Keluarga

Libur Akhir Pekan, Yuk Ajak Si Kecil Ke Tempat Wisata Edukasi Di Jakarta

Libur Akhir Pekan, Yuk Ajak Si Kecil Ke Tempat Wisata Edukasi Di Jakarta

Si kecil terlihat jenuh dan tidak bersemangat untuk bermain ataupun belajar? Wah, bisa jadi ia sedang bosan dengan aktivitasnya yang itu itu saja setiap hari ya Bu. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini kita mungkin sedikit sulit untuk libur dan bepergian ke luar rumah.

Nggak hanya si kecil, orang tua juga butuh liburan sejenak untuk melepas penat dari pekerjaan sehari-hari lho. Meski pandemi belum usai, Ibu mungkin bisa memilih tempat wisata edukasi di Jakarta ramah anak dengan suasana outdoor agar lebih aman.

Meskipun Jakarta terkenal dengan gedung-gedung bertingkatnya, tapi jangan salah ya Bu ternyata di Jakarta juga terdapat tempat wisata edukasi ramah anak nih. Tertarik untuk berkunjung? Yuk, simak rekomendasi tempat wisata edukasi di Jakarta ramah anak berikut ini.

Tempat wisata edukatif di Jakarta ramah anak

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Photo source: kcic.co.id

Bagi orang tua yang sejak kecil tinggal di Jakarta pasti sudah nggak asing dengan tempat bermain edukatif yang satu ini. Yup, TMII terletak di kawasan Taman Mini, Cipayung, Jakarta Timur merupakan komplek wisata edukasi yang memiliki ragam museum dan tempat-tempat edukatif ramah anak.

Harga tiket masuk ke gerbang utamanya hanya dibanderol sekitar Rp 6.000-Rp 10.000 saja, tergantung kendaraan apa yang Ibu gunakan. Kemudian setiap wahananya ditarif dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 30.000 saja lho! Murah banget kan, Bu?

Salah satu tempat paling terkenal yang berada di dalam komplek TMII adalah teater Keong Mas Tanah Airku dan Museum Air Tawar. Nah, sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun level, tempat wisata yang satu ini sudah mulai bisa dikunjungi ya Bu.

2. Taman Impian Jaya Ancol

Photo source: korporat.ancol

Terletak di pinggir pantai Jakarta Utara, Taman Impian Jaya Ancol juga juga masuk ke dalam tempat bermain anak-anak di Jakarta yang sudah buka saat PPKM turun level. Untuk masuk ke dalamnya, Ibu perlu membayar tiket sebesar Rp 25.000/ orang.

Nah, di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol sendiri terdapat berbagai macam tempat wisata diantaranya Pantai Ancol, Dunia Fantasi, Sea World, Ocean Eco Park dan lain sebagainya. Tentu untuk masuk ke tempat wisata tersebut nantinya akan dikenakan biaya lagi ya Bu, jadi baiknya siapkan budget lebih jika ingin berkunjung ke tempat wisata dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol.

3. Kampung Betawi Setu Babakan

Photo source: carapandang.com

Setu Babakan adalah salah satu kawasan konservasi budaya Betawi di Jakarta, Setu Babakan merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang kembali dibuka saat PPKM diperpanjang lho Bu. Nah, di tempat ini para pengunjung bisa mempelajari lebih dalam tentang budaya dan kultur Betawi yang kental.

Nggak hanya itu di tempat bermain edukatif yang satu ini, pengunjung bisa sekaligus menikmati suasana danau atau Setu Babak serta menikmati berbagai kuliner khas Betawi. Si kecil juga bisa naik permainan bebek air dan perahu motor yang banyak disewakan di tempat ini.

4. Taman Wisata Alam Muara Angke

Photo source: jakartamangrove

Muara Angke nggak hanya terkenal dengan aneka ragam kuliner makanan laut ya Bu. Tapi belakangan ini Muara Angke juga punya tempat wisata edukasi di Jakarta bernama Taman Wisata Alam Muara Angke lho.

Di tempat wisata ini kita bisa menikmati nuansa alam dengan lebatnya hutan tembakau di tengah hiruk pikuk gedung bertingkat di Jakarta. Taman Wisata Alam Muara Angke sendiri berlokasi di Jl. Garden House Nomor 4, Kamar Muara, Penjaringan. Kita bisa menikmati pemandangan alam hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang. Murah banget kan, Bu?

5. Taman Bunga Wiladatika

Photo source: tempatwisataseru

Tempat wisata edukasi di Jakarta bernuansa alam selanjutnya adalah Taman Bunga Wiladatika yang berlokasi di Jl. Jambore nomor 1 Harjamukti, Cimanggis, Depok. Taman wisata edukasi yang satu ini bisa dibilang merupakan area perkotaan yang bermanfaat sebagai ruang hijau sehingga cocok sebagai ruang untuk bersantai dan bersama keluarga.

Biaya masuk ke taman ini juga relatif murah, lho. Ibu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp8.000 per orang dan langsung bisa menikmati lokasi yang asri dengan beragam bunga yang tumbuhan.

6. Taman Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk

Photo source: phinemo.com

Taman Wisata Mangrove terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Di tempat ini si kecil juga bisa belajar tentang manfaat dan aneka tumbuhan yang berada di hutan mangrove lho.

Kalau ingin menginap, jangan khawatir sebab di tempat ini juga tersedia aneka ragam penginapan yang sangat nyaman dengan pemandangan hutan dan suasananya yang rindang. Siapa tahu pulang dari sini si kecil menjadi lebih semangat belajar dan bermain.

7. Wisata Pasir Putih, Jakarta Utara

Photo source: wisatamilenial

Ternyata Jakarta Utara punya banyak tempat wisata edukasi lho Bu. Tempat yang belakangan ramai diperbincangkan adalah wisata Pasir Putih yang dilengkapi dengan wilayah pedestrian yang luas dan jalur sepeda.

Tempat wisata yang satu ini memang tidak jauh dari pusat keramaian, jadi setelah puas main di pinggir pantai nggak perlu khawatir kelaparan ya. Sebab, di daerah ini juga terkenal dengan pilihan makanan yang beragam.

8. Jakarta Aquarium Neo Soho

Photo source: Tribuntravel

Jakarta Aquarium merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Jakarta ramah anak nih Bu. Tempat ini sangat cocok untuk buah hati yang senang dengan dunia bawah laut.

Jakarta Aquarium hadir dari Taman Safari Indonesia yang bekerja sama dengan Aquaria KLCC, Malaysia dan menjadi satu-satunya tempat wisata yang berada di dalam mall di Jakarta. Di sini, ada lebih dari 600 spesies yang berupa hewan laut, air tawar, dan hewan yang tinggal di area pantai. 

Bahkan ada juga pinguin, 5D Sea Explorer dan drama Pearl of The South Sea yang menghadirkan 3 puteri duyung yang cantik dan berbakat. Jakarta Aquarium terletak di dalam mall Neo SOHO Jakarta Barat dengan tiket masuk Rp 150.000- Rp 200.000. Gimana Bu, tertarik datang ke sana?

9. Kawasan Kota Tua Jakarta

Photo source: Traveloka

Kalau nantinya sudah mulai dibuka, jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat yang satu ini ya Bu. Kota Tua juga menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain tempatnya bagus untuk berfoto, Kota Tua juga sarat akan nilai sejarah. Kota Tua terletak di Jakarta punya beragam gedung-gedung tua yang di dalamnya terdapat benda-benda bersejarah.

Sebut aja Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bank Mandiri. Kalau datang ke Kota Tua, si kecil bisa sekaligus belajar mengenai sejarah bangsa Indonesia dengan melihat langsung bukti-bukti sejarahnya.

Hanya dengan Rp 2.000-Rp 5.000 per orang, kita sudah bisa mendapatkan tiket masuk ke masing-masing museum yang terdapat di Kawasan Kota Tua Jakarta ini lho. Menarik kan, Bu?

10. Kebun Binatang Ragunan

Photo source: Inews

Kebun Binatang Ragunan dikenal sebagai salah satu kebun binatang yang paling lengkap di Indonesia. Karena di tempat tersebut terdapat 300 spesies binatang dari berbagai daerah di Tanah Air.

Selain sebagai tempat refreshing, Ragunan juga bisa menjadi tempat wisata edukasi ramah anak lho. Sebab, di sana terdapat berbagai informasi mengenai dari mana asal dari hewan-hewan koleksi Kebun Binatang Ragunan. Tiket masuk ke tempat wisata edukasi di Jakarta yang satu ini cukup terjangkau yakni kurang lebih Rp 3.000-Rp 4.000 ribu saja.

Editor: Dwi Ratih