Keluarga

Lebaran Di Kampung Halaman! 10 Tips Mudik Saat Pandemi Bersama Anak

Lebaran Di Kampung Halaman! 10 Tips Mudik Saat Pandemi Bersama Anak

Kabar gembira untuk kita semua! Terutama bagi keluarga yang hendak mudik. Tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman lho!

Jelas hal ini disambut dengan sukacita oleh masyarakat. Nah, kurang lebih sudah dua tahun tidak mudik pasti membuat Ibu jadi lebuh repot dalam mempersiapkan segalanya. Apalagi mudik kali ini sangat spesial karena mengajak si kecil.

Mudik di tengah pandemi bersama anak memang menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan bagi banyak orang tua. Terutama bagi mereka yang mudik dengan perjalanan yang cukup jauh.

Terkadang suasana yang boring alias bosan bisa membuat anak jadi mudah tantrum karena kelelahan. Apalagi biasanya lalu lintas saat mudik lebaran cukup padat dan macet. Untuk itu, agar mudik bersama anak jadi lebih menyenangkan yuk simak terlebih dahulu tips mudik saat pandemi berikut ini!

Tips mudik saat pandemi bersama anak


Mudik saat pandemi bersama anak memang akan membuat Ibu lebih ekstra dalam menjaga kesehatan si kecil. Apalagi jika ia masih berusia balita ke bawah.

Tentu saja diperlukan persiapan yang matang untuk mengajaknya bepergian dengan jarak jauh. Untuk itu melansir Good House Keeping berikut adalah tips mudik saat pandemi yang bisa Ibu terapkan:

1. Beri dirimu waktu lebih lama untuk menyiapkan segala kebutuhannya

Menyiapkan segala kebutuhan si kecil menjadi hal yang wajib dilakukan oleh Ibu. Kamu bisa mempersiapkan segala hal tersebut sejak jauh hari sebelum keberangkatan.

Bahkan beberapa Ibu ada yang melakukan persiapan seminggu sebelum keberangkatan. Mulai dari menyiapkan pakaian ganti, camilan si kecil hingga perlengkapan P3K termasuk obat-obatan.

Agar lebih mudah siapkan catatan khusus mengenai peralatan apa saja yang perlu di bawa. Menyiapkan segala hal sejak jauh hari ini bertujuan agar tidak ada lagi barang yang tertinggal saat hendak pergi di hari H.

2. Pilih penerbangan paling pagi

Jika memilih untuk mudik bersama si kecil menggunakan pesawat terbang, pastikan memilih penerbangan yang paling pagi atau sesuaikan dengan jam aktif si kecil. Tujuannya untuk menghindari si kecil tantrum saat dalam penerbangan. Terutama jika penerbangan tersebut membutuhkan waktu transit yang cukup lama.

3. Pilih alat transportasi yang nyaman

Tips mudik saat pandemi selanjutnya adalah memastikan moda transportasi yang digunakan adalah kids friendly alias nyaman buat si kecil. Tanyakan pula pada dokter, usia berapa sebaiknya bayi diperbolehkan untuk ikut mudik saat pandemi.

4. Pastikan kondisi anak sehat

Tips mudik saat pandemi selanjutnya adalah memastikan kondisi anak sedang sehat dan dalam kondisi prima. Jangan paksakan untuk mudik jika kondisi kesehatan si kecil tidak stabil ya Bu!

Mengingat pandemi belum berakhir, jangan sampai kita jadi salah satu orang yang menularkan penyakit baru ke orang-orang tersayang di kampung halaman. Sebaiknya tunda waktu keberangkatan mudik jika kondisi kesehatan si kecil masih belum stabil.

5. Pastikan keluarga sudah mendapatkan vaksinasi lengkap

Melansir Unicef tips mudik saat pandemi selanjutnya adalah memastikan seluruh anggota keluarga sudah mendapatkan vaksinasi lengkap. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan munculnya virus baru saat berkumpul dengan keluarga di kampung. Agar makin yakin, sebelum mudik Ibu dan keluarga juga bisa kontrol kesehatan ke dokter terlebih dahulu.

6. Tetap jaga jarak aman

Tips mudik saat pandemi ini penting dilakukan terutama bagi kamu yang mudik menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta api, pesawat terbang atau bus travel. Tetap jaga jarak aman dengan penumpang lainnya dan selalu menggunakan masker.

Ajarkan pada si kecil bagaimana cara menjaga kebersihan diri dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5M. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh barang-barang yang berpotensi menularkan virus.

7. Siapkan camilan

Anak-anak biasanya akan jauh lebih tenang jika saat dalam perjalanan mudik selalu disediakan camilan agar tidak bosan. Pilih camilan yang disukai anak, usahakan jangan yang mengandung gula berlebih untuk menghindari anak susah tidur saat di perjalanan.

8. Pastikan anak merasa nyaman

Tips mudik saat pandemi yang satu ini nggak boleh dilanggar ya Bu. Sebab, kenyamanan anak dapat menentukan nyaman atau tidaknya perjalanan mudik di saat pandemi.

Jika masih memiliki bayi atau balita, jika mudik menggunakan mobil pribadi usahakan agar anak duduk di carseat sendiri. Selain lebih nyaman, duduk di carseat juga lebih aman bagi bayi terutama apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

9. Jangan paksakan mudik jika kondisi tidak memungkinkan

Mudik bersama si kecil memang membutuhkan tenaga ekstra. Terutama jika Ibu menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Sebelum mudik di tengah pandemi seperti sekarang ini, ada baiknya pikirkan secara matang hal apa saja yang perlu disiapkan. Jangan paksakan mudik jika kondisinya tidak memungkinkan. Terutama terkait kesehatan keluarga. Sebab anak-anak sangat mudah terserang berbagai penyakit yang bersumber dari orang dewasa dan lingkungan sekitar.

10. Perhatikan barang bawaan saat mudik

Utamakan persiapkan barang-barang keperluan bayi dibandingkan barang-barang kebutuhan orang dewasa. Misalnya saja seperti peralatan makan, baju ganti, diapers, mainan secukupnya dan lain sebagainya.

Usahakan pisahkan tas untuk makanan si kecil dengan koper berisi baju-baju. Letakkan tas makanan tersebut di tempat yang mudah dijangkau ketika hendak bepergian.

Editor: Atalya