Keluarga

Kulit Tampak Awet Muda, Ketahui Manfaat Retinol Untuk Wajah, Yuk!

Kulit Tampak Awet Muda, Ketahui Manfaat Retinol Untuk Wajah, Yuk!

Siapa sih yang nggak mau punya wajah glowing dan terlihat awet muda? Sepertinya hal ini merupakan dambaan semua wanita. Untuk mewujudkannya, mereka pun rela menggunakan berbagai skincare khusus yang mengandung retinol.

Yup! Retinol memang dikenal sebagai salah satu bahan perawatan kulit yang terbilang cukup ajaib. Meski begitu, bukan berarti semua kulit cocok menggunakan retinol ya Bu.

Beberapa efek samping mungkin saja muncul setelah menggunakan retinol yang justru dapat merusak kulit wajah. Karenanya, penggunaan retinol pada kulit wajah nggak boleh dilakukan sembarangan.

Selain itu, Ibu juga perlu tahu bagaimana menggunakan retinol yang tepat agar mendapatkan hasil maksimal. Sebelum menggunakannya ada baiknya simak terlebih dahulu yuk, apa saja manfaat retinol serum untuk wajah dalam ulasan berikut.

Manfaat retinol serum untuk kulit wajah


Retinol sendiri merupakan bentuk lain dari vitamin A yang ternyata punya banyak kegunaan dalam perawatan kulit wajah. Melansir Cleveland Clinic selain bisa dimanfaatkan untuk perawatan anti aging, retinol ternyata juga bisa mengobati bekas jerawat, lho!

Retinol juga merupakan zat topikal yang hanya bisa digunakan di kulit bagian luar. Bentuk dari zat ini juga ada berbagai macam dan berbentuk gel, krim, lotion, salep ataupun serum. Manfaat retinol untuk wajah juga sangat beragam, diantaranya adalah:

1. Memperbaiki tekstur kulit

Retinol memiliki molekul yang kecil, sehingga dapat masuk ke bawah lapisan epidermis. Melansir Healthline retinol juga bekerja untuk mengelupas kulit mati dan mengangkat kotoran, serta minyak berlebih di wajah.

Hal ini dapat membantu mencegah pembentukan jerawat serta memperbaiki struktur kulit yang rusak akibat jerawat. Retinol juga akan bekerja merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Sedikit tips, jika kamu cenderung memiliki kulit sensitif ada baiknya gunakan retinol pada tangan terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit. Setelah itu, mulailah untuk menggunakan dosis retinol dalam jumlah sedikit. Jika tidak mengalami efek samping, Ibu dapat meningkatkan dosis penggunaannya sesuai kebutuhan.

2. Wajah tampak awet muda

Manfaat retinol untuk wajah lainnya adalah dapat memperlambat proses penuaan dini. Retinol punya fungsi memelihara lapisan kulit terluar sebagai pelindung tubuh, menjaga agar kulit tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua produk produk anti aging dengan retinol diformulasikan untuk mengobati jerawat ya Bu. Jadi, ada baiknya hindari bahan-bahan tambahan yang dapat memperparah jerawat, seperti wewangian dan minyak tertentu.

3. Memudarkan dark spot atau bintik hitam

Selain kerutan, salah satu tanda penuaan yang kerap muncul adalah timbulnya bintik hitam atau dark spot akibat paparan sinar matahari. Nah, manfaat retinol untuk wajah ternyata juga bisa memudarkan bintik hitam tersebut serta memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk sinar matahari. Selain itu, retinol juga bisa berfungsi mengatasi melasma alias hiperpigmentasi pada kulit wajah.

4. Merangsang produksi kolagen alami kulit

Manfaat retinol untuk wajah selanjutnya adalah bisa merangsang produksi kolagen alami kulit. Hal ini karena retinol juga diketahui dapat meningkatkan ketebalan epidermis yang otomatis bisa merangsang produksi kolagen alami.

Kolagen sendiri punya fungsi mencegah kulit kering serta meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit. Hal ini sekaligus dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

5. Menyamarkan kerutan

Kerutan juga bisa menyebabkan kulit wajah terlihat lebih tua. Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit wajah akan membelah lebih lambat. Hal ini membuat lapisan tengah (dermis) kulit jadi menipis, sehingga kulit mengalami kesulitan dalam mempertahankan kelembapan serta memproduksi kolagen.

Nah, penggunaan retinol secara rutin dapat membantu menyamarkan garis-garis halus dan kerutan dengan memperlambat pemecahan kolagen dan membuat kulit jadi lebih elastis. Akan tetapi, untuk hasil yang maksimal penggunaan retinol harus dilakukan secara rutin.

Lalu, amankah retinol untuk Bumil dan Busui? Jika melansir Very Well Family menurut Dr. Deanne Mraz-Robinson, M.D., dokter kulit di Westport, CT retinol merupakan zat yang sangat kuat. Sehingga menghasilkan perubahan yang cukup cepat jika dipakai secara rutin di wajah.

Karenanya, para dokter sepakat bahwa retinol sebaiknya tidak digunakan oleh Bumil maupun Busui. Hal ini berkaitan dengan jumlah kadar retinol yang diserap ke dalam aliran darah dan cukup riskan memengaruhi janin dan bayi yang sedang menyusui. Oleh karena itu, dokter kulit umumnya tidak merekomendasikan penggunaan retinol saat hamil maupun menyusui.

Kenalan dengan rangkaian produk retinol Elsheskin 


Ibu nggak perlu khawatir, sebenarnya secara umum penggunaan retinol untuk wajah cukup aman kok. Apalagi jika cenderung memiliki jenis kulit ya normal dan tidak ada riwayat alergi tertentu.

Untuk memenuhi kebutuhan wanita Indonesia agar terhindar dari penuaan dini dan kulit lebih kencang, baru-baru ini Elsheskin juga mengeluarkan dua produk terbarunya yang mengandung retinol. Nah, produk tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Retinol Rejuvenating Night Serum

Serum ini mengandung 1% Encapsulated Retinol dan Multi-peptide Complex. Kedua zat ini berfungsi meregenerasi kulit, meremajakan kulit serta mengurangi flek hitam akibat penuaan hingga 83.3%, lho!

Bahkan kandungan aktif dari Niacinamide, Licorice Extract, Hyalironic Acid serta Gluconolactonenya dapat membantu mengembalikan fungsi maksimal skin barrier, mencegah iritasi kulit serta membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik. Hasilnya, bikin kulit tampak lebih muda dan bercahaya.

Untuk cara pakai retinol Elsheskin ini juga cukup mudah, Bu. Gunakan setelah membersihkan wajah di malam hari. Kemudian aplikasikan serum ini secara tipis. Nah, tips penting saat baru pertama menggunakan ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum adalah gunakan serum ini secara bertahap yaitu 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Kemudian, gunakan skincare ini dengan metode sandwich yaitu moisturizer kemudian retinol dan ditutup kembali dengan moisturizer. Produk ini juga aman jika digunakan berbarengan dengan hydrating serum yang berfungsi sebagai buffer, sehingga kulit wajah bisa lebih siap menerima penggunaan retinol.

2. Eye Serum Eyessential Night

Kulit di sekitar area mata terkadang juga sering lupa untuk dirawat. Padahal, bagian ini dapat menentukan penampilan Ibu agar tampak terlihat lebih segar, lho!

Nah, selain punya concern dengan kulit wajah ternyata produk kedua dari Elsheskin juga punya manfaat untuk mencegah keriput dan penuaan dini yang biasanya sering tampak di sekitar mata. Eye Serum Eyessential ini berfungsi untuk mencegah sekaligus menghindari munculnya garis-garis halus tersebut.

Nggak hanya itu, teknologi Botox-like effect ini membuat eye serum Elsheskin dapat membantu mengatasi 5 masalah kulit mata sekaligus meliputi; mata panda, sembab, kerutan halus, kendur dan kulit dehidrasi. Urutan dan cara pakai retinol Elsheskin Eyessential adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan wajah, pastikan wajah benar-benar bersih. Kalau perlu gunakan cleanser atau toner setelahnya.

2. Gunakan Elsheskin Retinol Rejuvenating Night Serum secara merata. Hindari penggunaan di bagian kulit di sekitar mata.

3. Gunakan Elsheskin Eyessential secara di kulit sekitar mata, gunakan tipis-tips namun pastikan sudah merata.

4. Kunci dengan menggunakan moisturizer.

Itulah manfaat retinol untuk wajah yang terkandung dalam Elsheskin. Kalau Ibu sudah pernah coba produk ini, belum?