Keluarga

Menunggu Adzan Maghrib, Yuk Lakukan 7 Kegiatan Ramadhan Anak Ini!

Menunggu Adzan Maghrib, Yuk Lakukan 7 Kegiatan Ramadhan Anak Ini!

Bulan Ramadhan, jadi bulan yang paling dinanti umat muslim di dunia, tak terkecuali anak-anak. Terutama bagi anak yang sedang mulai belajar puasa di tahun ini.

Ramadhan tahun ini, memang nggak jatuh bertepatan dengan liburan sekolah anak. Sehingga, kebanyakan anak masih akan tetap sekolah meski sedang melaksanakan puasa Ramadhan.

Tapi mungkin, waktu pulang sekolahnya akan jadi lebih cepat nih, Bu. Nggak perlu bingung, Ibu tetap bisa mengisi kegiatan Ramadhan anak yang bermanfaat di rumah kok.

Kegiatan Ramadhan anak ini, sedikit banyak juga bisa meningkatkan bonding bersama orang tua, lho! Karena ada banyak sekali kegiatan Ramadan bersama anak yang bisa Ibu lakukan seperti berikut ini.

Kegiatan Ramadan bersama anak yang seru


1. Membuat jadwal menu Ramadan

Ternyata, bikin meal plan Ramadan juga bisa dilakukan bersama si kecil, lho! Terutama pada anak yang sudah berusia TK-SD dan bisa diajak diskusi bersama.

Ibu juga bisa minta si kecil menuliskan menu-menu favoritnya menggunakan berbagai macam pilihan pensil warna. Ajak anak menghias kertas yang berisi jadwal meal plan Ramadan tersebut, tanyakan apa makanan yang ingin ia makan saat sahur dan berbuka nantinya.

Ibu juga bisa membuat undian seru bersama anak yang isinya beragam menu makanan kesukaan si kecil. Kemudian, dikocok dan bisa ditulis dalam meal plan tersebut. Seru banget kan, Bu?

2. Tadarus Al-Qur’an bersama

Dikutip dari The National News ternyata, manfaat membaca dan menghafal Al-Qur'an nggak hanya sekadar mencari pahala ilahi. Namun secara fisik, amalan tersebut dapat meningkatkan IQ dan meningkatkan kesehatan otak.

Menurut Dr Haneen Jarrar, seorang psikolog anak di Camali Clinic, membaca dan menghafal sejumlah besar teks pada usia dini dapat meningkatkan memori kerja otak dan keterampilan belajar seseorang. Memori kerja ini sangat berkaitan dengan IQ.

Memori kerja otak menyimpan banyak informasi yang kelak dapat digunakan kembali, jadi biasanya ada batas waktunya. Nah, menurut Dr Jarrar, ketika semakin banyak memori kerja yang dapat disimpan, maka semakin banyak yang dapat dipelajari oleh seseorang.

Ini berlaku ketika anak belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Parents bisa mendampingi si kecil agar pelafalan dan ilmu tajwid si kecil juga bisa terasah dengan baik dan benar.

3. Bersedekah Ramadan

Kegiatan Ramadhan anak yang bisa Ibu lakukan bersama si kecil salah satunya juga dengan bersedekah. Misalnya, Ibu bisa mengajak anak bersedekah makanan untuk berbuka puasa para musafir yang dititipkan di masjid.

Ibu dan si kecil juga bisa membuat sendiri menu-menu yang kiranya cocok untuk disantap saat berbuka. Mulai dari kolak pisang, es buah, pudding dan beragam menu sederhana lainnya.

Jadikan kegiatan Ramadhan anak ini bernilai pahala, agar si kecil tahu bagaimana caranya berbagi dengan cara yang menyenangkan. Ibumin paling sering bikin kegiatan Ramadhan anak seperti ini tiap bulan suci tiba.

4. Memasak menu berbuka atau membuat kue lebaran bersama

Bikin kue bersama si kecil memang selalu jadi kegiatan Ramadhan anak yang seru dan menyenangkan. Apalagi kalau dikerjakan saat Ramadan, sambil menunggu adzan maghrib tiba.

Melansir Kids Health kegiatan memasak dan membuat kue bersama bisa jadi kegiatan Ramadan anak TK yang seru dan bermanfaat. Memasak dapat membantu anak belajar dan mempraktekkan beberapa konsep matematika dasar dan membangun ketrampilan bahasa.

Hal ini otomatis juga dapat membantu membangun rasa percaya diri mereka. Nggak hanya itu, kegiatan masak memasak bersama si kecil juga jadi kegiatan Ramadan anak TK yang bisa melatih indera peraba dan saraf motoriknya.

Menurut Ibumin, kegiatan Ramadhan anak yang satu ini memang bakalan bikin dapur Ibu jadi lebih berantakan. Tapi, mengingat banyak manfaat yang di dapat, so why not?

5. Salat berjama’ah

Salat juga bisa jadi kegiatan Ramadhan anak PAUD yang bisa dilakukan di rumah. Apalagi, jika melansir Jatim NU mengajarkan anak salat sejak dini menjadi salah satu tanggung jawab orang tua.

Seperti halnya yang disebutkan dalam salah satu hadits riwayat Tirmidzi:

‎عَلِّمُوا الصَّبِيَّ الصَّلَاةَ ابْنَ سَبْعِ سِنِينَ ، وَاضْرِبُوهُ عَلَيْهَا ابْنَ عَشْرٍ

Artinya: Ajarkan anak untuk shalat di usia tujuh tahun, dan hukumlah jika meninggalkan shalat di usia sepuluh tahun. (HR. Tirmidzi)

Dengan kata lain, mengajarkan anak salat tepat waktu saat Ramadhan, sedikit banyak bisa membantu menanamkan nilai islami salat sejak dini. Salat juga bisa jadi kegiatan Ramadhan anak yang mudah dilakukan, kalau Ibumin biasanya sekaligus akan mengajarkan anak bacaan salat yang benar beserta dengan mengoreksi gerakan-gerakannya.

6. Membaca buku kisah para Nabi

Kegiatan Ramadhan anak selanjutnya yang bisa dilakukan adalah, membaca buku kisah para Nabi. Yup! Membaca buku bergambar memang jadi kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak.

Kegiatan Ramadan anak PAUD ini bisa juga dilakukan untuk melatih anak membaca. Sehingga disarankan Ibu sebaiknya memilih jenis buku bacaan, dengan font tulisan yang relatif lebih besar, supaya mudah dilafalkan oleh si kecil.

Aneka ragam gambar yang menarik juga bisa membuat si kecil makin tertarik untuk membaca. Dikutip dari Healthline kegiatan Ramadhan anak membaca, juga memiliki manfaat seperti:

  • Meningkatkan bonding bersama orang tua
  • Mengasah kemampuan mendengar
  • Mengasah kreatifitas
  • Menambah vocabulary bahasa
  • Mengajarkan anak tentang pelajaran hidup dari kisah yang ia baca
  • Melatih perkembangan sosial dan emosinya.

7. Mengajarkan anak untuk membereskan rumah

Ibu juga bisa melakukan kegiatan Ramadhan anak dengan mengajaknya membersihkan pekarangan rumah. Pastikan kegiatan yang dilakukan nggak memerlukan banyak tenaga, agar si kecil tidak merasa lemas ya, Bu.

Kalau Ibumin, biasanya lebih sering mengajak anak belajar membersihkan tempat tidurnya, menata meja dan piring untuk persiapan berbuka puasa, atau sekadar membantu menyiram tanaman dan memberi makan hewan peliharaan. Kegiatan ini, nantinya nggak hanya bisa dilakukan saat Ramadhan tapi juga bisa diterapkan menjadi rutinitas sehari-hari, demi melatih kemandirian si kecil ya, Bu.

Nah, kalau dari Ibumin kira-kira seperti itulah kegiatan Ramadhan anak yang bisa dilakukan sambil menunggu kumandang adzan maghrib tiba. Kalau Ibu punya kegiatan favorit apa nih bareng si kecil?