Keluarga

Fun Fact Petualangan Sherina 2: Kenangan Bintang Hingga Soundtrack Tak Tayang

Fun Fact Petualangan Sherina 2: Kenangan Bintang Hingga Soundtrack Tak Tayang

Siapa di antara Ibu atau Ayah yang melonjak kegirangan menyambut film Petualangan Sherina 2? Yes! Film yang tayang perdana untuk umum di 28 September 2023 kemarin, memang sangat dinanti oleh para penggemarnya, termasuk Ibumin salah satunya.

Setelah 23 tahun berlalu usai film pertamanya di tahun 2000, Riri Riza dan Mira Lesmana melahirkan karya terbombastisnya tahun ini. Ombak sambutan dari penyuka film Petualangan Sherina di tahun 2000 bergejolak sejak teaser-teaser film mulai muncul.

Nggak bisa bohong, generasi 90-an yang hidup, tumbuh dan berkembang dengan film Petualangan Sherina super excited menyambut Petualangan Sherina 2. Terutama dengan kehadiran pemain lama yang juga tumbuh dewasa, serta menawarkan petualangan baru Sherina di usia dewasanya. 

Filmnya ditujukan untuk Semua Umur (SU), dan sejak penayangan perdananya bioskop dipenuhi orang tua dan anak-anak yang menonton ini sebagai film keluarga. Eits, tapi artikel ini nggak bakal spoiler isi filmnya, kok Bu! Kali ini Ibumin akan menjabarkan fun fact seputar Petualangan Sherina 2. Ada apa aja ya?

Fun fact seputar Petualangan Sherina 2

1. Awalnya bukan film sekuel

Photo source: @filmpetualangansherina

Semula Riri Riza dan Mira Lesmana ingin membuat versi remake dari film pertama. Tentunya dengan pemeran-pemeran kecil baru yang bisa menyajikan warna yang lebih fresh.

Tapi ternyata saat mendiskusikannya dengan Sherina Munaf, Sherina justru mengusulkan pembuatan film sekuel keduanya. Then why not? Ternyata justru menguak memori banyak orang dan menghidupkan kenangan yang luar biasa.

2. Banyak scene yang tak sengaja mirip dengan film pertama

Photo source: @filmpetualangansherina

Riri Riza mengunggah sebuah reels di Instagramnya @rizariri yang menunjukkan 7 scene serupa antara film pertama dan Petualangan Sherina 2. Riri menulis “Dua puluh sekian tahun kemudian, ternyata saya memposisikan mata dan bergerak di garis yang kurang lebih sama.” Rupanya semua elemen dalam film ini bergerak dengan memori, ya. Romantis sekali!

3. Dikerjakan dalam waktu lama

Photo source: @filmpetualangansherina

Masih ingat kah Parents saat pertama kali video Sherina dan Derby muncul di Oktober tahun 2020? Video singkat itu membuat semua orang merinding, saking semangatnya karena tahu film ini akan hadir kembali.

Proses penggodokan naskah dan penyatuan ide sudah dilakukan sejak 2019. Kemudian video cuplikan Sherina-Sadam keluar di Oktober 2020, Desember 2020 hingga Januari 2021 musik mulai digarap.

Pandemi datang, membuat film yang harusnya bisa rilis 2021 justru tertunda hingga 2023. Pembuatan film ini melibatkan sangat banyak orang, sekitar 400 orang dan dikerjakan selama 113 hari. 49 hari di antaranya adalah proses syuting.

4. Sherina yang mengambil alih posisi gurunya sebagai penata musik

Photo source: @filmpetualangansherina

Sherina melibatkan diri langsung dalam proses pembuatan musik dan penulisan lagu di dalam film. Ia menggantikan gurunya, almarhum Elfa Secioria, yang menata musik di film pertama.

Sherina menulis 7 lagu dalam film bersama kakaknya Virania Munaf dan Mira Lesmana. Bahkan Virania juga ambil bagian dalam mengembangkan cerita bersama Jujur Prananto, Mira Lesmana dan Riri Riza.

7 lagu ini nyaman didengarkan dan bikin film jadi terasa lebih manis. Lagu "Sayu" dibuat menyentuh hati dengan komposisi musik yang apik. Sedangkan lagu "Mengenang Bintang" dibuat dengan manis menghidupkan memori tentang bintang di film pertama. Lagu lainnya jangan ditanya! Terngiang-ngiang terus susah dilupakan.

5. Derby Romero menyanyikan bagiannya sendiri

Photo source: @filmpetualangansherina

Melansir dari @filmpetualangansherina, Derby Romero akan menyanyikan semua lagu bagiannya sendiri, sambil melakukan koreografinya juga. Ternyata di film sebelumnya, Derby hanya melakukan koreo dan tidak menyanyi sendiri.

Kali ini, Derby betul-betul menyiapkan diri dan menghidupkan film lewat lagu yang ia nyanyikan sendiri bersama Sherina.

6. Musical performance yang anti gagal bikin penonton terkesima

Photo source: @filmpetualangansherina

Nggak cuma di film, dalam langkah promosi film Petualangan Sherina 2, dibuat juga musical performance yang super apik dan melibatkan 4 Sherina kecil. Jangan ditanya soal suara. Mereka luar biasa!

Ada Rara Sudirman, Quinn Salman, Maisha Kanna dan Caecilia Laura. Suara keempatnya menghadirkan memori masa kecil semua orang tentang Sherina di tahun 2000. Super epic dalam menyambut filmnya.

7. Esensi tentang bintang dihidupkan kembali

Photo source: @filmpetualangansherina

Seperti halnya di film pertama, esensi tentang bintang dihidupkan kembali di film Petualangan Sherina 2. Ini sesuai, lho dengan fakta bahwa cahaya bintang yang kita lihat di bumi sekarang ini adalah cahaya bintang bertahun-tahun lalu, sesuai jarak bintang tersebut ke Bumi.

Inilah mengapa lagu Mengenang Bintang feel-nya dapet banget karena Sherina-Sadam seolah sedang melihat masa lalu mereka saat kecil di Bosscha.

8. Melibatkan aktor-aktor lama dan menyegarkan dengan aktor baru

Photo source: @filmpetualangansherina

Orang tua Sherina M. Darmawan akan muncul juga di film Petualangan Sherina 2. Mathias Muchus dan Ucie Nurul hadir kembali di film ini membawa kehangatan seperti film pertama.

Wajah-wajah baru pun juga muncul dan membuat film lebih menarik. Ada Quinn Salman, Chandra Satria bahkan Isyana Sarasvati.

9. Tinggal di Kalimantan langsung

Photo source: @filmpetualangansherina

Selama proses penggarapan, scene-scene di Hutan Kalimantan tidak ada yang palsu, lho. Semua cast dan crew tinggal di Kalimantan untuk proses syuting. Sherina sendiri bahkan sudah mengunjungi lokasi sebelumnya, untuk menyatukan diri dengan alam dan mendapatkan feel yang pas.

10. Lagu “Terlalu Gegabah” tak muncul di film

Photo source: @filmpetualangansherina

Salah satu OST Petualangan Sherina 2, yaitu Terlalu Gegabah tidak jadi ditayangkan dalam film. Lagu ini disimpan sebagai bonus track film.

Eits, tapi bukan sama-sekali nggak ada, ya. Melodinya sih tetap diperdengarkan di film. Hanya saja tidak disajikan lengkap seperti lagu-lagu lainnya. Parents yang sudah nonton, bisa menemukan melodinya di film, nggak nih?

11. Sefruit tips dari Sadam yang berhasil menyembuhkan asmanya

Photo source: @filmpetualangansherina

Masih ingat kan kalau Sadam menderita asma di film pertama? Nah, di film Petualangan Sherina 2, Sadam sembuh dari asmanya.

Penonton dapat bocoran tips cara menyembuhkan asmanya Sadam, lho:

  • Menghirup udara bersih
  • Tinggal di suhu hangat
  • Mengurangi stres

Nonton filmnya jadi salah satu cara mengurangi stres, nih. Apalagi, hadirnya film Petualangan Sherina 2 nggak cuma menghidupkan masa kecil kita sebagai orang dewasa. Tapi juga mampu menarik anak kita sekarang punya masa kecil yang sama bahagianya. Selamat menonton Petualangan Sherina 2 bersama keluarga!

Editor: Aprilia