Keluarga

Serba-Serbi Cara Menghemat Bensin Kendaraan yang Lebih Irit!

Serba-Serbi Cara Menghemat Bensin Kendaraan yang Lebih Irit!

Cara menghemat bensin saat ini sepertinya sedang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak diumumkannya kenaikan BBM pada September 2022 ini. Bagaimana tidak, kenaikan ini juga berimbas pada kenaikan sejumlah bahan pokok lainnya, mau tidak mau semuanya harus serba disiasati supaya pengeluaran tidak membengkak. 

Lalu selain pemakaian, apa ya yang membuat bensin pada kendaraan Ibu boros? Melansir dari laman My Pertamina, salah satu yang menyebabkan bensin kendaraan bermotor Ibu boros adalah penggunaan bahan bakar minyak yang kurang tepat. 

Jika Ayah atau Ibu menggunakan kualitas bahan bakar lebih rendah atau oktan lebih rendah dari 80-90 maka kemungkinan besar akan menyebabkan pengeluaran bahan bakar lebih besar. Wah, ternyata penting sekali lho untuk mengecek BBM apa yang sesuai untuk mesin standar pabrik supaya BBM tidak boros!

Serba-serbi cara menghemat bensin kendaraan


Selain kutipan di atas tentang betapa pentingnya mengetahui BBM apa yang sesuai dengan kendaraan, Ayah dan Ibu juga harus mempertimbangkan beberapa cara menghemat bensin seperti berikut ini:

1. Cara menghemat bensin motor

Cara menghemat bensin motor dapat dilakukan supaya pengeluaran untuk dana transportasi rumah tangga tidak membengkak di tengah kenaikan BBM saat ini. Melansir dari laman Travel Kompas, yuk simak cara menghemat bensin motor berikut ini:

Cek kondisi tekanan angin dan filter udara 


Sangat penting untuk mengecek tekanan angin apakah sudah normal atau kurang anginnya. Pasalnya, bila motor Ayah dan Ibu kekurangan angin, apalagi jika digunakan untuk jarak jauh maka tarikan motor akan lebih berat sehingga akan mengakibatkan motor menghabiskan lebih banyak bahan bakar. 

Saat melakukan service, perhatikan juga filter udara pada motor, sebaiknya filter ini harus selalu dalam keadaan bersih supaya tarikan motor tetap ringan dan penggunaan BBM irit. Selain itu, perhatikan juga bawaan yang dibawa ya. Jika membawa beban terlalu berat maka akan berdampak pada tekanan gas yang digunakan dan kerja mesin akan semakin berat sehingga boros bahan bakar.

Cek Kondisi Kelistrikan

Nah, cara menghemat bensin motor yang satu ini khusus untuk motor matic yang biasanya menggunakan sistem injeksi. Periksa sistem kelistrikan pada motor matic Ibu, apakah ada gangguan atau tidak. 

Jika ada gangguan pada kelistrikan, maka bahan bakar yang digunakan juga akan lebih banyak. Mekanik biasanya akan melakukan pengecekan pada aki terlebih dahulu, kemudian memeriksa soket, lalu kondisi kabel. Inilah pentingnya melakukan servis lengkap!

Hati-Hati Pemakaian Pelek Motor Modifikasi


Cara menghemat bensin motor terutama motor matic berikut ini layak untuk dipertimbangkan. Melansir dari laman Liputan 6, ukuran diameter velg yang dipakai akan berpengaruh pada pemakaian bahan bakar. 

Rata-rata motor matic memiliki ukuran pelek 14 inci kemudian seringnya diganti menjadi 17 inci dan dari sinilah penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros. Motor matic pelek 14 inci dapat melaju hingga 37,5 km/liter sementara itu ukuran 17 inci hanya mampu menempuh jarak 35,9 km/liter saja.

2. Cara menghemat bensin mobil

Selain motor, cara menghemat bensin mobil juga sangat perlu diterapkan mengingat bahan bakar untuk mobil pastinya membutuhkan uang lebih banyak daripada motor. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya bensin mobil hemat!

Memanaskan mobil terlebih dahulu sebelum dipakai


Beda dengan motor, nampaknya salah satu cara paling ampuh untuk menghemat bbm mobil adalah memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum digunakan. Melansir dari laman Detik OTO, hal ini dilakukan supaya perputaran mesin menjadi lebih stabil karena jika mesin fluktuatif, maka bahan bakar yang digunakan akan lebih besar serta boros. Perputaran mesin yang stabil ada di angka 3000 RPM.

Gunakan laju kendaraan secara wajar

Cara menghemat bensin mobil juga dapat dilakukan dengan memperhatikan laju kendaraan Ibu. Hindari menginjak gas secara mendalam dan tiba-tiba karena akan memakan banyak bahan bakar. Jika ingin melaju lebih cepat, injak pedal gas secara perlahan dan bertahap supaya bahan bakar dipakai lebih efisien. 

Laju kendaraan juga sebaiknya dalam kondisi stabil dan tidak tiba-tiba naik atau tiba-tiba turun. Selain itu, dengan memperhatikan laju kendaraan maka Ayah dan Ibu juga telah mengutamakan keselamatan orang-orang satu mobil.

Pakai AC pada suhu normal atau seperlunya saja


Memang terkadang kita membutuhkan daya AC pada mobil lebih banyak karena penumpang di dalam mobil juga bertambah atau karena udara di luar mobil sedang terik. Namun pemakaian AC pada suhu normal justru akan menghemat bensin lho! 

Memaksimalkan pemakaian AC memang rasanya membuat suhu sejuk dan nyaman, tapi ingat, ada pembakaran bbm yang juga ikut maksimal. Memelihara kondisi AC dalam kondisi sehat dan prima juga penting supaya suhu AC normal pada mobil Ibu tetap dingin.

Masuk posisi netral saat berhenti sejenak

Selain mengatur AC di dalam mobil, sebaiknya saat berhenti, mesin mobil juga dimatikan untuk menghemat bensin. Sementara itu, hal ini juga bisa digunakan sebagai cara menghemat bensin mobil matic. 

Untuk lebih tepatnya, saat berhenti, sebaiknya mobil matic diposisikan pada kondisi netral saja. Selain untuk alasan keselamatan, memasukkan panel selain netral akan menyebabkan daya dorong atau maju pada mobil matic dan Ibu harus mengerem supaya mobil tetap diam. Hal ini juga akan membuat boros kampas rem karena terus menerus diinjak.

Manfaatkan teknik engine brake

Cara menghemat bensin mobil matic berikutnya adalah dengan memanfaatkan teknik engine brake sehingga mobil akan melambat tanpa direm. Caranya dengan mengurangi tekanan gas perlahan, kemudian turunkan gigi D menjadi 2 kemudian L. Lakukan langkah ini untuk menghemat bbm mobil Ibu ya!

Editor: Aprilia