Keluarga

Nggak Lagi Tabu, Ini Cara Asik Ngobrolin Seks Bareng Pasangan

Nggak Lagi Tabu, Ini Cara Asik Ngobrolin Seks Bareng Pasangan

Ngobrolin seks bareng pasangan mungkin bikin awkward di awal. Tapi kalau rutin melakukan ini dan bikin jadi sebuah kebiasaan, malah bantu memperat hubungan, lho!

Yes! Ngobrolin seks memang nggak bisa dilakukan sembarang pasangan dengan mudah. Sebab, obrolan seperti ini masih dianggap tabu dan kurang sopan jika harus dibicarakan dengan gamblang.

Padahal, ngobrolin seks bisa menghasilkan komunikasi yang lebih terbuka dengan pasangan, lho! Sehingga, diharapkan hubungan intim yang dijalankan jadi lebih sehat.

Lalu,gGimana sih cara ‘enak’ ngobrolin seks bareng pasangan? Apa saja hal terkait hubungan intim yang sebaiknya dibahas bareng, tanpa menyinggung pasangan?

Pentingnya ngobrolin seks bareng pasangan


Ngobrolin seks rupanya sangat dianjurkan dalam pernikahan. Sebuah penelitian tahun 2019 menyebutkan bahwa, ada hubungan erat antara ngobrolin seks bareng pasangan terhadap kepuasaan seksual yang dirasakan wanita, dan menurunnya potensi melakukan orgasme palsu.

Selain itu, seorang penulis bernama Joseph Grenny yang menulis buku Crucial Conversation juga menyebutkan bahwa, pasangan yang membicarakan tentang seks dan beberapa topik tricky lain dalam pernikahan, ternyata 10 kali lebih bahagia menjalani pernikahannya itu.

Ini juga didukung dengan kenyataan bahwa komunikasi menjadi kunci dari  kehidupan seks yang sehat dan bahagia. Hubungan jadi lebih kuat dan perasaan lebih terikat satu sama lain.

Topik yang bisa diangkat waktu ngobrolin seks sama pasangan

1. Jadwal dan frekuensi hubungan seks


Ngobrolin jadwal dan frekuensi hubungan seks ini, bisa bikin kamu dan pasangan makin terikat. Karena satu sama lain seolah punya alarm khusus, yang mengingatkan untuk berhubungan seks.

Kamu bisa ngobrolin seks bareng pasanganmu tentang jadwal dan frekuensi yang paling nyaman untuk kalian berdua. Bisa juga dengan membahas apa yang harus dilakukan, kalau semisal kalian terpisah jarak karena pekerjaan atau hal lain.

2. Feedback

Obrolan tentang feedback yang kamu inginkan dari pasangan, juga ide tepat untuk ngobrolin seks, lho! Ini bagus untuk memperkaya variasi seks dengan pasangan.

Obrolan ini bisa menyadarkan pasangan mengenai feedback seperti apa yang diinginkan pasangannya, dan bisa membuat kedua belah pihak sama-sama puas saat berhubungan seks. Kamu juga jangan lupa memberi feedback romantis untuk pasanganmu, ya.

3. Fantasi


Nggak ada salahnya juga buat ngobrolin seks dan serba-serbi fantasi dalam kepala masing-masing. Pertama, karena kalau yang gitu-gitu aja pasti bosen dong? Kedua, dengan ngobrolin fantasi seks, kita bisa memenuhi keinginan pasangan dan bikin hubungan seksual jadi makin panas.

Fantasi masing-masing ini penting diobrolin juga untuk mencapai kesepakatan bersama, apakah pasangan merasa nyaman atau tidak kalau fantasi seks coba diwujudkan. Pada akhirnya, obrolan seks ini baik untuk kedua belah pihak dan kenyamanan bersama ketika berhubungan seks.

Oh ya, ngobrolin fantasi seks bantu kita mengomunikasikan keinginan terpendam kita tentang variasi hubungan seks, lho. Wah jadi makin seru, nih!

4. Intimasi dan kepuasaan seksual

Ini juga topik penting yang perlu dibahas waktu ngobrolin seks bareng pasangan. Karena meski sedang berhubungan seksual, pasangan atau kita sendiri pernah merasa ini hanyalah penggugur kewajiban saja.

Bukan karena intimasi kedua belah pihak, dan akhirnya mengesampingkan kepuasan seksual. Kalau diobrolin bareng bagaimana baiknya, kalau salah satu sedang tidak mood atau belum merasa puas, hubungan seks jadi terasa berkesan dan nggak hanya kewajiban yang harus dilakukan saja.

5. Disfungsi seksual


Masalah disfungsi seksual nggak kalah penting untuk dibahas bareng. Ejakulasi dini, sulit orgasme, atau sulit penetrasi sebaiknya saling jujur dan terbuka dibicarakan.

Menemui ahli juga disarankan, lho untuk menemukan solusi tepat mengatasi masalah ini. Agar bisa mewujudkan hubungan intim yang sehat nantinya.

6. Perencanaan jumlah anak

Mengapa perencanaan jumlah anak harus dibahas saat ngobrolin seks? Karena hubungan intim yang sehat, perlu merencanakan juga apakah kedua belah pihak siap menerima kehamilan.

Kalau sudah disepakati bersama ingin memiliki berapa anak, maka saat berhubungan seks suami dan istri sama-sama sepakat dengan keputusan yang diambil. Apakah akan menggunakan alat kontrasepsi, atau ingin menggunakan cara lain.

Cara ngobrolin seks bareng pasangan

1. Cari waktu tepat untuk ngobrol

Yup! Hal ini juga nggak kalah penting untuk dilakukan ya, Bu. Karena waktu yang tepat bisa membantu pasanganmu menerima obrolan kalian dengan lebih nyaman. Hindari ngobrol tentang seks sebelum atau sesudah hubungan intim agar tak merusak suasana.

2. Gunakan I Message

Teknik ngobrol dengan I message bantu kita menjaga perasaan pasangan, dan menghindarkan kita dari terlalu mengkritik pasangan. Contoh yang bisa kamu ucapkan adalah:

  • Aku suka banget deh sama fingering kamu kemarin. Tapi aku bakalan makin nyaman kalau kamu bisa sedikit lebih pelan, ya sayang.
  • Aku nikmatin banget seks kita tadi malem sayang. Kayaknya lebih hot lagi kalau kita coba gaya baru di sofa, deh. Gimana menurut kamu?

Teknik ini bermanfaat agar pasangan tidak merasa disalahkan atau langsung dikritik begitu saja. Karena menurut Very Well Family, kalimat ini termasuk seperti menyarankan. Bukan seperti melakukan komplain secara langsung.

3. Lakukan perlahan di awal dan lebih dirutinkan


Untuk obrolan seks di awal, kamu bisa mulai dengan kalimat lembut. Pilih juga obrolan yang tidak langsung. Mungkin sebuah pengantar supaya lebih nyaman masuk ke obrolan tentang seks ini.

Nantinya kalau sudah makin terbiasa, rutinkan melakukan obrolan seks ini agar ini menjadi sebuah rutinitas untuk menambah keintiman berdua. Nah, gimana caramu ngobrolin seks bareng pasangan?

Editor: Aprilia