Keluarga

Mengunci Kelembapan Kulit, Ketahui 4 Manfaat Baby Oil Untuk Orang Dewasa!

Mengunci Kelembapan Kulit, Ketahui 4 Manfaat Baby Oil Untuk Orang Dewasa!

Ternyata manfaat baby oil nggak hanya bisa bermanfaat bagi kulit bayi saja, lho! Nyatanya, manfaat baby oil juga bisa dirasakan oleh orang dewasa, termasuk dalam hal menjaga kecantikan kulit wajah.

Akan tetapi, manfaat baby oil akan lebih terasa bagi mereka yang memiliki kulit normal/tidak sensitif. Untuk itu, agar lebih aman, penggunaan baby oil pada kulit ada baiknya dilakukan uji coba terlebih dahulu ya, Bu.

Tujuannya, tak lain adalah untuk menghindari kemungkinan terjadi reaksi alergi. Mengingat baby oil terbuat dari minyak mineral, yang belum tentu cocok untuk semua kulit manusia.

Dibalik hal tersebut, sebenarnya manfaat baby oil untuk orang dewasa cukup banyak, lho! Simak apa saja yuk!

Baby oil, dikenal aman untuk kulit bayi


Yup! Jika mengutip dari Johnson & Johnson baby oil lebih dikenal sebagai minyak pijat yang bisa dioleskan pada kulit bayi untuk membantu menenangkan tubuhnya. Baby oil juga dikenal dapat membantu meringankan kulit kering pada bayi baru lahir, apalagi jika diaplikasikan saat kulit yang masih lembap sehabis mandi.

Baby oil telah beredar di pasaran selama lebih dari 100 tahun, dan telah lama menjadi kebutuhan pokok yang penting dimiliki oleh semua orang tua yang memiliki newborn. Baby oil sendiri adalah cairan bening yang terbuat dari minyak mineral dan wewangian berbahan dasar minyak kelapa.

Secara keseluruhan, menurut laman Healthline manfaat baby oil adalah bekerja dengan membentuk skin barrier atau penghalang pada kulit. Penghalang ini berfungsi untuk mengunci kelembapan yang sudah ada di permukaan kulit.

Beberapa orang dewasa juga menggunakan baby oil pada tubuhnya untuk meredakan kulit kering. Bahkan, mereka membuktikan sendiri bahwa produk ini dapat membuat kulit wajah halus dan cerah.

Belakangan, banyak peneliti juga mengatakan bahwa, baby oil memiliki kemampuan untuk mengencangkan dan melembutkan kulit. Sehingga, tak jarang manfaat baby oil ini seringkali juga dirasakan oleh orang dewasa.

Manfaat baby oil untuk kulit lainnya


Masih mengutip Healthline baby oil dibuat dengan formula hipoalergenik dan bebas paraben, ftalat, dan pewarna. Artinya, baby oil cukup aman bagi bayi maupun orang dewasa, tanpa takut akan reaksi alergi.

Saking amannya, baby oil sering dimanfaatkan dan digunakan pada kulit wajah. Di mana kulit wajah cenderung lebih tipis dibandingkan bagian lainnya.

Berikut adalah berbagai manfaat baby oil untuk wajah yang perlu Ibu ketahui:

1. Manfaat baby oil sebagai pengganti moisturizer

Berdasarkan penelitian tahun 1993 yang berjudul; The Influence of Water, Glycerin, Paraffin Oil and Ethanol on Skin Mechanics disebutkan bahwa, baby oil bersifat nonkomedogenik, artinya tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Jadi jika Ibu memiliki jenis kulit kering hingga normal, Ibu bisa menggunakan baby oil sebagai moisturizer alami untuk melembapkan wajah.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa, ilmuwan telah menguji empat bahan pelembab umum yang berbeda untuk melihat pengaruhnya terhadap kulit manusia. Salah satunya adalah mineral oil yang merupakan bahan utama baby oil.

Dibandingkan dengan etanol, gliserin, dan air, baby oil terbukti memiliki efek melembapkan yang cukup berpengaruh ketika diaplikasikan pada kulit. Para ilmuwan juga menemukan bahwa, minyak mineral membantu mengencangkan kulit, dan membuat kulit lebih terhidrasi.

2. Manfaat baby oil untuk kurangi stretch mark

Manfaat baby oil untuk orang dewasa yang satu ini mungkin paling banyak dicari. Masih berdasarkan penelitian tahun 1993, karena baby oil memiliki efek melembapkan otomatis membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Nah, hal ini ternyata dapat mengurangi munculnya bekas luka dan stretch mark yang menempel di kulit, secara keseluruhan. Namun, manfaat baby oil untuk kurangi stretch mark ini akan hilang dalam waktu 48 jam.

Jadi, untuk hasil terbaik, para peneliti menyarankan agar Ibu rutin mengaplikasikan ulang baby oil ke area yang punya banyak stretch mark.

3. Manfaat baby oil untuk kulit kering dan gatal

Berdasarkan penelitian tahun 2012 yang berjudul; Baby Oil Therapy for Uremic Pruritus in Haemodialysis Patients menemukan beberapa bukti bahwa baby oil dapat membantu meringankan ketidaknyamanan kulit, termasuk yang berhubungan dengan kulit kering seperti psoriasis.

Bahkan, penelitian yang dilakukan terhadap orang-orang yang menjalani hemodialisis, menunjukkan bahwa manfaat baby oil dapat membantu mengurangi rasa gatal secara signifikan. Terutama bila dipijat pada bagian tubuh yang gatal minimal 15 menit per hari selama 3 minggu.

4. Manfaat baby oil dapat membuat kulit kenyal di pagi hari

Banyak orang memanfaatkan baby oil sebagai bagian dari skincare rutin harian, termasuk menggunakan krim malam. Sebenarnya hal ini nggak ada salahnya ya, Bu.

Apalagi, manfaat baby oil terbukti bisa membantu melembapkan dan mengenyalkan kulit. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, hindari menggunakan baby oil ketika kulit sedang berjerawat.

Sebab hal ini dapat menghambat pori-pori di sekitar jerawat dan bikin jerawat jadi makin meradang. Sebaiknya, hindari pula memanfaatkan baby oil untuk menghapus make up pada kulit dengan jerawat yang sedang meradang ya, Bu.

Perhatikan efek sampingnya


Nggak semua kulit bisa menoleransi mineral oil yang jadi bahan utama pembuatan baby oil. Pada beberapa orang, meski manfaat baby oil cukup beragam, nyatanya tetap bisa memberikan efek samping berupa alergi.

Memang, hal ini tergolong cukup jarang. Namun, buat Ibu yang memiliki kulit sensitif mungkin harus lebih memperhatikan lagi ketika menggunakan baby oil.

Nggak hanya itu, walaupun manfaat baby oil tetap bisa Ibu rasakan, meski memiliki kulit sensitif, tapi Ibu perlu mengingat bahwa baby oil bersifat nonkomedogenik. Artinya, baby oil kemungkinan besar dapat menghambat pori-pori dan menyebabkan jerawat atau breakout.

Ketika cuaca sedang panas, penggunaan baby oil di wajah juga bisa membuat kulit sulit bernapas atau mengeluarkan keringat. Ini karena sifat baby oil yang cenderung terlalu melembapkan kulit.

Supaya tetap bisa mendapatkan manfaat baby oil secara keseluruhan, ada baiknya sebelumnya pastikan gunakan dalam kondisi kulit yang bersih/sudah cuci muka terlebih dahulu. Pastikan kulit sudah benar-benar kering, tuang baby oil secukupnya dan tidak berlebihan, pijat ke seluruh area yang diinginkan agar baby oil lebih mudah menyerap ke dalam kulit.