Keluarga

Memanfaatkan ChatGPT, Cara Agar Ibu Bisa Punya Asisten Virtual

Memanfaatkan ChatGPT, Cara Agar Ibu Bisa Punya Asisten Virtual

Menjadi seorang ibu, ada banyak tugas yang harus dikerjakan. Hingga kadang rasanya bingung harus memulai dari mana. 

Tak jarang dalam pikiran muncul pertanyaan-pertanyaan semacam, “Benar tidak, ya?” atau “Apakah semua tugas sudah selesai, ada yang terlewat tidak, ya?”.

Beruntung kita hidup di zaman modern yang punya beragam teknologi canggih. Bahkan, kini ibu bisa mengaksesnya dengan mudah, salah satunya melalui teknologi AI yakni ChatGPT.

ChatGPT sendiri, merupakan alah satu teknologi terkini yang bisa Ibu manfaatkan untuk membagi waktu dan menyederhanakan tugas sehari-hari. Yuk, ulik bersama cara kerjanya!

Apa sih, ChatGPT itu?

Belakangan ini, artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Selain karena teknologinya semakin canggih, aksesnya pun kini makin mudah.

Makin banyak pemanfaatan AI yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah ChatGPT.

ChatGPT merupakan sebuah website yang dikembangkan oleh OpenAI, dengan kecerdasan buatan untuk menghasilkan dialog layaknya percakapan manusia.

Sederhananya, lewat ChatGPT ini, Ibu bisa menanyakan bermacam-macam hal. Nantinya, sistem yang sudah dibekali dengan kecerdasan buatan akan menjawab pertanyaan tersebut dengan “pengetahuan” yang tersimpan dalam database mereka.

Ibu bisa mengajukan pertanyaan simpel seperti, “Sekarang hari apa?”, hingga ke pertanyaan yang lebih kompleks dan butuh jawaban panjang. Bukan cuma sekadar menjawab pertanyaan, ChatGPT juga diklaim bisa menulis artikel, konten sosial media, esai, dan bahkan email.

Bagaimana cara menggunakan ChatGPT?

Hingga saat ini, ChatGPT menyediakan akses gratis untuk mencoba layanan mereka. Ini karena ChatGPT masih dalam tahap pengembangan.

Untuk mengakses ChatGPT, cukup kunjungi openai.com dan buat akun menggunakan email aktif. Pendaftarannya tidak dipungut biaya sepeser pun. Biar makin mudah, Ibu bisa pakai akun Google atau akun Apple untuk mulai menggunakan ChatGPT.

Memanfaatkan ChatGPT untuk sehari-hari

Dengan “kecerdasan” yang dimiliki ChatGPT, Ibu bisa memanfaatkannya untuk membantu tugas sehari-hari, lho. Rasanya bagai punya asisten virtual pribadi!

Ada banyak cara menggunakan ChatGPT dalam keseharian Ibu. Dikutip dari Motherly, berikut beberapa contoh yang bisa langsung dicoba!

1. Mencari ide resep masakan simpel

Ibu sering merasa bingung memilih resep masakan untuk disajikan pada keluarga? Atau tiba-tiba butuh menyiapkan bekal untuk anak dengan waktu terbatas? ChatGPT bisa menjadi solusi untuk situasi tersebut, lho! 

Cukup ketik pertanyaan, atau keyword seperti “Rekomendasi menu makanan simpel” atau “Ide bekal anak praktis” di kolom New chat ChatGPT. Secara otomatis, sistem akan langsung menampilkan jawabannya.

2. Menentukan resep untuk satu pekan

Mengatur pengeluaran rumah tangga, bakal lebih efisien kalau Ibu menentukan menu apa saja yang harus dimasak dalam satu pekan. Masalahnya, menentukan menu untuk satu pekan bukanlah perkara mudah. 

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan, seperti pilihan resep dan alokasi waktu. Nah, dikutip dari Insider, ChatGPT bisa jadi solusi cepat. Hanya dengan mengetikkan beberapa kata saja, Ibu sudah bisa dapat rincian menu masakan untuk satu pekan.

Menariknya lagi, Ibu bisa mendapat rincian yang lebih lengkap lagi dengan melanjutkan “percakapan dengan ChatGPT.

3. Merencanakan pesta ulang tahun anak


Ulang tahun si kecil sudah semakin dekat dan Ibu berencana untuk merayakannya? Ternyata, ChatGPT juga bisa jadi “asisten” Ibu untuk merencanakan pesta ulang tahun anak, lho. Bahkan aplikasi ini pun akan memberikan perincian yang cukup detail.

4. Ide dongeng untuk anak

Si kecil bosan dengan cerita pengantar tidur yang itu-itu saja? ChatGPT siap datang membantu!

Cukup dengan menanyakan “Ide dongeng untuk anak”, maka ChatGPT akan langsung menampilkan beberapa rekomendasi dongeng.

Selain cara menggunakan ChatGPT seperti di atas, Ibu juga bisa “berkreasi” sendiri dengan bantuan aplikasi canggih ini. 

5. Menyusun budgeting rumah tangga

Menyusun anggaran keuangan rumah tangga, bisa membantu Ibu untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Namun, menyusun anggaran keuangan bukanlah perkara mudah.

Untungnya, kini sudah tersedia banyak aplikasi keuangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyusun anggaran keuangan rumah tangga. Nah, daripada susah-susah memilih aplikasi keuangan, Ibu juga bisa lho menggunakan ChatGPT. Caranya pun masih sama, cukup dengan “bertanya”. 

Sayangnya, karena masih dalam tahap pengembangan, ChatGPT kadang akan menampilkan informasi yang kurang akurat. Contohnya bisa dilihat pada gambar di atas. Meski menampilkan rincian pos-pos pengeluaran dalam bahasa Indonesia, namun detail bujet masih dalam nominal dolar. 

Untuk itu, selama menggunakan ChatGPT, sebaiknya tetap melakukan cross-check. Sesuaikan juga dengan kondisi di rumah agar hasil temuan aplikasi bisa bermanfaat.

Tips menggunakan ChatGPT

ChatGPT akan terus berkembang dengan mempelajari lebih banyak data. Jadi, tidak mengherankan jika hasil yang ditemukan kadang sulit dipahami atau tidak sesuai ekspektasi.

Sedikit tips menggunakan ChatGPT, sebaiknya tuliskan pertanyaan sedetail mungkin. Makin detail, makin baik.

Misalnya, saat ingin mencari informasi seputar destinasi wisata di Yogyakarta.Alih-alih hanya bertanya, “Rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta”, Ibu bisa menambahkan detail seperti “Rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta cocok untuk anak-anak” atau “Destinasi wisata Yogyakarta untuk liburan 3 hari 2 malam”.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu Ibu buat eksplor lebih jauh soal cara menggunakan ChatGPT untuk membantu aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba, ya!

Editor: Aprilia