Keluarga

Mood Swing Bikin Emosi Tak Stabil, Intip Cara Mengatasinya!

Mood Swing Bikin Emosi Tak Stabil, Intip Cara Mengatasinya!

Bicara soal mood swing, ternyata sangat memengaruhi perubahan suasana hati seseorang. Bahkan, mood swing bisa mengubah emosi seseorang secara mendadak.

Dari yang tadinya senang, tiba-tiba berubah menjadi marah atau bahkan sedih, hingga tak jarang juga bisa menangis. Nah, yang perlu diwaspadai adalah, ternyata mood swing juga berkaitan erat dengan gangguan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, lho!

Pada kondisi yang lebih parah, juga bisa menyebabkan seseorang berperilaku destruktif hingga melukai dirinya sendiri. Wah, jangan sampai hal ini dialami oleh Ibu ya!

Untuk itu, ketahui terlebih dahulu yuk apa sih yang dimaksud dengan mood swing dan bagaimana cara mengatasinya agar suasana hati bisa kembali stabil.

Apa itu mood swing? 


Mengutip dari Medical News Today mood swing adalah kondisi perubahan suasana hati yang terjadi secara mendadak atau intens pada keadaan emosi seseorang. Penyebab perubahan suasana hati baik pada pria maupun wanita bermacam-macam, namun yang pasti sangat berkaitan dengan kesehatan mental dan kondisi fisik.

Selama perubahan suasana hati, seseorang dapat dengan cepat beralih dari perasaan senang menjadi sedih, mudah tersinggung, atau marah. Untuk penyebab mood swing sendiri, dicurigai berkaitan dengan faktor gaya hidup dan perubahan suasana hati.

Seseorang mungkin mengalami mood swing jika dalam kondisi:

  • Mengalami perubahan hidup yang signifikan, seperti pindah rumah atau berganti pekerjaan
  • Merasa stres atau kewalahan
  • Tidak cukup tidur
  • Tidak makan dengan sehat
  • Sedang minum obat yang memengaruhi suasana hati atau tidur.

Namun, mood swing yang teratur dan parah dapat mengindikasikan suatu kondisi yang mendasarinya. Beberapa kondisi yang menyebabkan perubahan suasana hati dapat memengaruhi pria dan wanita, sementara beberapa lainnya hanya memengaruhi wanita.

Misalnya, seperti yang dikutip dari Women’s Health salah satu yang jadi penyebab mood swing pada wanita adalah Premenstrual Syndrome (PMS), Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD), sedang hamil, dan ketika menginjak usia menopause. Sementara pada pria mungkin lebih disebabkan oleh gangguan mental, seperti bipolar, serta kondisi kesehatan fisik lainnya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan mood swing? 

Secara keseluruhan, sebenarnya mood swing adalah hal yang normal terjadi pada kehidupan manusia. Terlebih, ketika seseorang mengalami sebuah tekanan yang menyebabkan ia rentan stress.

Belum lagi ketika orang tersebut tengah melakukan perawatan khusus, yang membutuhkan konsumsi obat-obatan steriod dengan dosis tinggi untuk membantu proses penyembuhan. Maka, otomatis mood swing yang dialami mungkin akan sering terjadi lebih dari biasanya.

Tapi, sebenarnya adakah cara mengatasi mood swing secara khusus? Apalagi, pada tingkat yang lebih parah, mood swing rentan membuat kita jadi kesulitan beraktivitas, mengganggu tidur, bahkan dapat menyebabkan kita melakukan tindakan out of control hingga menyakiti diri sendiri.

Wah, jangan sampai hal ini kita alami ya Bu. Untuk itu, sejatinya mood swing tetap bisa diatasi dengan baik, bahkan tanpa melakukan pemeriksaan klinis menggunakan obat-obatan tertentu.

Dikutip Healthline cara menghilangkan mood swing dalam kondisi yang masih awal, dan kiranya dapat Ibu lakukan diantaranya adalah:

  1. Tetap aktif secara fisik dengan cara apa pun yang dirasa tepat bagi tubuh. Ibumin sendiri, biasanya akan melakukan kegiatan olahraga favorit yang bisa membantu menaikkan mood. Misalnya seperti gym, berenang, bersepeda atau rutin melakukan olahraga bulu tangkis bersama teman-teman.
  2. Konsumsi aneka makanan seimbang yang penuh dengan nutrisi penting untuk tubuh. Tidak ada satu pun makanan super yang dapat meningkatkan suasana hati. Sehingga, sebagai cara mengatasi mood swing yang terpenting adalah menerapkan pola makan yang bervariasi dan sehat. Dikutip dari Better Health pola makan yang bervariasi dan sehat dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan bahkan dapat meningkatkan optimisme serta melindungi diri kita dari kemungkinan depresi.
  3. Selalu usahakan, mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap hari.
  4. Usahakan untuk kelola stres dan menciptakan ruang untuk relaksasi (me time).
  5. Berdoa dan beribadah yang dilakukan secara khusyuk dapat membantu menenangkan suasana hati, dan membantu mengatasi mood swing yang datang tiba-tiba.

Mengalami mood swing dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang normal terjadi. Pada kondisi mood swing yang lebih ringan, cara-cara mengatasi mood swing di atas mungkin sudah cukup membantu menstabilkan mood dan bisa diterapkan.

Namun, jika Ibu khawatir tentang perasaan atau dampak suasana hati terhadap kualitas hidup secara keseluruhan, nggak ada salahnya untuk mempertimbangkan menghubungi pasangan, teman, atau anggota keluarga terpercaya untuk mendapatkan dukungan. Ibu juga dapat mempertimbangkan untuk menghubungi tenaga profesional kesehatan mental lainnya.

Supaya mood swing yang Ibu alami, tak lagi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena, sedikit banyak kondisi ini juga sangat melelahkan dan bikin lelah fisik hingga mental. Nah, kalau Ibu sendiri biasanya mengalami mood swing karena hal apa, sih?