Kehamilan

Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Kecemasan Pada Ibu Hamil

Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Kecemasan Pada Ibu Hamil

Menjelang persalinan, biasanya Ibu hamil rentan mengalami kecemasan. Mereka cenderung memikirkan tentang kesehatan janin dan kemampuan mereka untuk menjadi seorang Ibu.

Padahal hal-hal ini nggak perlu dipikirkan terlalu mendalam yang hanya dapat menyebabkan kecemasan ya Bu. Meski begitu melansir What To Expect kecemasan ini memang wajar terjadi pada Ibu hamil.

Namun, gangguan kecemasan ini bukanlah bagian dari kehamilan melainkan hanya bagian dari kecemasan seseorang. Hamil ataupun tidak gangguan ini mungkin saja terjadi pada setiap manusia.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa sebanyak 15% Ibu hamil umumnya mengalami kecemasan. Terutama jika sebelumnya pernah mengalami trauma keguguran atau gangguan kesuburan.

Walau begitu, hal ini sebenarnya bisa dicegah lho Bu! Caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman untuk mengatasi kecemasan. Nah sebelum membahas hal tersebut, yuk kenali dulu apa saja penyebab gangguan kecemasan pada Ibu hamil berikut ini.

Penyebab gangguan kecemasan pada Ibu hamil


Meskipun gangguan kecemasan pada Ibu hamil wajar terjadi, akan tetapi hal ini perlu diwaspadai ya Bu. Dilansir Parents menurut The American Academy of Pediatrics (AAP) para dokter di Amerika wajib melakukan screening soal gangguang kecemasan pada Ibu hamil untuk melindungi kesehatan bayi yang dikandungnya.

Biasanya gangguan kecemasan saat hamil disebabkan oleh perubahan kadar hormon di dalam tubuh. Itu sebabnya mengapa ibu hamil cenderung mudah cemas, gelisah, dan khawatir berlebihan. Selain itu, ada beberapa  penyebab gangguan kecemasan pada Ibu hamil yang bisa menjadi pemicu sebagai berikut:

  • Memiliki riwayat gangguan suasana hati, seperti depresi sebelum masa kehamilan;
  • Memiliki riwayat gangguan disforik pramenstruasi (PMDD);
  • Memiliki riwayat keguguran atau komplikasi kehamilan yang menyebabkan trauma mendalam;
  • Memiliki konflik dalam rumah tangga;
  • Mengalami peristiwa traumatis dalam 1 tahun terakhir;
  • Tidak mendapatkan dukungan sosial;
  • Memiliki lebih dari tiga anak;
  • Menyalahgunakan obat-obatan; dan
  • Mengalami kehamilan yang tidak direncanakan.

Waspadai gangguan kecemasan pada Ibu hamil


Gangguan kecemasan pada Ibu hamil biasanya tidak semua memiliki gejala yang sama. Akan tetapi, biasanya Ibu hamil yang memiliki gangguan kecemasan akan menunjukkan tanda-tanda seperti berikut ini:

  • Panik berlebih. Merasa tidak berharga, bersalah, atau gagal menjadi seorang ibu atau calon ibu;
  • Merasa cemas, khawatir, dan gelisah yang berlebihan serta sulit dikendalikan;
  • Mudah marah dan tersinggung;
  • Sulit berkonsentrasi;
  • Merasakan sakit kepala, tubuh terasa nyeri dan tegang;
  • Tidak berenergi;
  • Pola tidur terganggu, sering mengalami insomnia atau gangguan tidur;
  • Tidak nafsu makan;
  • Tidak ingin bersosialisasi dengan orang terdekat;
  • Merasa minder atau malu terhadap perubahan bentuk tubuh;
  • Mengalami OCD (obsessive compulsive disorder) kecemasan berlebih yang berulang; dan
  • Pada kasus yang lebih parah bahkan bisa mengalami kesulitan bernapas dan merasa mengalami gangguan jiwa.

Cara mengatasi kecemasan pada Ibu hamil


Mengelola stress atau gangguan kecemasan selama hamil penting dilakukan. Tujuannya tak lain agar tidak mengganggu kesehatan Ibu dan juga janin yang dikandungnya. Melansir Healthline berikut ini adalah cara mengelola gangguan kecemasan pada Ibu hamil yang bisa dilakukan di rumah:

  1. Cari teman bicara yang tepat untuk meringankan beban pikiran yang dirasakan oleh Ibu. Jangan ragu untuk datang ke psikolog untuk berkonsultasi keluhan yang dialami Ibu.
  2. Cari kegiatan yang bisa mengalihkan pikiran Ibu dari penyebab gangguan kecemasan yang dirasakan. Bisa dengan berolahraga, memasak, melakukan hobby yang disukai dan lain sebagainya.
  3. Melakukan meditasi agar tubuh dan pikiran menjadi rileks seperti yoga, pijat Ibu hamil, melakukan terapi akupuntur dan lainnya.
  4. Stay positive mind! Yup, karena dengan selalu berpikiran positif otomatis dapat ibu lebih bisa merasakan dan menerima perubahan emosi yang dialami selama hamil.
  5. Makan makanan dan minuman bergizi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan yang Ibu alami adalah dengan memilih asupan makanan dan minuman untuk mengatasi kecemasan pada Ibu hamil. 

Makanan dan Minuman Untuk Mengatasi Kecemasan Pada Ibu Hamil

Nah, berikut adalah makanan dan minuman untuk mengatasi kecemasan pada ibu hamil yang bisa di konsumsi setiap hari:

1. Ikan 

Ikan laut seperti sarden dan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah kecemasan dan depresi. Sehingga dapat menjadi salah satu makanan untuk mengatasi gangguan kecemasan pada Ibu hamil.

2. Telur

Telur mengandung asam amino triptofan yang mampu meningkatkan produksi serotonin yang berfungsi untuk mengatur suasana hati.

3. Bayam

Sayuran ini kaya akan magnesium yang sangat berperan dalam meredakan stres. Selain itu, sayuran hijau lain seperti sawi atau pokcoy juga bisa menjadi Pereda stress pada Ibu hamil

4. Alpukat

Buah alpukat juga mampu mengatasi kecemasan karena mengandung asam lemak omega 3. Buah ini juga kaya akan potasium yang lebih tinggi dari pisang.

5. Teh chamomile

Teh chamomile mengandung antioksidan yang mampu mengatasi kecemasan. Senyawa flavonoid dalam minuman ini mengandung aromanya yang menenangkan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

6. Teh hijau

Asam amino bernama theanine yang terdapat dalam minuman ini bersifat menenangkan dan berguna untuk memperbaiki suasana hati.

7. Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit mampu menjaga kesehatan otak serta meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

8. Yoghurt

Minuman ini juga bisa meredakan gangguan kecemasan, stres, dan depresi yang dialami oleh ibu hamil.

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih