Keluarga

Hubungan Seks Setelah Operasi Caesar? Siapa Takut!

Hubungan Seks Setelah Operasi Caesar? Siapa Takut!

Berhubungan seks setelah operasi caesar mungkin terdengar menakutkan mengingat perut yang dijahit pasca melahirkan. Luka yang dijahit menyebabkan rasa tidak nyaman saat berhubungan intim. Kapankah waktu yang tepat untuk berhubungan intim pasca operasi caesar? Posisi seks setelah caesar apa yang aman?

Waktu diperbolehkan berhubungan intim pasca operasi caesar

hubungan-seks-setelah-operasi-caesar-siapa-takut-1

Masyarakat pada umumnya berpendapat bahwa tidak ada perubahan hubungan seks setelah operasi caesar dengan sebelum melahirkan. Logikanya bayi tidak keluar dari vagina sehingga tidak mengganggu kenikmatan berhubungan antar sebelum dan setelah melahirkan 

Padahal, berhubungan intim pasca operasi caesar sama-sama menimbulkan trauma seperti pasca melahirkan spontan per vaginam.

Berhubungan intim dapat dilakukan kembali 6 minggu setelah melahirkan untuk menghindari infeksi pada luka jahitan seperti yang dilansir oleh Mayo Clinic.

Luka bekas operasi caesar biasanya sepanjang 10-15 cm akan terasa nyeri terutama di awal-awal setelah melahirkan. Memberikan jarak tertentu dalam berhubungan intim pasca operasi caesar juga menunggu sampai lokia berhenti. Lokia atau darah nifas adalah pendarahan normal yang umum terjadi saat masa nifas, yakni sekitar 6 minggu.

Darah nifas yang keluar setelah melahirkan caesar biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan yang melahirkan normal. Ini disebabkan sebagian besar darah sudah dibersihkan pada saat operasi berlangsung. Meski begitu, lamanya nifas juga tetap kurang lebih 6 minggu.

Masa nifas bagi rahim merupakan waktu pemulihan untuk membersihkan dan memulihkan dirinya. Dalam kurun waktu tersebut, rahim wanita yang tadinya membesar akan kembali ke ukuran semula. Leher rahim yang tadinya melebar dan terbuka saat mempersiapkan tubuh sebelum persalinan akan mengecil dan menutup kembali.

Leher rahim harus menutup dan luka bekas jahitan operasi harus benar-benar pulih agar hubungan seks setelah operasi caesar

Jangka waktu kesiapan berhubungan seks setelah operasi caesar dengan pasangan setelah operasi berbeda tiap Ibu. Ada yang dapat berhubungan seks setelah operasi caesar 6 minggu pasca melahirkan tanpa keluhan apapun dan ada juga yang saat berhubungan masih merasakan nyeri.

Permasalahan berhubungan seks setelah operasi caesar

hubungan-seks-setelah-operasi-caesar-siapa-takut-2

Berikut beberapa kendala yang mungkin membuat Ibu kurang nyaman berhubungan seks setelah operasi caesar.

1. Stres dan kurang tidur

Hal pertama yang membuat hubungan seks setelah operasi caesar tidak nyaman adalah akibat stres dan kurang tidur karena memiliki bayi baru lahir. Stres yang berlarut-larut jika tidak ditangani dengan tepat akan menyebabkan Ibu mengalami depresi postpartum. Ini dapat membuat gairah seks sangat menurun.

Jika Ibu masih ragu untuk berhubungan seks setelah operasi caesar, Ibu dapat mengkomunikasikannya terlebih dahulu dengan suami.

2. Kelelahan

Setelah melahirkan, biasanya Ibu harus banyak meluangkan waktunya untuk merawat dan menyusui si kecil. Ini dapat membuat Ibu kehilangan banyak waktu dan tenaga sehingga kurang bergairah saat berhubungan intim bersama pasangan.

3. Vagina kering

Tubuh mengalami perubahan hormon termasuk penurunan kadar estrogen pada saat setelah melahirkan. Ini membuat produksi cairan vagina berkurang sehngga membuat vagina menjadi lebih kering. Vagina yang kering akan membuat hubungan seks setelah operasi caesar terasa nyeri dan kurang nyaman.

Posisi aman berhubungan setelah caesar

hubungan-seks-setelah-operasi-caesar-siapa-takut-3

Bagi Ibu yang memiliki kecemasan-kecemasan di atas, mungkin Ibu bisa mencoba berbagai posisi seks setelah caesar di bawah ini. Apa sajakah?

1. Spooning

Spooning adalah posisi seks setelah caesar yang paling aman. Tidak ada tekanan di perut dan suami dapat langsung melakukan penetrasi tanpa perlu kerja keras. Spooning adalah posisi intim yang paling tepat bagi mereka yang menginginkan seks yang santai, lambat, dan lebih intim.

2. Doggy style berdiri

Posisi aman berhubungan setelah caesar berikutnya adalah doggy style dengan cara berdiri. Bagi sebagian wanita, posisi ini mungkin favorit saat sebelum melahirkan. Namun jika dilakukan seperti biasa saat setelah operasi caesar, Ibu akan merasa tekanan di bagian perut.

Untuk mengatasinya, cobalah berdiri di tepi ranjang atau di pinggiran meja dan biarkan suami melakukan penetrasi sambil berdiri.

3. Posisi duduk

hubungan-seks-setelah-operasi-caesar-siapa-takut-4

Posisi Woman on Top dengan Ibu di atas pangkuan suami akan mencegah perut mengalami tekanan yang berlebihan. Dada saling bersentuhan dan baik Ibu atau pasangan dapat menentukan tempo seberapa cepat gerakan yang diinginkan.

4. Reverse Cowgirl 

Posisi aman berhubungan setelah caesar ini didominasi dari modifikasi posisi Woman on Top. Reverse Cowgirl juga dikenal dengan posisi Woman on Top terbalik. Posisi ini memberikan Ibu kontrol selama berhubungan intim. Ibu juga dapat mengukur sejauh mana batasan gerakan berhubungan seks setelah operasi caesar yang dapat Ibu lakukan tanpa merasakan rasa nyeri pada perut. 

5. Posisi kaki menyilang membentuk x

Ibu dapat berbaring di tepi ranjang atau meja dan membiarkan suami berdiri di depan Ibu. Silangkan kedua kaki Ibu hingga membentuk huruf X. Posisi ini akan membuat suami melakukan penetrasi lebih dalam tanpa memberi tekanan berlebihan pada bekas luka caesar.

6. Misionaris

Jika Ibu melakukan posisi misionaris biasa, ini akan membuat Ibu mengalami banyak tekanan pada berat badan suami yang bertumpu di perut ibu. Ibu dan pasangan dapat berhubungan intim dengan melakukan posisi misionaris yang sudah dimodifikasi.

Suami berlutut dan menduduki kedua tumitnya, kemudian ia dapat mengangkat kaki dan pinggul Ibu saat melakukan penetrasi. Posisi ini dapat mencegah tekanan berlebihan pada luka bekas caesar. Kamu juga dapat meletakkan bantal di bawah bokong untuk mendapatkan posisi yang lebih nyaman.

Jangan takut berhubungan seks setelah operasi caesar. Ibu dan suami tetap dapat menikmatinya dengan mencoba 6 posisi aman di atas.

Editor: Dwi Ratih