Keluarga

Ide Lomba 17 Agustus Di Rumah Tetap Seru Dan Menyenangkan

Ide Lomba 17 Agustus Di Rumah Tetap Seru Dan Menyenangkan

Wah, nggak terasa ya Bu sebentar lagi kita akan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 tahun. Biasanya, HUT RI dirayakan cukup meriah di tiap daerah dengan berbagai lomba 17 Agustus.

Misalnya saja lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba balap kelereng dan lain sebagainya. Namun, dua tahun belakangan lomba 17 Agustus terpaksa tidak bisa dirayakan secara meriah di daerah setempat akibat adanya pandemi.

Tapi, nggak perlu khawatir ya Bu ternyata masih banyak cara merayakan HUT Kemerdekaan meski harus di rumah saja lho Ibu bisa mengadakan lomba 17 Agustus bersama anggota keluarga di rumah dengan hadiah yang seru dan menarik.

Sehingga euforia HUT RI tetap terasa di rumah dan menjadi kegiatan yang menyenangkan buat si kecil. Apalagi menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia lomba 17 Agustus memiliki beragam manfaat lho Bu.

Selain berdampak bagi kesehatan tubuh, perlombaan tradisional yang biasa di adakan pada lomba 17 Agustus merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi biasanya perlombaan ini dilakukan secara beregu.

Ketika suasana hati senang, maka akan membuat pikiran kita juga sehat dan hal tersebut merupakan salah satu cara agar kita terhindar dari risiko penyakit mematikan seperti jantung, kanker, dan sebagainya. Nggak hanya itu, lomba 17 Agustus juga bisa membuat si kecil makin bisa menghayati makna kemerdekaan, melatih kepercayaan diri, mengikuti aturan dan instruksi serta memahami arti sportivitas.

Apalagi kalau lomba 17 Agustus dilakukan bersama orang tua di rumah, otomatis hal ini akan membantu mempererat hubungan anak dan orang tuanya. Lalu, apa saja sih lomba 17 Agustus yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah? Yuk intip ide lomba 17 Agustus berikut ini.

Ide lomba 17 Agustus di rumah


1. Lomba makan kerupuk

Siapa sih yang nggak kenal dengan lomba 17 Agustus yang satu ini? Yup, lomba makan kerupuk menjadi salah satu icon 17 Agustus yang paling terkenal di Indonesia.

Perlombaan ini juga mudah dilaksanakan dan bisa dilakukan di rumah lho. Caranya mudah, tinggal menggantung kerupuk dengan tali rafia sesuai tinggi anak.

Kemudian dalam hitungan tiga, anak diminta makan kerupuk hingga habis, yang paling cepat habis keluar sebagai juaranya. Nah, setelahnya Ibu dan Ayah tinggal menyiapkan hadiah-hadiah kecilnya saja ya.

Nggak perlu yang mahal-malah kok yang penting bermanfaat dan bikin si kecil jadi tambah semangat belajar. Apalagi makan kerupuk merupakan lomba 17 Agustus hemat biaya yanh bisa dilakukan di rumah.

2. Lomba balap karung


Buat yang punya halaman atau area cukup luas, lomba balap karung juga bisa di lakukan di rumah nih Bu. Tapi, pastikan perlombaan ini diikuti oleh anak yang kira-kira usianya sudah cukup besar ya.

Tujuannya untuk menghindari anak terjatuh dan cidera. Caranya cukup mudah kok Ibu tinggal siapkan karung, kemudian kenakan dan lompat hingga garis finish. Usahakan agar garis start dan finish tidak terlalu jauh ya, supaya mudah digapai si kecil.

3. Lomba membawa kelereng dengan sendok


Lomba 17 Agustus yang satu ini lebih dikenal dengan lomba balap kelereng. Di masa kecil kita, lomba ini cukup populer setelah lomba balap karung dan lomba makan kerupuk.

Lomba balap kelereng bisa melatih keseimbangan dan konsentrasi anak. Cara pelaksanaannya juga sangat mudah, peserta mengigit batang sendok dengan mulut kemudian taruh kelereng di sendok dan berjalan cepat hingga garis finish. Jika kelerengnya jatuh sebelum garis finish, maka peserta harus mengulang dari garis start.

4. Lomba cabut koin dari buah


Kalau biasanya lomba 17 Agustus yang satu ini menggunakan oli yang di balur di buah, kalau untuk perlombaan yang aman buat si kecil Ibu bisa membalurkan dengan coklat atau madu. Buah yang dipilih bisa melon atau semangka, dengan ukuran sesuai dengan kemampuan si kecil.

Jangan lupa koinnya dicuci atau disterilkan dahulu ya. Lalu, setelah lomba berakhir buah yang dijadikan tempat untuk cabut koin bisa dinikmati bersama agar tidak mubadzir.

5. Lomba memasukan pensil ke dalam botol


Untuk melaksanakan lomba 17 Agustus yang satu ini juga hanya perlu peralatan sederhana yang ada di rumah kok Bu. Bahannya hanya botol bekas, tali kasur atau rafia, dan pensil yang diikat di tali dan pinggang si kecil.

Tali yang mengikat pensil sebaiknya diukur terlebih dahulu agar panjangnya dan batasnya berada di atas mulut botol. Untuk melakukan lomba 17 Agustus yang satu ini tangan peserta tidak boleh menyentuh tali ya.

Taruh botol di seberang para peserta, dalam hitungan tiga, peserta lari, dan memasukkan paku. Wah, pasti bakalan seru banget deh!

6. Lomba tarik tambang


Siapa bilang lomba tarik tambang nggak bisa dilakukan di rumah? Lomba tarik tambang tetap bisa di lakukan di rumah ya Bu. Bahkan bisa menjadi salah satu lomba 17 Agustus yang paling ditunggu si kecil.

Caranya juga mudah, tarik garis di antara dua tim kemudian tim saling menarik. Tim yang melewati garis dinyatakan kalah. Lomba 17 Agustus ini paling cocok dilakukan bersama tim. Misalnya saja tim Ibu dan Adik vs tim Ayah dan kakak, lalu yang menjadi juri adalah pengasuh atau kakek nenek di rumah.

7. Lomba tiup balon


Nah, lomba 17 Agustus yang satu ini pasti sangat disukai oleh si kecil terutama yang sudah berusia di atas 3 tahun dan sudah pandai meniup balon. Usahakan memilih balon dengan kualitas bagus agar tidak mudah pecah dan melukai mulut si kecil ya Bu.

8. Lomba untuk Sobat SMP


Buat Ibu yang punya anak sudah lebih besar, nggak ada salahnya ikutan lomba 17 Agustus online yang satu ini lho. Melansir website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengajak para Sobat SMP (Sekolah Menengah Pertama) untuk berpartisipasi dalam lomba Rayakan Merdekamu.

Di sini anak-anak bisa ikut berpartisipasi dalam perlombaan Rayakan Merdekamu dengan cara mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional sambil merekam video karya kreatif bertema kebinekaan. Karya yang dapat kalian ikut sertakan dalam perlombaan Rayakan Merdekamu bisa seperti berikut ini:

  • Menyanyikan lagu;
  • Membacakan puisi;
  • Menarikan tarian;
  • Bercerita;
  • Berpantun; dan
  • Bentuk ekspresi lainnya.

Ibu bisa membantu si kecil untuk mengunjungi laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id agar bisa mengetahui detail informasi perlombaan melalui buku pedoman yang telah disediakan. Nantinya, karya-karya akan dipromosikan pada 17 hingga 31 Agustus 2021.

Editor: Dwi Ratih