Keluarga

Trend Paris Kiss Manfaat Dan Risikonya Bagi Kesehatan

Trend Paris Kiss Manfaat Dan Risikonya Bagi Kesehatan

Pada akhir tahun 2021 kemarin, trend Paris kiss sempat menjadi trending topik di Google. 

Paris kiss juga seringkali muncul di beberapa drama populer mulai dari drama Korea hingga serial Barat lainnya.

Banyak yang penasaran, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Paris kiss? Apa bedanya dengan jenis ciuman pada umumnya? 

Secara keseluruhan Paris kiss sama seperti French kiss yakni jenis ciuman mendalam yang melibatkan bagian bibir, lidah dan mulut.

Dalamnya jenis ciuman ini konon dapat membuat gairah seksual semakin meningkat secara fisiologis lho Bu. Tak jarang Paris kiss seringkali digunakan sebagai bagian dari foreplay bagi pasangan yang hendak melakukan hubungan intim.

Meskipun dapat membangkitkan gairah seksual seseorang, namun Paris kiss tak berarti minim risiko ya Bu. Ciuman jenis ini tetap memiliki risiko terutama dapat berpengaruh bagi kesehatan bahkan bisa menularkan penyakit seksual lho!

Lalu gimana sih supaya Paris kiss bisa tetap dilakukan dengan aman agar pasangan tetap puas secara fisik? 

Nah, sebelumnya kenali dulu yuk apa itu Paris kiss, adakah manfaatnya serta risiko apa saja yang mungkin bisa dihadapi jika melakukan ciuman jenis ini dalam ulasan berikut.

Jadi, apa itu Paris kiss? 


Berciuman bagi sebagian orang mungkin  menjadi salah satu bagian paling menarik dari sebuah hubungan. Ada berbagai jenis ciuman di dunia, salah satu yang paling populer adalah Paris kiss atau French kiss.

Paris kiss atau French kiss sendiri jika melansir Red Magazine merupakan jenis ciuman yang bergairah dengan menggunakan lidah dengan mulut saling terbuka. Mengingat ciuman jenis ini sangat menggairahkan, jelas tidak pantas dilakukan di depan orang tua ataupun kolega ya Bu.

Paris kiss ini pada awalnya populer pada masa Perang Dunia II di mana tentara Amerika, Inggris dan Perancis dikejutkan dengan cara ciuman wanita Perancis yang dianggap sangat bergairah. Nah, ketika para tentara kembali ke rumah mereka pun mengenalkan French kiss tersebut pada pasangan masing-masing.

Istilah Paris kiss atau French kiss ini sejatinya hanya untuk menggambarkan gaya berciuman yang lebih bergairah yang dilakukan perempuan di Perancis. Apalagi para perempuan do Perancis saat itu dianggap memiliki sifat seksual yang membara, sesuai dengan kota Perancis yang disebut sebagai kota Cinta oleh sebagian turis.

Dahulu ciuman jenis ini juga populer dilakukan di depan Air Mancur Trevi di Roma atau Menara Eiffel di Perancis. Sehingga tak heran Paris kiss atau French kiss disebut-sebut berasal dari negara tersebut.

Meski dapat melambangkat gairah cinta yang membara, namun ciuman jenis ini juga tetap memiliki risiko ya Bu. Terutama dalam hal kesehatan.

Risiko melakukan Paris kiss


Berciuman dengan seseorang untuk pertama kalinya tentu membuat kita menjadi berbunga-bunga dan bahagia. Tapi ternyata berciuman dengan cara Paris kiss jelas memiliki risiko bagi kesehatan lho Bu.

Melansir Healthline berciuman dapat meningkatkan risiko tertular penyakit seksual yang tidak banyak disadari oleh kebanyakan orang. Berikut adalah beberapa risiko kesehatan lain yang mengintai jika kamu dan pasangan gemar melakukan Paris kiss:

1. Herpes

Herpes adalah salah satu penyakit yang bisa ditularkan melalui air ludah saat berciuman. Herpes diakibatkan oleh virus herpes simpleks (HSV) 1-2.

Nah, yang lebih berisiko menularkan herpes adalah jenis HSV-1 yang seringkali menular lewat oral. HSV-1 ini dapat dengan mudah ditularkan melalui ciuman. Gejala yang paling menonjol adalah lepuh putih atau merah kecil di mulut atau alat kelamin.

HSV-1 juga bisa menyebar dengan berbagi air liur atau barang-barang seperti peralatan yang telah bersentuhan dengan virus, meskipun hal ini jarang terjadi. HSV-1 juga dapat memengaruhi alat kelamin dan menyebar melalui seks oral, genital, atau anal melalui HSV-2 atau herpes genital.

Sayangnya baik HSV-1 maupun HSV-2 tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Kebanyakan orang pun tidak menyadari jika mereka sudah tertular penyakit ini, meski kekebalan tubuhnya sudah terganggu.

2. Syphilis

Syphilis merupakan penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Meskipun biasanya penyakit ini jarang ditularkan melalui ciuman, namun dengan melakukan Paris kiss dapat meningkatkan risiko tertular penyakit ini ya Bu.

Penyakit Syphilis lebih sering menyebar melalui seks oral, anal, atau genital. Yang perlu diwaspadai adalah, Syphilis bisa menyebabkan luka di mulut yang bisa menularkan bakteri ke orang lain.

Apalagi gaya berciuman Paris Kiss, yang mencakup menyentuhkan lidah bersama-sama tentu bukan tidak mungkin dapat meningkatkan risiko infeksi. Jika seseorang terkena penyakit ini kebanyakan akan mengalami beberapa keluhan seperti;

  • Demam;
  • Sakit kepala;
  • Sakit tenggorokan;
  • Pembengkakan kelenjar getah bening;
  • Kehilangan rambut;
  • Pegal-pegal;
  • Merasa lelah;
  • Bintik-bintik abnormal, jerawat, atau kutil;
  • Kehilangan penglihatan;
  • Gangguan kondisi jantung; dan
  • Kerusakan otak.


3. Cytomegalovirus 

Cytomegalovirus (CMV) adalah infeksi virus yang dapat ditularkan melalui kontak dengan air liur yang mengandung virus. Penyakit ini juga dapat ditularkan melalui cairan yang mengandung CMV yaitu air seni, darah, air mani, dan ASI.

CMV termasuk golongan penyakit menular seksual yang cukup berbahaya. Sebab, seringkali ditularkan melalui kontak seksual oral, anal, dan genital. Seseorang yang menderita penyakit ini umumnya mengalami gejala seperti;

  • Kelelahan;
  • Sakit tenggorokan;
  • Demam; dan
  • Pegal-pegal

Meski berisiko Paris kiss ternyata punya manfaat

Walaupun Paris kiss dapat berisiko bagi kesehatan seseorang. Terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah, namun melansir Mind Body Green berciuman ternyata memiliki berbagai macam manfaat seperti berikut:

  • Berciuman dapat membantu dalam memilih pasangan yang tepat sesuai standar seseorang
  • Berciuman dapat meningkatkan gairah seksual seseorang
  • Berciuman bisa membuat kita merasa lebih percaya diri
  • Berciuman dapat membuat wanita lebih mudah mengalami orgasme saat berhubungan seksual
  • Ciuman yang penuh gairah dapat melatih otot-otot wajah agar lebih lentur
  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari stress
  • Ciuman dengan jenis Paris kiss juga bisa membakar kalori dalam tubuh.

Cara melakukan Paris kiss yang aman


Kita tahu bahwa melakukan Paris kiss sejatinya memang dapat mengundang berbagai macam risiko kesehatan bagi seseorang. Namun, Paris kiss tetap bisa dilakukan dengan aman kok Bu.

Misalnya saja mulailah dengan melakukan percakapan langsung secara terbuka dengan pasangan. Cobalah untuk menceritakan ketakutan yang kamu rasakan ketika melakukan Paris kiss.

Pastikan juga kamu dan pasangan sama-sama sedang dalam keadaan sehat, tidak mengalami gejala batuk pilek, sariawan di mulut serta tidak memiliki risiko penyakit menular lainnya. Kamu juga bisa meminta sedikit waktu pada pasangan untuk tidak melakukan Paris kiss jika dirasa belum siap.

Meskipun penyakit menular seksual tidak selalu disebabkan oleh berciuman, namun Paris kiss tetap memiliki risiko. Terutama bagi mereka yang kurang menjaga kebersihan dan kesehatan mulutnya.

Editor: Dwi Ratih