Keluarga

Jarang Dilakukan, Ternyata Self Healing Itu Penting Lho!

Jarang Dilakukan, Ternyata Self Healing Itu Penting Lho!

Beberapa orang mungkin memiliki luka batin yang menguras emosi hingga sulit membuka diri kembali. 

Menyembuhkan luka batin memang bukan perkara mudah, apalagi jika sudah bertahun-tahun dipendam tanpa ada orang yang bisa membantu menyembuhkan luka tersebut.

Luka batin ini terkadang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari ya Bu. Efeknya macam-macam, ada yang menjadi mudah cemas, mudah merasa sedih, takut akan kehilangan dan beragam hal lainnya.

Untuk mengatasi luka batin ini, seseorang perlu melakukan self healing. Terutama jika gangguan psikologis yang timbul sudah sulit dikendalikan bahkan membuat kamu jadi sering menarik diri dan anti sosial.

Meski awalnya mungkin tak mudah, namun yuk simak berbagai cara self healing terbaik yang bisa kami lakukan pelan-pelan setiap hari, dalam ulasan berikut ini!

Apa arti self healing? 

Luka batin yang dimiliki oleh beberapa orang, mungkin tidak mudah untuk disembuhkan ya Bu. Nah, jika melansir Psychology Today sejatinya yang bisa menyembuhkan luka batin tersebut hanyalah diri sendiri, hal tersebut dikenal dengan nama self healing.

Yup, secara harfiah arti self healing sendiri merupakan cara seseorang untuk menyembuhkan diri sendiri akibat adanya gangguan psikologis atau hal apapun yang bisa menyakiti diri sendiri. Self healing bisa dilakukan seseorang secara sadar atau otomatis akibat sebuah kebiasaan.

Penyembuhan luka batin ini bisa dilakukan dengan cara relaksasi pernapasan, meditasi, dan yoga. Emosi positif dari relaksasi membuat hormon endorfin atau hormon bahagia bekerja.

6 cara self healing terbaik mudah dilakukan

Self healing merupakan proses yang mudah dilakukan ya Bu. Hal ini pun tanpa sadar penting dilakukan setiap orang, terutama bagi mereka yang punya luka batin. Tujuannya agar tubuh lebih rileks, mencegah dan stress yang berujung dapat menyakiti diri sendiri.

Coba yuk beberapa cara self healing berikut:

1. Meditasi

Meditasi merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk self healing. Meditasi merupakan bagian dari mindfulness yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mendapatkan energi positif kembali, setelah terbuang dan membuat lelah.

Melansir News Week meditasi bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 menit setiap hari, sebagai bagian dari self healing. Kamu bisa menggunakan gerakan yoga dengan cara duduk bersila di tempat yang nyaman dan fokus pada pernapasan.

Tarik dan buang napas, kemudian biarkan tubuh merasakan energi yang ada di sekitar. Cara self healing terbaik yang satu ini akan lebih terasa manfaatnya jika dilakukan sambil memejamkan mata.

2. Me time


Sebagai Ibu, melakukan kegiatan monoton setiap hari tetap dapat membuat mereka mudah stress sehingga Ibu sangat butuh me time. Nah, ternyata me time juga merupakan cara self healing terbaik lho!

Kalau nggak punya waktu me time terlalu lama, kamu bisa merilaksasi tubuh dengan meditasi ataupun hanya sekadar mendengarkan musik di saat si kecil tidur. Me time merupakan cara seorang Ibu untuk self healing agar bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri tanpa memikirkan orang lain dalam beberapa waktu.

3. Journaling


Journaling juga merupakan cara self healing terbaik yang bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Journaling juga berlaku bagi kamu yang tidak memiliki skill menulis sama sekali ya Bu!

Journaling bisa dilakukan layaknya menulis sebuah buku harian. Isi dari journal tersebut bisa berisi perasaanmu hari ini, apa saja yang membuatmu bahagia, kesal dan lain sebagainya. Kegiatan ini juga bisa kamu lakukan baik di tulis di buku maupun notes di smartphone atau laptop.

4. Berbicara pada diri sendiri


Pernahkan kamu bertanya pada diri sendiri mengenai kabarmu hari ini? Apa yang sedang kamu rasakan dan inginkan? Nah, salah satu cara self healing terbaik adalah berbicara pada diri sendiri. Cobalah melihat di cerman dan jujur pada diri sendiri.

Berbicara sendirian bisa melampiaskan perasaan buruk terhadap sesuatu. Terlebih jika kamu memiliki luka batin yang sulit sekali untuk disembuhkan.

5. Berdamai dengan diri sendiri


Memaafkan dan belajar untuk berdamai dengan diri sendiri merupakan cara self healing terbaik yang bisa kamu lakukan perlahan-lahan. Bukan berarti kamu nggak boleh merasakan amarah pada dirimu ya Bu.

Marah dan terluka adalah hak akibat adanya luka batin masa lalu tiap orang. Tapi, cobalah untuk berdamai dan tidak menyalahkan diri sendiri. Belajarlah untuk menerima setiap keadaan yang menimpa untuk menjadi pembelajaran.

6. Self compassion


Jika melansir Very Well Mind menurut psikolog dari Universitas Texas, Dr. Kristin Neff mengatakan self compassion merupakan cara bagi seseorang dalam menerima kesalahan. Meditasi dan mindfulness bisa membantu seseorang untuk belajar menerima kesalahan tersebut dengan lapang dada dan tulus.

Dengan kata lain self compassion adalah secara tulus menerima diri sendiri sebagai orang yang tidak sempurna. Ketika sudah menerima, maka kamu akan lebih bisa menyadari bahwa kesalahan adalah bagian penting dari perjalanan hidup yang kemudian berkontribusi pada cara kita memandang diri.

Penting untuk diketahui, tubuh manusia dirancang untuk melakukan self healing. Dari penyembuhan emosional, tubuh dapat menyembuhkan diri sendiri dengan beberapa cara.

Namun proses self healing ini tergantung dari seberapa sering kamu meningkatkan kemampuan tersebut dan belajar menyalurkan energi tubuh. 

Jika self healing bisa dilakukan dengan baik, maka kita dapat manfaat seperti perasaan yang nyaman, menenangkan serta mendapatkan banyak energi positif kembali.

Editor: Dwi Ratih