Keluarga

7 Karakteristik Anak Yang Lahir Bulan Agustus, Teguh Pendirian Dan Perfeksionis!

7 Karakteristik Anak Yang Lahir Bulan Agustus, Teguh Pendirian Dan Perfeksionis!

Anak-anak yang lahir bulan Agustus sering diidentikkan dengan anak-anak ‘pejuang’. Mengingat kemerdekaan Indonesia mencapai puncaknya di bulan Agustus, vibes-nya jadi penuh semangat nasionalisme dan patriotisme.

Ada yang bilang juga sifat anak yang lahir di bulan Agustus dipengaruhi musim, batu lahir, dan juga lambang bunga lahirnya. Bahkan, zodiak lahir bulan Agustus cukup memengaruhi pembawaan karakter mereka juga, lho!

Lalu, apalagi sifat anak yang lahir di bulan Agustus lainnya? Simak dalam ulasan berikut, yuk!

Karakteristik bayi dan anak yang lahir bulan Agustus

Anak yang lahir bulan Agustus awal, 1-22 Agustus masuk dalam kategori zodiak Leo. Sedangkan mereka yang lahir tanggal 23-31 Agustus masuk dalam kategori zodiak Virgo. Karakter Leo dan Virgo dalam ilmu Astrologi, menunjukkan sifat-sifat anak yang lahir di bulan ini.

1. Si strong-willed children


Pernah dengar istilah strong-willed children? Ini merupakan karakter anak yang berkemauan kuat terhadap sesuatu. Seringkali dianggap kaku, tidak menurut, dan semauanya sendiri.

Padahal sebenarnya ini adalah karakter positif yang perlu sepenuhnya didukung. Anak yang lahir bulan Agustus, memiliki keinginan kuat dan rasa penasaran yang tinggi. Melansir dari Tiny Beans, anak-anak ini suka mempertahankan argumennya dengan konsisten.

Orang tua dengan anak yang lahir bulan Agustus perlu berpikiran terbuka, untuk memahami anak-anak ini dan aktif memuaskan rasa haus penasarannya.

2. Lebih sehat, aktif dan tumbuh kembangnya baik


Di negara 4 musim, anak yang lahir bulan Agustus berarti lahir di musim panas. Selama kehamilan dan setelah lahir mereka mendapatkan lebih banyak sinar matahari.

Asupan vitamin D yang cukup membuat mereka lebih sehat dan tumbuh tinggi. Di negara tropis, ini juga terjadi. Karena Agustus masih masuk bulan musim kemarau, vitamin D dari sinar matahari cukup didapat bayi dan anak-anak.

Sebuah penelitian di tahun 2015 tentang pengaruh musim terhadap berat lahir, pubertas, ukuran tubuh saat dewasa dan pencapaian akademik. Lebih detailnya, penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir bulan Juni, Juli dan Agustus memiliki berat lahir yang lebih optimal dibandingkan anak yang lahir di bulan lahir.

Mereka juga mencapai pubertas tepat waktu dan pencapaian akademiknya lebih baik. Meski pada beberapa kasus, anak-anak bulan Agustus di negara yang memulai tahun ajaran bulan September, mengalami ketertinggalan akademik. Ini sebenarnya dipengaruhi karena mereka masuk sekolah lebih cepat dari usianya.

Sehingga proses belajarnya belum sesuai dan mereka lebih lambat merespon. Namun faktanya, banyak juga anak-anak yang berhasil survive dengan pembelajaran yang ada bersama dengan teman lainnya.

Sedangkan di negara seperti Indonesia yang memulai tahun ajaran di bulan Juli, anak yang lahir bulan Agustus memiliki usia hampir memenuhi syarat dan pemahaman pendidikannya bisa mengejar dengan cepat.

3. Bersemangat dan tidak bisa diam


Karena ada pengaruh dari vitamin D yang lebih banyak didapat saat lahir, baik di negara tropis maupun di negara 4 musim, anak yang lahir bulan Agustus cenderung lebih aktif, bersemangat dan tidak bisa diam.

Mereka lebih bersemangat karena saat mereka lahir matahari lebih banyak muncul. Ternyata ini juga memengaruhi semangat mereka, lho!

Ini juga membuat mereka lebih happy. Bahkan penelitian seorang profesor dan rekan-rekannya di Vanderbilt University pada tikus, menemukan bahwa musim panas dengan lebih banyak matahari membuat tikus lebih kecil kemungkinannya terkena depresi dibandingkan mereka yang lahir di musim minim matahari.

4. Seorang petualang


Nah, karena anak yang lahir bulan Agustus adalah anak-anak dengan semangat tinggi dan nggak bisa diam, jangan heran kalau mereka sangat suka bertualang. Mereka sangat menyukai hal-hal yang membuat mereka penasaran, menghabiskan waktu dengan aktivitas menguras energi, dan bermain di alam.

Main dalam ruangan juga mereka suka, kok. Apalagi kalau dikonsep sebagai permainan mencari harta karun atau permainan detektif. Wah, jadi dapat ide bermain juga, nih.

5. Perfeksionis


Kalau sudah punya keinginan akan sesuatu, mereka akan serius sekali mengerjakan hal tersebut. Sampai-sampai hal detil pun jadi perhatian mereka.

Melansir dari Baby Centreanak yang lahir bulan Agustus dan berzodiak Virgo tergolong perfeksionis dan punya standar yang tinggi akan pencapaian yang mereka inginkan.

6. Istimewa karena punya 3 jenis batu lahir


Ragamnya batu lahir mereka juga banyak. Mungkin hal ini juga yang bikin, anak yang lahir bulan Agustus jadi punya karakter yang bermacam-macam yang cenderung kuat.

Batu lahir untuk mereka yang lahir bulan Agustus adalah Peridot, Spinel dan Sardonyx. Peridot yang warnanya hijau kekuningan terbilang batuan langka.

Peridot mencerminkan sifat menjaga yang terkasih, cinta, kebahagiaan dan kekayaan. Sardonyx memiliki deskripsi sifat yang hampir mirip.

Ketika mereka nanti menikah, mereka bisa memberikan kestabilan dalam rumah tangganya. Mereka menawarkan kebahagiaan dan cinta yang nyata dan tulus.

Spinel melambangkan mereka yang lahir bulan Agustus memiliki kesetiaan, pandai mengesampingkan ego diri untuk mereka yang dicintai.

7. Bunga lahirnya Gladiolus dan Poppy


Tahu nggak, Bu? Ternyata lambang bunga lahir berdasarkan Old Farmer’s Almanac adalah bunga Gladiolus dan Poppy.

Bunga Gladiolus sendiri melambangkan kekuatan, kemenangan, penyembuhan dan kemuliaan. Sedangkan bunga Poppy yang identik dengan peringatan kematian setelah perang, melambangkan kebangkitan dari kesedihan.

Ini tercermin dari orang-orang yang lahir bulan Agustus yang kuat dan mudah bangkit dari kesedihannya dari masa lalu. Anak-anak yang lahir bulan Agustus ternyata punya banyak karakter yang berpondasi pada kekuatan dan kesungguhan melakukan sesuatu. Bangga sekali sebagai orang tua bisa memiliki anak-anak yang teguh pendirian seperti ini, ya Bu.

Editor: Aprilia