Keluarga

Manfaat Menonton Drama Korea yang Sering Diremehkan

Manfaat Menonton Drama Korea yang Sering Diremehkan

Apakah ada manfaat menonton drama Korea atau yang sering disebut drakor?

Korea tidak lagi hanya menyandang predikat negara ginseng saja, tetapi juga tren budaya Korea seperti K-pop, drakor, dan makanan Korea. Pemerintah Korea tampaknya serius menggarap budayanya sehingga menjadi tren di seantero dunia sehingga secara tidak langsung akan menambah devisa negaranya.

Akan tetapi, menonton drama Korea kerap dinilai buruk oleh kebanyakan orang karena menjadi suatu kebiasaan yang menyebabkan kecanduan, anti sosial, bahkan malas gerak. Terlebih, rata-rata drama korea memiliki jumlah 16 hingga 20 episode dalam setiap musimnya. Apakah seseorang akan kecanduan atau tidak memang tergantung dari tiap individu bagaimana menyikapinya. 

Drama Korea sekarang tidak kalah dari film serial Amerika ataupun Eropa. Ibu dapat memilih berbagai macam genre drakor, mulai dari romansa, drama, thriller, fantasi, hingga horor. Dari jalan cerita klise hingga tidak biasa. Tidak heran banyak masyarakat yang kecanduan untuk mengikuti banyak drama korea.

Namun, adakah manfaat menonton drama korea dibalik segala euforianya? Ternyata menonton drama Korea dapat menjadi pengisi waktu dimasa PPKM ini lho. Simak manfaat menonton drama korea pada ulasan di bawah ini!

Manfaat menonton drama korea untuk kesehatan mental

Ternyata manfaat menonton drama korea juga dapat membawa dampak positif bagi kesehatan mental. Apa sajakah?

1. Meredakan Stres

Stres merupakan masalah bagi tiap orang, namun yang terpenting adalah bagaimana menyikapinya. Salah satu manfaat menonton drama korea adalah meredakan stres. Dengan menonton tayangan hiburan, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik sehingga stres pun berkurang.

2. Mengurangi kecemasan

 

Ibu akan merasa gelisah dan sulit konsentrasi saat merasa cemas. Bahkan, rasa cemas dapat membuat jantung berdebar kencang dan menyebabkan otot tubuh kaku.

Salah satu manfaat menonton drama korea adalah mengurangi rasa cemas karena itu adalah bentuk relaksasi  Bahkan, ada sebuah studi yang menyatakan bahwa orang yang akan mengalami tindakan medis tertentu cenderung akan lebih tenang saat menonton film dan drama.

3. Meringankan masalah psikologis

Manfaat menonton drama korea adalah dapat meringankan masalah psikologis seperti gangguan cemas, gangguan panik, fobia sosial, trauma, gangguan disformik tubuh dan gangguan makan. 

Jika Ibu memiliki salah satu gangguan psikologis diatas, pilihlah drama korea yang memiliki cerita ringan dan unsur komedi.

4. Menjadi lebih sadar akan kesehatan mental

Manfaat menonton drama korea yang lain adalah membuat Ibu menjadi lebih sadar akan kesehatan mental. Banyak drama korea yang berkisah tentang kesehatan mental seperti It’s Okay Not to be Okay dan Dr. Frost.

Manfaat menonton drama korea untuk pengetahuan umum

Menonton drama korea tidak hanya hanyut dalam perasaan, tetapi dapat memperluas pengetahuan umum juga loh! Apa sajakah?

1. Mengerti Bahasa Korea

Banyak yang merasa bahwa menonton film adalah langkah terbaik untuk belajar bahasa. Maka dari itu, salah satu manfaat menonton drama korea adalah menjadi mengerti Bahasa Korea. Ibu secara tidak langsung akan banyak mengetahui kosa kata dalam Bahasa Korea sehingga sedikit demi sedikit paham arti kata ataupun frase yang sering muncul di dalam drama Korea seperti Saranghae, Daebak, Namca, Chingu, Annyeonghaseyo, Gamsahamnida, Baegopa, dan lain-lain.

2. Meningkatkan rasa ingin tahu

Banyak drama Korea yang memberikan suatu istilah yang tidak umum digunakan. Penonton pun akan menjadi penasaran dan mencari artinya di mesin pencari daring. Sebagai contoh, drama Korea ‘The Last Empress’ menyinggung soal bunga Poppy. Ternyata bunga Poppy (Papaver somniferum) atau dikenal dengan opium poppy merupakan bunga kertas yang pada dasarnya mengandung racun dan opium meskipun tidak semuanya.

3. Mengetahui kemajuan teknologi yang belum lazim di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal merk Korea seperti Samsung dan LG. Kedua merek ini adalah dua merek besar yang menjadi penyedia terbesar di pasar elektronik Indonesia. Setiap drama Korea mengusung hal-hal berbau Korea, termasuk merek elektroniknya. Sebagai contoh, banyak tokoh di berbagai drama Korea menggunakan gawai merk Samsung. 

Salah satu manfaat menonton drama Korea adalah mengetahui kemajuan teknologi di negeri ginseng tersebut. Sebagai contoh, penonton dapat mengetahui luncuran produk terbaru dari Samsung yang belum ada di Indonesia.

Drama Korea berjudul ‘Memories of the Alhambra” menggunakan Computer Graphic Interface (CGI) yang sangat canggih yang memberikan efek nyata pada film. Efek ini belum banyak digunakan di film Indonesia.

4. Mengetahui berbagai profesi


Ternyata ada banyak profesi yang bahkan kita tidak tahu kalau profesi itu ada. Maka dari itu, salah satu manfaat menonton drama korea adalah mengetahui berbagai profesi yang tidak lazim ada di Indonesia. 

Banyak film Indonesia yang hanya menyatakan saja apa profesinya tanpa memberikan gambaran detail apa saja yang dilakukan melalui profesi tersebut, namun tidak untuk drama Korea. Banyak drama Korea yang menjabarkan secara rinci mengenai suatu profesi sehingga membuat penonton menjadi lebih mengetahui soal profesi tersebut.

Sebagai contoh, banyak drama Korea yang menceritakan soal jenis obat-obatan dalam dunia kedokteran, tugas tentara dalam membela negara serta perannya dalam diplomasi negara, hingga sumpah dokter yang harus menyelamatkan nyawa seseorang meskipun ia penjahat. Hal-hal edukatif seperti ini sangat jarang ditemui di film Indonesia.

Itulah berbagai manfaat menonton drama Korea. Ternyata, menonton drakor tidak selamanya memiliki kesan negatif bukan?

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih