Keluarga

Aneka Jenis Jeruk Yang Manis Dan Menyegarkan Ini, Ada Di Indonesia!

Aneka Jenis Jeruk Yang Manis Dan Menyegarkan Ini, Ada Di Indonesia!

Jenis jeruk manis yang ada di Indonesia ternyata sangat banyak, lho! Misalnya saja seperti jenis jeruk keprok hingga jenis jeruk lemon yang menyegarkan. Adanya macam-macam jenis jeruk di Indonesia, bukan hasil impor saja. 

Hal ini karena, tanah Indonesia yang subur di beberapa wilayah tertentu sehingga mampu menghasilkan beragam jenis jeruk. Umumnya, jenis jeruk bisa tumbuh dengan baik di negara subtropik, akan tetapi negara beriklim tropis seperti Indonesia pun bisa membudidayakannya. 

Beberapa jenis jeruk manis asal Indonesia, bahkan sangat tersohor sehingga bagi para penggemar jeruk, nampaknya akan rugi bila melewatkan musim panennya. Jeruk yang merupakan buah yang kaya akan vitamin C, ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai asupan vitamin C alami. 

Selain itu, buah ini sangat terjangkau dan bisa dibeli di mana saja, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket besar. Lalu, apa saja sih beragam jenis jeruk yang ada di Indonesia?

Manfaat mengonsumsi beragam jenis jeruk untuk kesehatan tubuh


Jeruk awal mulanya berasal dari China, namun karena zaman sudah semakin berkembang, maka macam-macam jenis jeruk pun bisa tumbuh subur di negara yang iklimnya hangat. Kandungan vitamin C pada jeruk, juga diketahui paling banyak bila dibandingkan dengan pilihan buah lainnya.

Melansir dari laman WebMD, berikut ini manfaat mengonsumsi macam-macam jenis jeruk untuk kesehatan tubuh kita:

  • Melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan
  • Sumber pembentukan kolagen alami
  • Memudahkan tubuh untuk menyerap zat besi penyebab anemia
  • Meningkatkan imunitas tubuh dan melawan kuman atau bakteri
  • Menghambat degenerasi manula karena usia (penyebab utama berkurangnya penglihatan)
  • Membantu melawan radikal bebas penyebab kanker
  • Menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stress)
  • Menurunkan tekanan darah dalam tubuh
  • Sebagai antiinlfamasi
  • Sumber serat yang baik untuk tubuh
  • Sumber folat bagi ibu hamil
  • Mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan gigi
  • Kandungan asam sitrat dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Meski ada banyak manfaat baik dari macam-macam jenis jeruk, namun perlu Ibu ketahui jika beberapa jenis jeruk punya kandungan asam yang tinggi. Sehingga dapat memperburuk kondisi GERD yang Ibu miliki sebelumnya. 

Alternatifnya, Ibu bisa menghindari jenis jeruk nipis atau jenis jeruk lemon yang kandungan asamnya cukup tinggi. Pilihlah jenis jeruk manis agar aman untuk lambung, misalnya jenis jeruk keprok atau jeruk Pontianak. Perhatikan juga bagaimana memilih jenis jeruk manis, ketika berada di pasar tradisional atau supermarket.

Macam-macam jenis jeruk yang sering dikonsumsi


Jeruk punya warna yang sangat cerah dan menarik mata siapa saja yang melihatnya. Namun, nyatanya tak semua jeruk memiliki rasa yang manis.

Hal ini pun pada akhirnya jadi pertimbangan banyak orang yang tak ingin mengonsumsinya. Berikut ini macam-macam jenis jeruk yang kerap dikonsumsi:

1. Mandarin orange (jeruk keprok)

Jenis jeruk keprok atau mandarin orange ini salah satu jenis jeruk manis yang banyak diminati. Melansir dari laman Live Eat Learn, jenis jeruk keprok merupakan jenis jeruk yang berukuran kecil dan kulitnya mudah sekali dikupas.

Jenis keruk keprok dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan subtropis. Konon kabarnya, jenis jeruk keprok atau mandarin ini merupakan leluhurnya berbagai macam jenis jeruk yang ada di seluruh dunia.

2. Jeruk manis

Mendengar namanya saja Ibu sudah tahu bahwa jenis jeruk manis ini punya rasa yang manis dan legit serta segar. Jenis jeruk manis ini, merupakan hasil persilangan antara Pomelo dan Jeruk Mandarin.

Rasa yang manis rupanya dipadukan dengan aroma yang segar, sehingga tak jarang jenis jeruk manis juga sering dilibatkan dalam pembuatan parfum.

3. Lemon 


Melansir dari laman Bibit Buahku, jeruk lemon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan sumber vitamin C yang sangat banyak. Jenis jeruk lemon juga cukup banyak, seperti: lemon impor Australia, lemon impor Amerika, dan lemon lokal

Ketiga jenis jeruk lemon seperti di atas sangat mudah ditemui di Indonesia dan kerap dijadikan campuran minuman yang segar. Mulai dari minuman modern, hingga racikan ramuan tradisional yang mampu menghangatkan dan menyegarkan tubuh.

4. Jeruk nipis

Jenis jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki cita rasa asam yang tinggi meski tetap menyegarkan. Jeruk nipis punya aroma wangi yang khas dan sedikit menusuk, terutama bagi lambung.

Bagi yang memiliki masalah lambung, jenis jeruk nipis bisa dikonsumsi sewajarnya saja. Selain untuk minuman, jenis jeruk nipis bisa digunakan sebagai kondimen untuk masakan seperti soto agar rasanya menyegarkan.

5. Cherry orange (Jeruk Ceri)


Tak seperti namanya, rupanya jeruk ceri tak mirip dengan buah ceri terutama cita rasanya. Jeruk ceri dikenal sebagai jenis jeruk asal Afrika Barat dan banyak tumbuh di negara seperti Uganda, Angola, Mozambik, hingga Kongo.

Jenis jeruk ini berukuran kecil dan bisa dimakan begitu saja. Kabarnya jenis jeruk ini bagus untuk mengobati impotensi.

6. Jeruk Pontianak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jeruk Pontianak menjadi salah satu jenis jeruk manis yang banyak digemari. Jeruk ini banyak tumbuh di daerah Pontianak, Kalimantan Barat.

Tekstur jeruk Pontianak memiliki kandungan air yang sangat banyak, rasa yang cenderung manis, dan umumnya memiliki jenis kulit berwarna hijau atau hijau kekuningan, bukan asli berwarna jingga seperti jenis jeruk kebanyakan. Kulit jeruk Pontianak cukup tipis sehingga mudah sekali dikupas.

7. Jeruk Sunkist


Jeruk Sunkist atau banyak yang mengenalnya sebagai jeruk California, merupakan salah satu jenis jeruk manis yang bisa ditemui di supermarket dengan mudah. Biasanya ukurannya lumayan besar, warna kulitnya jingga merona, dan dagingnya cukup tebal.

Kulit jeruk Sunkist umumnya susah dikupas, sehingga kebanyakan orang hanya memanfaatkan jeruk ini dengan diperas saja dan digunakan sebagai minuman segar. Ibu sudah pernah mencobanya?

8. Jeruk Medan

Bagi masyarakat daerah Brastagi, Sumatera Utara, jenis jeruk Medan sudah tidak asing lagi. Jenis jeruk Medan umumnya sama seperti jeruk Pontianak, yang rasanya manis menyegarkan.

Ketika mengunjungi Brastagi, banyak wisatawan yang menjadikan jeruk Medan sebagai tanda mata untuk orang-orang di rumah.

9. Jeruk Bali

Jeruk Bali banyak dikenal juga sebagai jeruk Pamelo, dan merupakan salah satu jenis jeruk yang ukurannya sangat besar, ada yang sebesar kelapa bayi manusia. Daging jeruk Bali berbeda dengan jenis jeruk lainnya yang cenderung jingga, jeruk Bali punya warna kemerahan cenderung putih.

Cita rasa jeruk Bali tak semuanya manis, meski banyak juga yang memburu rasa asam yang cukup menyegarkan pada jeruk ini.

Editor: Aprilia