dan diaplikasikan ke seluruh wajah dengan usapan lembut secara perlahan

8. Menggunakan second cleanser

Setelah first cleanser berupa milk cleanser atau micellar water diterapkan, cara melakukan double cleansing berikutnya adalah menggunakan second cleanser. Jangan sampai terlewat menggunakan double cleanser agar hasilnya bersih maksimal.

Second cleanser yang digunakan berupa sabun cuci muka yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit masing-masing. Pastikan bahan yang terkandung lembut digunakan dan tidak mengandung zat berbahaya.

Jangan gunakan sabun pembersih muka dalam bentuk scrub terlalu sering karena dapat menyebabkan wajah iritasi dan eksfoliasi berlebihan.

Apakah kamu sudah rutin melakukan double cleansing dengan benar?

Editor: Dwi Ratih