Keluarga

Jadi Lebih Mudah, Ketahui Aneka Tips Memasak Dari Sisca Soewitomo Yuk!

Jadi Lebih Mudah, Ketahui Aneka Tips Memasak Dari Sisca Soewitomo Yuk!

Tahukah kamu? Ternyata nggak semua Ibu rumah tangga sudah jago memasak sebelum menikah, lho! Beberapa bahkan ada yang baru bisa memasak ketika si kecil baru lahir, alih-alih memasak MPASI anak.

Memasak makanan yang enak memang dibutuhkan berbagai macam skill khusus. Selain bermanfaat untuk memudahkan proses memasak, skill ini juga bermanfaat untuk menjaga rasa masakan agar lebih lezat saat disajikan untuk keluarga.

Nah, meski memasak merupakan hal yang terlihat sepele namun nyatanya cukup rumit dilakukan, lho! Dalam Instagram Live Ibupedia beberapa waktu lalu, Ibu Sisca Soewitomo selaku profesional chef juga mengatakan dalam menyajikan makanan dengan kualitas terbaik, ternyata cara pilih bahan, proses dan olahan masakannya nggak boleh sembarangan.

Untuk itu, dibutuhkan pengetahuan khusus dan tips memasak lainnya guna membantu Ibu bisa terus jadi chef andalan keluarga. Cari tahu apakah Ibu sudah menerapkan cara tersebut dengan benar dalam tips memasak berikut ini ya!

Seberapa penting memilih proses olah masakan yang tepat?


Menurut sang Ratu Boga Indonesia, Ibu Sisca Soewitomo proses olah makanan bisa menjadi sangat penting dilakukan, baik itu digoreng, direbus, dikukus dan lain sebagainya. Hal ini dapat menjadi acuan utama di hasil akhir produk. 

Sehingga, hasilnya sangat menggugah selera dan bisa menghasilkan produk makanan yang lezat dan berkualitas. Apalagi mengingat kualitas ini sangat berpengaruh terhadap kelezatan masakan yang dihasilkan.   

Lalu seberapa penting memilih bahan masakan yang berkualitas? Ibu Sisca Soewitomo mengatakan, semua bahan masakan baik dari sayuran, daging, ayam maupun seafood punya cara tersendiri agar bisa diolah jadi masakan lezat. Tapi, hal utama yang perlu jadi acuan adalah kita wajib mencuci dengan bersih semua bahan tersebut sebelum diolah. 

Walau terlihat sangat sepele, tips memasak yang satu ini nggak boleh diabaikan ya Bu! Apalagi dalam memilih bahan masakan. Bahkan, untuk memilih bahan seperti sayuran hijau juga dibutuhkan ketelitian khusus.  

Menurut Ibu Sisca, kesalahan dalam memilih bahan makanan ini akan sangat memengaruhi cita rasa masakan yang dihasilkan. Sehingga menjadi penting adanya untuk mengetahui berbagai tips memasak agar Ibu makin jago di dapur. 

Cara pilih bahan masakan yang segar


Memilih bahan masakan yang segar adalah salah satu tips memasak yang nggak boleh diabaikan saat di dapur. Menurut Ibu Sisca, memilih bahan masakan segar menjadi syarat mutlak untuk memasak. Berikut ini adalah tips memasak dan memilih bahan masakan segar yang wajib diperhatikan: 

1. Memilih sayuran

Sebaiknya pilih sayuran yang segar, jika ada beberapa bagian yang busuk, layu atau kering segera buang dan sisihkan. Cuci bersih sayuran yang masih segar, tiriskan dan segera dimasak menggunakan bumbu favorit. 

2. Memilih ikan dan ayam

Pastikan Ibu memilih ikan dan ayam yang masih segar, tidak berbau menyengat, insang ikan masih merah dan lentur ketika dipegang. Buang sisik ikan, cuci bersih dan taburi jeruk nipis dan garam. 

Hal yang sama juga bisa dilakukan saat membersihkan ayam. Nah, menyimpan kedua bahan makanan ini juga nggak boleh sembarangan ya Bu! 

Baik ikan maupun ayam wajib disimpan ke dalam wadah yang bersih atau bisa ditutup plastik yang ditutup rapat. Pastikan disimpan di dalam freezer, dan tidak ada bahan makanan lain di dalam kulkas yang berbau menyengat. Karena hal ini dapat memengaruhi kualitas dari kedua bahan tersebut. 

3. Memilih daging

Pilih daging sapi yang masih segar dan tidak mengeluarkan bau busuk menyengat. Kalau kamu memilih untuk menjadikan daging sebagai stock di dalam kulkas, Ibu Sisca menyarankan nggak perlu langsung dicuci. 

Cukup pindahkan daging yang sudah dipotong tersebut ke dalam wadah bersih. Kamu bisa mencuci daging sesaat setelah ingin digunakan. 

Cara lainnya adalah, kamu juga bisa menyimpan daging dengan cara di rebus terlebih dahulu untuk membuang kotoran. Baru kemudian diinginkan dan simpan ke dalam lemari es. 

Tips memasak daging sapi agar cepat empuk


Disadari atau tidak, demi daging cepat matang, terkadang kita justru jadi terburu-buru memasak. Bahkan sengaja membesarkan api, alih-alih agar daging cepat empuk dan matang. 

Namun, menurut Ibu Sisca justru ini merupakan cara yang salah. Tips memasak daging agar cepat empuk justru tidak boleh dimasak menggunakan api besar. 

Sebaiknya, masak daging dengan api konstan alias sedang. Pilih potongan daging yang empuk seperti bagian has dalam atau tenderloin. 

Kamu juga bisa pilih teknik memasak dengan menggunakan presto agar daging cepat empuk, tanpa menghabiskan banyak waktu. Perlu diketahui, daging mentah awet disimpan di dalam kulkas selama 6-8 bulan lamanya. 

Dengan catatan, kulkas tidak sering dibuka tutup dan wajib mencatat tanggal kapan daging tersebut dimasukan ke dalam freezer. Hal ini berguna untuk menjaga kandungan nutrisi dan tekstur daging itu sendiri. 

Tips memasak daun singkong agar tidak pahit

Kita tahu bahwa daun singkong merupakan sayuran yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya murah, daun singkong juga bisa diolah menjadi masakan lezat. 

Sayangnya, kalau tidak tahu caranya terkadang rasanya pun akan jadi sedikit pahit. Nah, untuk itu Ibu Sisca pun memberikan sedikit tips memasak daun singkong yang wajib kamu perhatikan. 

Caranya cukup petik dan cuci bersih daun singkong. Kemudian siapkan panci berisi air, rebus air hingga mendidih. Lalu masukan daun singkong, beri garam dan sedikit cuka. 

Rebus kira-kira selama 5-10 menit hingga daun singkong empuk. Kemudian angkat, cuci kembali dengan air mengalir, peras airnya, dan siap untuk dipotong-potong dan ditumis dengan bumbu. 

Tips memasak sayuran yang satu ini memang perlu diperhatikan dengan baik. Supaya menghasilkan rasa masakan yang lezat dan menggugah selera. 

Tips menyimpan telur

Tips memasak berikutnya adalah bagaimana cara menyimpan telur agar lebih awet dan tidak cepat membusuk. Menurut Ibu Sisca ada baiknya telur disimpan di dalam suhu ruangan saja dan bukan di dalam kulkas. 

Namun, jika harus menyimpan telur di dalam kulkas ia menyarankan agar kotoran di cangkang telur harus dibersihkan. Tapi bukan berarti harus dicuci ya, Bu! 

Setidaknya cangkang telur harus bersih dari sisa kotoran yang menempel. Supaya tidak mengkontaminasi bahan lain yang ada dalam kulkas. 

Tips menghangatkan sayuran

Boleh nggak sih sayuran dihangatkan dan dimakan kembali esok hari? Sebenarnya menurut Ibu Sisca hal ini boleh dilakukan, asalkan pastikan sayuran sudah dipanaskan sebelum didiamkan semalaman di dapur atau masukan ke dalam kulkas. 

Tapi, pastikan sebelum memasukkan ke dalam kulkas sayuran sudah dalam kondisi dingin. Sehingga tidak basi saat hendak dihangatkan kembali esok hari. 

Tips agar tidak kecipratan minyak saat menggoreng


Tips memasak yang satu ini wajib banget dicatat ya Bu! Sebab, hal ini seringkali membuat Ibu jadi trauma memasak atau menggoreng akibat cipratan minyak panas. Ibu Sisca memberikan sedikit tips untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Pastikan ayam atau ikan yang hendak digoreng sudah benar-benar kering dan tidak ada air di dalamnya. Minyak yang digunakan pun harus cukup panas, agar bahan tersebut bisa matang merata.

Kamu juga bisa menaburi sedikit tepung ke dalam minyak sebelum memasukkan bahan tersebut. Agar lebih aman, tutup penggorengan dengan wadah penutup saat hendak menggoreng. Tapi, jangan lupa sesekali harus diintip agar masakan tidak gosong ya, Bu!

Semoga tips memasak yang disebutkan oleh Ibu Sisca ini bisa bermanfaat dalam membantu Ibu memasak ya. Selamat mencoba!