Keluarga

Susah-Susah Gampang, Ini Daftar Wawancara ART Yang Penting Diajukan!

Susah-Susah Gampang, Ini Daftar Wawancara ART Yang Penting Diajukan!

Zaman sekarang, mencari asisten rumah tangga atau ART memang susah-susah gampang ya, Bu. Ketika kita sudah cocok, tapi ternyata malah nggak bertahan lama karena berbagai macam alasan.

Belum lagi drama-drama ART lainnya yang kadang bikin kita menyerah untuk nggak mau menggunakan jasa ART lagi di rumah. Namun, mau tidak mau, Ibu terpaksa kembali harus meng-hire ART untuk membantu mengurus rumah tangga dan juga mengasuh si kecil, selagi Ibu bekerja.

Nah, supaya nggak ada lagi drama-drama yang muncul saat ART sudah bekerja di rumah Ibu, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah harus detail dalam wawancara ART. Hal ini sangat penting dilakukan demi menyeleksi dan mengetahui apakah calon ART baru sudah sesuai kriteria.

Terutama dalam mengemban tugas asisten rumah tangga yang nantinya akan Ibu berikan padanya. Bingung, apa saja pertanyaan yang bisa Ibu tanyakan pada calon ART nantinya? Yuk, simak beberapa daftar pertanyaan wawancara ART dalam ulasan berikut ini!

Sepenting apakah wawancara ART sebelum bekerja?


Katanya, mencari asisten rumah tangga yang cocok ibarat mencari jarum di tumpukan jerami, lho! Siapa yang setuju dengan istilah ini, Buibu?

Yup! Walaupun susah mencari ART yang klop dengan kita, tapi ketika ada calon ART yang datang melamar, kita tetap wajib menyeleksi kepribadiannya ya, Bu. Jadi, nggak boleh asal terima alih-alih kepepet nggak ada yang bantu mengurus rumah, ya!

Melakukan wawancara ART sebelum bekerja wajib dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan calon ART baru sudah sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Ibu, terutama jika ia ditugaskan untuk mengurus si kecil.

Wawancara ART secara detail ini juga penting dilakukan untuk mengetahui kepribadian calon ART, sekaligus mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan. Seperti yang belakangan sering terjadi mulai dari penculikan anak oleh ART, kasus ART kabur dengan membawa sejumlah barang berharga, hingga kasus kekerasan pada anak yang lagi-lagi dilakukan oleh ART.

Walau terlihat sedikit lebih repot, namun wawancara ART bisa membantu kita mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan dikemudian hari. Wawancara ART juga bisa membantu Ibu memilih calon ART yang kiranya sesuai dan klop di hati Ibu.

Daftar pertanyaan wawancara ART


Pasti bingung ya Bu, apa saja daftar pertanyaan yang harus diajukan saat melakukan sesi wawancara ART baru. Padahal sebenarnya, daftar pertanyaan untuk wawancara ART seharusnya hanya meliputi pertanyaan sederhana kok, Bu.

Tujuannya supaya calon ART nantinya lebih mudah mengerti dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Ibumin sudah punya beragam daftar wawancara ART yang bisa kami ajukan saat sedang meng-hire calon pekerja nantinya.

Eits, daftar pertanyaan ini juga bisa kamu berikan untuk calon karyawan baru yang kamu percaya membantu mengurus bisnis rumahan, lho! Yuk, disimak baik-baik apa saja daftar pertanyaan untuk wawancara ART yang bisa kamu tanyakan berikut ini:

Wawancara ART seputar keluarga dan asal usul

1. Kamu asli suku apa? Tinggal di mana?

2. Sudah nikah atau belum?

3. Sudah punya anak atau belum?

4. Jika sudah menikah, apa pekerjaan suami?

5. Kamu sudah menikah berapa tahun?

6. Jika belum punya anak, apakah berencana memiliki anak dalam waktu dekat?

7. Biasanya kalau pulang kampung tiap berapa bulan sekali dalam setahun?

Wawancara ART seputar pengalaman kerja

1. Sudah berapa lama bekerja sebagai ART?

2. Sebelumnya sudah pernah bekerja di mana saja dan berapa lama?

3. Apa saja pekerjaan yang biasanya dilakukan? Boleh diceritakan secara detail?

4. Kalau boleh tahu, apa alasan kamu keluar dari pekerjaan sebelumnya?

5. Berapa gaji yang didapat di pekerjaan sebelumnya?

Wawancara ART seputar skill

1. Apakah kamu bisa memasak?

2. Apakah kamu bisa mengendarai motor?

3. Apakah kamu bisa menggunakan mesin cuci dan vacuum cleaner?

4. Apakah ada jenis pekerjaan rumah tangga yang tidak kamu suka? Alasannya kenapa?

5. Apakah kamu suka sama anak kecil?

6. Apakah sudah pernah bekerja mengasuh anak sebelumnya?

7. Biasanya setelah pekerjaan selesai dan punya waktu luang, kegiatan apa saja yang biasanya kamu?

Wawancara ART seputar studi kasus

1. (Khusus untuk ART yang tidak tinggal di rumah atau pulang-pergi) Misalnya suatu saat saya sedang bekerja di luar rumah dan harus pulang malam, apakah kamu bersedia menjaga anak saya hingga saya pulang?

2. Misalnya suatu saat ada gempa bumi, dan kamu ada di rumah sama anak saya, kira-kira hal apa yang akan kamu lakukan?

3. Misalnya suatu saat anak saya jatuh ketika bermain di taman, tidak ada kotak P3K, lalu apa yang akan kamu lakukan untuk membantu menenangkan anak saya?

4. Misalnya anak saya sedang tidak mau makan atau GTM, bagaimana cara kamu memastikan agar anak saya tetap makan walau hanya beberapa suap?

Wawancara ART jika suatu saat diterima bekerja

1. Apa alasan kamu mau bekerja di rumah saya? Baik dari sisi keuangan maupun alasan bekerja di rumah ini.

2. Apakah kamu benar-benar serius mau bekerja di sini? Tapi, bukan hanya untuk 2-3 bulan saja ya, namun untuk jangka panjang.

3. Jika kamu diterima di sini, apa saja yang kamu harapkan?

4. Berapa gaji yang kamu harapkan nantinya?

Daftar pertanyaan saat wawancara ART ini memang kelihatannya sangat sederhana ya, Bu. Namun, ketika pertanyaan ini diajukan ke calon ART, pasti Ibu bisa merasakan sendiri seberapa niat dan kuat keinginannya untuk benar-benar bekerja di rumah Ibu.

Sehingga nantinya Ibu bisa memilih calon ART yang tepat sesuai kata hati. Selamat mencoba ya, Bu dan semoga calon ART yang datang melamar nantinya nggak neko-neko dan sesuai dengan kriteria yang Ibu harapkan.