Keluarga

Mulai Dari Diri Sendiri! 5 Cara Mengapresiasi Kehebatan Seorang Ibu

Mulai Dari Diri Sendiri! 5 Cara Mengapresiasi Kehebatan Seorang Ibu

Banyak yang tidak menyadari kalau ternyata kehebatan seorang Ibu belum ada yang mampu menandingi. Mulai dari menghadapi menstruasi, menjalani masa kehamilan, bertaruh nyawa pada proses persalinan, dan peran-peran lainnya yang hanya bisa dilakukan oleh seorang Ibu. 

Meski seringkali merasa tidak nyaman, lelah, atau mungkin ingin menyerah, pada akhirnya seorang Ibu mampu melalui itu semua. Untuk itu, dalam rangka memeringati International Women's Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya, mari ambil jeda sejenak untuk memberikan apresiasi atas kehebatan seorang Ibu. Kira-kira apa saja yang bisa dilakukan?

5 cara mengapresiasi kehebatan seorang Ibu

1. Memeluk diri sendiri

Memeluk diri sendiri merupakan salah satu cara efektif untuk mengapresiasi kehebatan seorang Ibu. Metode ini juga dikenal dengan sebutan butterfly hug, yang diklaim dapat memberi ketenangan bagi diri sendiri.

Butterfly hug merupakan metode psikologi yang digagas oleh Lucina Artigas dan Ignacio Jarero saat memberi pertolongan untuk korban selamat dari badai besar di Acapulco, Meksiko pada tahun 1998. Setelah terbukti berhasil membuat perasaan orang-orang menjadi lebih baik, butterfly hug atau metode memeluk diri sendiri kini banyak dianjurkan oleh dokter, psikolog, atau terapis untuk mengatasi kecemasan.

Dilansir dari Healthline, memeluk diri sendiri memicu produksi hormon oksitosin yang membuat tubuh terasa lebih rileks. Hal ini juga dapat membuat Ibu merasa lebih mencintai diri sendiri. Jadi, sebelum meminta pelukan dari orang lain, yuk berikan pelukan hangat untuk diri sendiri!

2. Ucapkan banyak terima kasih

Menjadi seorang Ibu bukanlah hal yang mudah. Terlebih dengan beragam tuntutan yang ada, sering kali membuat Ibu harus bertahan menghadapi lika-liku kehidupan. Lantas, sudahkah Ibu berterima kasih kepada diri sendiri? 

Kalau belum, mulai sekarang, untuk mengapresiasi kehebatan seorang Ibu, mari ucapkan banyak terima kasih pada diri sendiri. yuk! Dengan begitu, Ibu bisa lebih semangat untuk terus menjalani hari-hari yang mungkin terasa melelahkan.

Mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri juga diyakini dapat membuat Ibu merasa lebih berharga. Pasalnya, seringkali Ibu terpaksa harus mengesampingkan kebutuhan diri sendiri demi keluarga. 

3. Menyadari bahwa tidak ada yang sempurna

"Don't be too hard with yourself", yup! kalimat itu sangat penting bagi seorang Ibu yang setiap harinya dituntut memberikan yang terbaik untuk keluarga. Ingat, Bu, tidak ada yang sempurna di dunia ini. 

Kehebatan seorang Ibu tidak akan luntur meski Ibu tidak sempat membersihkan rumah sampai kinclong. Apalagi, alasannya karena harus mengurus si kecil sendiri tanpa bantuan ART. 

Begitupun bagi Ibu yang bekerja dan tidak bisa berada di rumah melihat pertumbuhan si kecil. Ibu tetap sosok yang hebat, kok!

4. Ambil waktu untuk beristirahat

Mampu memegang berbagai peran juga merupakan kehebatan seorang Ibu yang wajib diapresiasi. Ibu bisa menjadi koki yang hebat, sekaligus akuntan bagi keluarga. 

Ibu bisa menjadi guru sekaligus teman bermain bagi si kecil di rumah. Bahkan, seorang Ibu mampu mencari segala peluang, untuk menghasilkan uang tambahan bagi keluarga di sela-sela mengurus si kecil dan kesibukan lainnya. 

Tentu saja, menjalankan multi-peran bisa membuat Ibu lebih mudah lelah. Jadi, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat, ya! Karena, dikutip dari Medical News Today, tidur tidak hanya mengistirahatkan tubuh dari berbagai aktivitas, tetapi juga pikiran manusia. 

Selama tidur otak berada dalam keadaan rileks, sehingga memengaruhi kondisi kesehatan psikis manusia. Oleh karena itu, dengan mencukupi waktu istirahat dapat membuat Ibu lebih sehat secara fisik dan psikis. Istirahat juga jadi cara mengapresiasi kehebatan seorang Ibu yang wajib dipenuhi.

5. Lakukan hal-hal yang disukai

Terakhir, Ibu perlu meluangkan waktu melakukan hal-hal yang disukai sebagai alternatif healing yang efektif. Misalnya, Ibu bisa mengapresiasi kehebatan seorang Ibu dengan, bmenonton K-Drama saat si kecil sedang tidur. 

Ibu juga bisa mendengarkan musik sambil menyelesaikan tumpukan baju yang harus disetrika. Meski terlihat sepele, bisa melakukan hal-hal yang Ibu sukai ternyata mampu menciptakan suasana hati yang lebih baik. 

Tujuannya agar Ibu tidak lagi merasa over-tired atau bahkan stres karena banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Memberikan waktu bagi diri sendiri untuk melepas penat juga meminimalisir rasa jenuh bagi seorang Ibu. 

Dengan demikian, Ibu merasa lebih bahagia dan jauh dari kata depresi. Itulah beberapa cara mengapresiasi kehebatan seorang Ibu yang bisa dimulai dari diri sendiri. Tentu saja, kehebatan seorang Ibu tidak bisa tergantikan dengan apapun di dunia ini. 

Sudah sepantasnya jika sampai ada pepatah yang mengatakan bahwa "surga di bawah telapak kaki Ibu". Sebab, memang begitu besarnya perjuangan dan pengorbanan seorang Ibu untuk keluarganya. 

Meski sulit dan terkadang mengeluh, diri Ibu tidak pernah berhenti berusaha. Ibu sudah melakukan yang terbaik. Happy International Women's Day! Terima kasih telah menjadi sosok Ibu yang hebat. Tetap semangat menjalani hari-hari sebagai Ibu, ya! Karena sejatinya, kehebatan seorang Ibu nggak akan pernah bisa digantikan.

Editor: Aprilia