Keluarga

Tambah Kepercayaan Diri: 5 Bentuk Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Tambah Kepercayaan Diri: 5 Bentuk Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Bentuk kacamata sesuai bentuk wajah, ternyata dapat membantu penampilan menjadi lebih baik dan lebih percaya diri, lho! Bentuk wajah sendiri rupanya cukup beragam, ada oval, bulat, hati, persegi, pir, hingga berlian.

Bentuk kacamata untuk wajah bulat biasanya punya desain rangka, atau frame berbeda dengan bentuk kacamata untuk wajah oval, dan seterusnya. Namun biasanya, banyak di antara Ibu yang hanya memilih kacamata berdasarkan fungsinya saja, dan tidak memperdulikan bentuknya.

Melansir dari laman Oscar Wylee, jenis frame atau rangka kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah sering mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tergantung tren fashion yang sedang hits pada masa itu. 

Umumnya, bentuk kacamata sesuai bentuk wajah wanita didominasi lebih mungil dan feminism. Sementara untuk kacamata pria, frame yang lebih tebal dengan garis-garis kuat sering kali menjadi pilihan utama.

Cara menentukan bentuk wajah yang sesuai


Melansir dari laman Glasses Direct, tidak semua orang paham bagaimana bentuk wajahnya ketika harus memilih bentuk kacamata sesuai bentuk wajah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan bentuk wajah Ibu, seperti:

  • Berdirilah tegak di depan cermin seluruh badan, atau setengah badan (hindari cermin yang hanya menampilkan wajah saja).
  • Usahakan rambut dikuncir rapi atau menggunakan bandana supaya rambut tidak menutupi wajah.
  • Cari panduan beragam bentuk wajah manusia sebagai bahan perbandingan.
  • Cari garis wajah Ibu, lalu tandai dengan lipstik, nantinya akan segera terlihat bagaimana bentuk wajah Ibu sebenarnya.

Banyak yang mengira wajahnya berbentuk kotak karena tampaknya garis wajah begitu jelas, sehingga memilih bentuk kacamata untuk wajah kotak. Bisa juga Ibu mengira bentuk wajahnya lonjong, karena setiap kali selfie, terdapat dagu yang sedikit meruncing, bikin Ibu kerap kali memilih bentuk kacamata untuk wajah lonjong.

Tak salah memilih bentuk kacamata sesuai keinginan, namun cobalah sesekali untuk memilih bentuk kacamata sesuai bentuk wajah. Supaya dapat memaksimalkan kecantikan atau kegagahan wajah yang dimiliki.

Rekomendasi bentuk kacamata sesuai bentuk wajah


Bentuk kacamata sesuai bentuk wajah, rupanya tak hanya bagus untuk memaksimalkan penampilan saja. Tapi, ternyata juga bisa meningkatkan kepercayaan diri pemilik wajah, bahkan pada beberapa orang mampu meningkatkan produktivitas harian.

Melansir dari laman Frames Direct, berikut ini ulasan lengkap mengenai bentuk kacamata sesuai bentuk wajah agar tampilan lebih memukau:

1. Wajah bulat

Umumnya, ciri khas orang yang memiliki wajah bulat adalah dahi yang lebar, pipi yang penuh, dan dagu yang tampat membulat. Wajah bulat, hampir tidak terlihat garis wajahnya atau sudut wajah yang kuat menonjol.

Bentuk kacamata untuk wajah bulat yang pas, sebaiknya memiliki bingkai berbentuk persegi atau persegi panjang karena bisa menambah kontras pada lekuk wajah bulat yang alami. Hindari bentuk kacamata untuk wajah bulat dengan bingkai yang juga berbentuk bulat, dan memiliki garis bingkai tebal.

Menambahkan kontras pada bentuk kacamata untuk wajah bulat ,dapat memberi efek wajah tampak lebih tirus dan panjang. Pilih juga jenis lensa yang lebar dan tinggi, detail berani, dan bantalan hidung yang nyaman untuk memberikan efek pipi yang lebih kecil.

2. Wajah persegi


Bentuk wajah persegi, umumnya punya garis rahang yang menonjol dan sudut yang kuat menyerupai bentuk persegi. Bentuk kacamata untuk wajah kotak atau persegi, justru harus berani dengan lekukan-lekukan unik.

Bentuk wajah persegi juga biasanya memiliki bentuk dahi yang lebar, sehingga harus berhati-hati dalam menentukan kacamata yang pas. Bentuk kacamata sesuai bentuk wajah kotak ini, biasanya lebih tepat dengan bingkai kacamata kucing atau bulat.

Pilih juga kacamata dengan bingkai yang tipis dan warna-warna netral seperti cream, nude, atau abu-abu tua agar wajah tampak lebih ramping dan lembut. Bentuk kacamata untuk wajah kotak dengan desain retro, atau detail modern juga sangat cocok untuk melengkapi penampilan.

3. Wajah oval

Salah satu bentuk wajah yang bisa menggunakan hampir semua bentuk kacamata adalah, wajah oval. Bentuk kacamata sesuai bentuk wajah oval ini paling mudah dan beragam pilihannya.

Proporsi wajah oval memiliki fitur yang seimbang, dahi dan dagu yang cenderung sempet, serta tulang pipi yang tinggi. Saran bentuk kacamata untuk wajah oval adalah, bingkai yang lebarnya sama atau paling tidak sedikit lebih lebar dari bagian wajah yang paling lebar.

Bentuk kacamata untuk wajah oval dengan desain penuh detail, hiasanya juga tampak bagus apalagi bila memilih bingkai kacamata dengan warna yang menyenangkan. Bingkai kacamata retro kucing, persegi, hingga bulat sangat pas untuk memberikan tampilan profesional pada wajah pria atau wanita.

Meski terbilang memiliki wajah dengan ukuran seimbang, namun hati-hati dalam memilih jenis kacamata lebar hingga hampir menutupi setengah bagian wajah ya. Panduan bentuk kacamata sesuai bentuk wajah ini bisa membantu Ibu memilih kacamata yang pas!

4. Wajah berbentuk hati


Sama seperti bentuk kacamata untuk wajah oval, bentuk kacamata untuk wajah berbentuk hati biasanya lebih bervariasi dan banyak desain yang cocok. Umumnya bentuk wajah ini didominasi dengan dahi yang lebar, dagu runcing cenderung sempit, dan tulang pipi yang tinggi.

Jika Ibu memiliki bentuk wajah hati, bingkai kacamata yang cocok adalah bingkai yang lebih lebar dari bagian dahi, warna bingkai cerah, hingga detail desain yang menarik. Bentuk kacamata sesuai bentuk wajah hati, biasanya lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan bentuk wajah lainnya.

5. Wajah berbentuk lonjong

Wajah berbentuk lonjong berbeda dengan jenis wajah oval. Biasanya bentuk wajah ini cenderung panjang dan ramping, tulang pipi yang tinggi, bagian hidung tampak lebih panjang, dan dahi yang tinggi.

Bentuk kacamata untuk wajah lonjong, sebaiknya memiliki bingkai atau pinggiran yang memberi efek wajah tinggi. Melansir dari laman Real Men Real Style, contoh jenis bingkai ini adalah classic wayframe, browline, oval, hingga bulat (round). Nah, yuk koreksi lagi bentuk kacamata yang kamu gunakan saat ini!

Editor: Aprilia