Keluarga

Perawatan Wajah Maksimal: 4 Jenis Alat Pembersih Komedo Ini Bisa Dicoba!

Perawatan Wajah Maksimal: 4 Jenis Alat Pembersih Komedo Ini Bisa Dicoba!

Komedo dapat menjadi penyebab berkurangnya rasa percaya diri pada sebagian besar wanita. Apalagi, bila komedonya susah sekali dihempaskan, meski sudah menggunakan alat pembersih komedo canggih.

Melansir dari laman WebMD, komedo adalah pori-pori atau folikel rambut yang ternyata tersumbat oleh minyak yang dihasilkan pada kulit wajah, bakteri, hingga sel kulit mati. Komedo umumnya tidak meradang seperti jerawat, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit juga.

Akan tetapi, munculnya komedo pada wajah tetap saja mengganggu penampilan. Yuk, simak ulasan lengkap tentang komedo dan alat pembersih komedo apa yang tepat dalam ulasan berikut ini.

Serba-serbi tentang komedo yang sering muncul di wajah


Bagi Ibu dengan riwayat keluarga memiliki pori-pori besar dan jadi sarang komedo, rupanya akan lebih rentan menghadapi masalah kulit wajah yang sama. Selain itu, fluktuasi pada hormon yang kerap kali meningkat juga dapat memicu munculnya komedo.

Melansir dari laman Very Well Health, jerawat komedo ini hampir tidak kelihatan, maka tak heran bila beberapa orang menganggapnya tidak ada. Komedo juga terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu komedo berwarna hitam dan komedo berwarna putih.

Untuk komedo berwarna putih sendiri, sejatinya bisa dibersihkan menggunakan alat pembersih komedo manual maupun alat pembersih komedo elektrik. Komedo akan lebih sering muncul pada area dahi, dagu, dan rahang. 

Pada beberapa kasus lainnya, komedo juga muncul di leher, bahu, punggung, hingga dada sehingga membutuhkan perawatan kulit yang lebih spesifik. Hati-hati bila ingin memencet komedo dengan tangan kosong tanpa alat pembersih komedo hidung khusus ya, Bu.

Hal ini karena, bila tangan tidak steril saat akan memencetnya, maka bisa menjadikan komedo penuh dengan bakteri dan menyebabkan jerawat yang meradang. Hingga saat ini, alat pembersih komedo hidung sudah banyak beredar di pasaran, ada alat pembersih komedo manual dan terdapat pula alat pembersih komedo elektrik yang diklaim lebih ampun membersihkan komedo membandel, pada beberapa area wajah. Benarkah demikian?

Berbagai macam alat pembersih komedo yang hadir di pasaran


Melansir dari laman Healthline, orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih rentan memiliki komedo. Nah, pada jenis komedo berwarna putih cenderung membuat pori-pori tertutup, tapi komedo berwarna hitam memiliki permukaan yang lebih terbuka, sehingga akan menimbulkan oksidasi berwarna gelap.

Ibu nggak perlu cemas, sebab munculnya komedo pada kulit wajah adalah hal yang sangat wajar terjadi, dan bukan merupakan penyakit berbahaya. Beragam produsen kecantikan juga turut menciptakan produk-produk alat pembersih komedo yang handal, seperti beberapa jenis berikut ini:

1. Plester komedo (pore pack)

Alat pembersih komedo manual yang hampir tidak menimbulkan rasa sakit saat pemakaiannya adalah, plester komedo atau biasa dikenal dengan pore pack. Di Indonesia sendiri, alat pembersih komedo jenis pore pack sudah hadir dengan berbagai macam merk.

Pore pack akan membantu mengangkat komedo secara cepat, bila digunakan dengan cara yang tepat. Sebelum menggunakan pore pack, disarankan untuk membersihkan area wajah terlebih dahulu, kemudian basahi hidung, lalu tempat pore pack selama maksimal 15 menit.

Lepaskan pore pack secara perlahan, maka Ibu akan melihat komedo pada hidung terangkat sempurna. Kekurangan alat pembersih komedo manual ini adalah, hanya bisa digunakan pada area hidung saja. Karena memang didesain dan bentuk khusus untuk pemakaian kulit permukaan hidung.

2. Vakum komedo elektrik


Alat pembersih komedo hidung yang sering kali menjadi primadona, bahkan sering digunakan di klinik kecantikan adalah jenis alat pembersih komedo elektrik dengan sistem vakum (penyedot). Biasanya, alat pembersih komedo elektrik ini punya beberapa kepala berbeda dan bisa digunakan untuk menghaluskan kulit wajah juga.

Vakum komedo elektrik ini ada juga yang dilengkapi dengan fitur kecepatan, yang bisa disesuaikan dan tergantung dari kesulitan pada komedo tersebut. Tentunya harus ada perawatan khusus sebelum menggunakan alatnya ya, misalnya:

  • Lakukan double cleansing terlebih dahulu
  • Gunakan mist spray khusus pada area wajah agar komedo mudah keluar.

Minimal bersihkan wajah dulu sebelum memakain alat pembersih komedo hidung ya, Bu. Tujuan dari membersihkan wajah dilakukan agar kesehatan kulit bisa tetap terjaga

3. Vakum komedo elektrik dengan kamera pembesar

Alat pembersih komedo hidung saat ini sudah banyak inovasinya, sehingga dilengkapi juga dengan teknologi canggih. Salah satunya adalah vakum komedo elektrik, yang memiliki fitur kamera pembesar, jadi saat membersihkan komedo, Ibu bisa lihat juga prosesnya.

Selain untuk membersihkan komedo, alat ini dilengkapi dengan fitur untuk mengencangkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, hingga menjaga kekenyalan pada kulit wajah.

4. Alat pembersih komedo manual


Sebelum vakum komedo elektrik, alat pembersih komedo manual sudah lebih dahulu digunakan di setiap klinik kecantikan. Alat pembersih komedo manual, sebagian besar terbuat dari besi dengan lubang khusus di kepalanya.

Alat pembersih komedo manual juga sering disebut dengan pinset komedo, yang dijual satuan atau satu set dengan alat pembersih wajah lainnya. Hati-hati saat menggunakan alat ini, karena harus steril terlebih dahulu agar bakteri tidak mudah masuk pada area kulit.

Alat ini juga cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan alat pembersih komedo elektrik. Jadi, Ibu pilih yang mana, nih?

Membersihkan komedo dengan perawatan rutin tanpa bantuan alat


Membersihkan komedo bisa juga dilakukan tanpa bantuan alat apapun, meskipun hal ini membutuhkan waktu yang panjang dan konsistensi dalam pengaplikasaiannya. Masih melansir dari laman Healthline, cara berikut ini bisa Ibu lakukan:

  • Bersihkan wajah dengan produk yang mengandung Salicylic Acid

Ibu bisa menggunakan produk yang mengandung asam salisilat (Salicylic Acid), untuk membantu mengantasi komedo putih atau komedo hitam. Sebab, kandungan zat tersebut diklaim mampu membersihkan minyak berlebih atau sel kulit mati, yang menyumbat pori-pori. 

Perhatikan juga jenis kulit wajah Ibu sebelum menggunakan produk yang mengandung zat ini. Disarankan agar membersihkan bagian yang terdapat komedo saja satu kali dalam sehari, terutama pada malam hari. Jangan lupa juga untuk lmelakukan double cleansing!

  • Lakukan scrub eksfoliasi pada area berkomedo

Scrub eksfoliasi pada wajah dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah, dan menenangkan kulit wajah. Pilihlah produk yang aman dan cocok untuk jenis kulit Ibu.

Apabila terdapat tanda kemerahan karena iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian dan langsung konsultasi pada dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.

  • Gunakan clay mask untuk menghilangkan komedo

Alat pembersih komedo manual maupun elektrik bisa saja ampuh menghilangkan komedo, akan tetapi Ibu bisa juga menggunakan clay mask untuk perawatan rutin. Clay mask dapat membantu proses detoksifikasi pada kulit, serta membantu mencerahkan kulit wajah.

Editor: Aprilia