Rekomendasi

Lebih Estetik! Ini 7 Rekomendasi Tanaman Pembersih Udara Dalam Rumah

Lebih Estetik! Ini 7 Rekomendasi Tanaman Pembersih Udara Dalam Rumah

Memiliki tanaman hias di rumah memang dapat membantu menunjang keindahan rumah. Suasana rumah terlihat lebih segar dan tampak rapi. Apalagi jika dipadu padankan dengan cat tembok yang minimalis.

Kebayang deh, rumah kamu pasti makin terlihat lebih cantik. Nah, ternyata belakangan ini ada sebuah trend yang banyak digemari orang lho terutama para pecinta tanaman. Katanya, ada tanaman yang bisa di letakkan di dalam rumah dan membuat udara jadi lebih bersih.

Yup, memang hal tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Tanaman pembersih udara dalam rumah memang sudah banyak digunakan oleh banyak orang.

Tanaman hias tersebut nggak hanya mampu membersihkan udara tapi juga bisa membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk. Nggak heran, hal ini karena tanaman-tanaman tersebut memiliki kemampuan menghasilkan oksigen yang baik.

Sehingga bisa menjernihkan udara dari bahan kimia yang tertinggal dari produk-produk rumah tangga. Untuk itu, berikut ini adalah jenis tanaman hias pembersih udara di dalam rumah yang bisa jadi referensi buat kamu.

Apa sih fungsi tanaman di dalam rumah?

Para peneliti menemukan bahwa dengan menambahkan tanaman di dalam rumah, secara otomatis dapat membantu membuat udara dalam ruangan menjadi lebih bersih. Melansir Country Living dengan kata lain hal ini dapat diartikan bahwa tanaman dalam rumah tak hanya bagus secara estetika namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Bahkan para peneliti dari Nasa Clean Air Study mengungkapkan bahwa beberapa tanaman bahkan bisa mendetoksifikasi udara kotor termasuk jamur dan kuman yang ada pada furnitur rumah lho. Akan tetapi menurut Journal of  Exposure Science and Environmental Epidemiology untuk mendapatkan udara yang bersih, dibutuhkan tanaman sebanyak kurang lebih 93% tanaman di dalam rumah.

Tanaman tersebut pun harus diiringi dengan ventilasi udara yang baik. Ibu bisa menaruh tanaman di setiap sudut ruangan seperti di sudut ruang tamu, ruang makan atau bahkan bisa menaruh tanaman pembersih udara di dalam kamar.

7 rekomendasi tanaman pembersih udara dalam rumah


Nah, mengingat tanaman memiliki peran penting untuk menjaga udara di sekitar rumah tetap bersih. Berikut ini adalah 7 referensi tanaman pembersih udara dalam rumah, beberapa diantaranya bahkan merupakan tanaman pembersih udara asap rokok lho!

1. Lidah buaya

Selain punya manfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga dikenal merupakan tanaman pembersih udara dalam rumah yang cukup banyak dicari. Lidah buaya mengandung zat formaldehida dan benzena yang bisa membersihkan racun di dalam ruangan.

Selain itu, lidah buaya juga dipercaya dapat memurnikan udara di rumah dengan menyaring udara dan menjaga kualitas udara dengan lebih baik. Perawatan tanaman ini juga nggak sulit kok, cukup disiram satu hari sekali dan jika perlu Ibu bisa lap daunnya setiap seminggu sekali.

2. Lidah mertua

Selain lidah buaya, tanaman pembersih udara dalam rumah yang satu ini juga cukup efektif dalam menyerap berbagai racun seperti karbon monoksida, dioksin. Bahkan lima helai tanaman ini mampu menyerap racun hingga 100 meter persegi. Wah, bermanfaat sekali bukan Bu?

Photo source: 99.co

Selain itu, tanaman lidah mertua juga efektif dalam membuang racun berupa benzena, xylene, trikloroetilen, dan formaldehida yang salah satunya terdapat pada zat di dalam rokok. Jadi otomatis tanaman ini juga bisa menjernihkan udara bila salah satu anggota keluarga masih ada yang merokok di rumah.

3. Spider plant

Jika rumah kamu terletak di pinggir jalan raya, maka kemungkinan debu dan udara yang masuk di rumah setiap hari sangatlah banyak. Selain harus membersihkan rumah setiap hari, kamu juga bisa mengurangi polusi debu tersebut dengan menaruh tanaman pembersih udara dalam rumah.

Salah satu tanaman yang paling direkomendasikan adalah spider plant. Meski namanya cukup seram, akan tetapi tanaman ini sangat mungil karena hanya memiliki tinggi maksimal 60 cm saja lho.

Tapi jangan salah, walau ukurannya kecil namun tanaman ini merupakan salah satu tanaman pembersih udara di rumah yang paling baik terutama bisa membersihkan udara debu. Layaknya lidah buaya dan lidah mertua tanaman ini juga dipercaya bisa menghilangkan polutan kimia berbahaya yakni formaldehida dan xylene.

4. Gerbera

Ingin punya tanaman bunga hidup di dalam rumah? Mungkin Ibu bisa mencari tanaman bunga garbera. Sebab selain bentuknya yang cantik, gerbera mampu menyerap 90% asap rokok dan gas polutan lainnya.

Jadi dengan tanaman pembersih udara asap rokok yang satu ini, Ibu juga bisa sekaligus menghias ruangan sekaligus membersihkan udara di dalam ruangan. Apalagi tanaman ini juga mampu menghasilkan uap air yang dapat membuat udara di ruangan menjadi semakin segar. Wah, pasti bikin rumah kamu nampak makin cantik dengan tanaman yang satu ini.

5. Red Dracaena Dragon Tree

Nggak ingin punya tanaman pembersih udara dalam rumah yang monoton? Ibu mungkin bisa mencoba tanaman yang satu ini. Berjenis dracaena, tamanan ini punya warna dominan merah kehijauan yang cukup unik. Nggak heran kalau tanaman ini punya banyak penggemar.

Selain punya warna yang menarik, tanaman red dracena dragon tree juga punya fungsi penting dalam membantu memperbaiki kualitas udara dalam rumah lho. Ukurannya juga nggak terlalu besar jadi mudah diletakkan di sudut rumah yang sempit seperti di kamar tidur maupun di kamar mandi sekalipun.

6. Tanaman karet

Rubber tree atau tanaman karet memiliki manfaat menjernihkan udara dengan cara menghilangkan zat berbahaya seperti formaldehida yang biasanya menempel pada furnitur. Tanaman ini cocok banget dimiliki bagi kamu yang baru pindah rumah dan masih punya furnitur dengan bau kayu yang menempel.

Photo source: Country Living

Nantinya tanaman karet ini akan menyerap bau dan menjadikan udara lebih jernih dan segar. Walau namanya tanaman karet, ukurannya juga nggak terlalu besar kok Bu. Jadi nggak perlu khawatir kalau tanaman ini akan makan tempat di rumah kamu ya Bu.

7. Palem areca

Siapa sih yang nggak kenal dengan tamanan pembersih udara di dalam rumah yang satu ini. Yup, palem areca merupakan jenis tanaman palem yang memiliki bentuk cantik sehingga sering digunakan sebagai dekorasi di rumah maupun di tempat-tempat umum.

Photo source: Gardening Know How

Tanaman yang satu ini menjadi penjernih udara yang paling baik. Bahkan dalam penelitian NASA Clean Air Study, tanaman palem memiliki kemampuan menghilangkan zat berbahaya seperti formaldehid dari dalam ruangan.

Nah, itu tadi merupakan beberapa tanaman pembersih udara dalam rumah yang bisa jadi pilihan buat kamu. Usahakan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan ya, jangan terlalu besar agar tidak memakan banyak tempat.

Editor: Dwi Ratih