Keluarga

Usia 5-12 Tahun Butuh Skincare Anak, Ini Alasannya!

Usia 5-12 Tahun Butuh Skincare Anak, Ini Alasannya!

Memiliki kulit yang sensitif sejak bayi, bikin Ibu harus cermat memilih skincare anak yang tepat. Meskipun saat ini usianya sudah di atas 5 tahun, namun hal ini tetap perlu diperhatikan demi merawat kesehatan kulitnya.

Anak dengan kulit sensitif, lebih disarankan untuk menggunakan jenis skincare anak dengan bahan dasar alami yang ramah di kulit. Ibumin sendiri, selalu berusaha memilih skincare anak yang alami, teruji secara klinis dan hypoallergenic.

Yup! Nggak hanya orang dewasa, kulit pada anak-anak usia 5 tahun ke atas tetap perlu dijaga kelembapannya. Apalagi pada usia tersebut, mereka sedang aktif-aktifnya bermain dan eksplorasi semua benda yang ada di sekitarnya.

Nggak jarang, ia seringkali terkontaminasi benda asing yang bikin kulit sensitifnya jadi kemerahan, gatal, kering hingga mudah iritasi. Menjaga kulit anak yang cenderung sensitif memang nggak mudah ya, Bu.

Kesalahan sedikit saja dalam memilih skincare anak, bisa cukup fatal akibatnya. Karenanya, yuk ketahui terlebih dahulu seberapa pentingnya penggunaan skincare untuk anak dalam ulasan berikut.

Kenapa sih skincare anak itu penting?


Jadi, seiring dengan bertambahnya usia si kecil, maka akan ada banyak sekali perubahan pada tubuh, terutama kulitnya. Mencuci wajahnya hanya dengan air mengalir tanpa sabun atau skincare anak yang tepat, nggak akan cukup untuk menjaga keseimbangan kulit mereka.

Apalagi jika pada dasarnya kulit si kecil cukup sensitif. Karena itu, memulai rutinitas perawatan kulit, meski hanya yang sederhana, sangat diperlukan. Terutama pada anak usia sekolah.

Dikutip dari Moms anak-anak usia sekolah biasanya akan lebih aktif bergerak dan menghasilkan keringat berlebih. Jadi, sekadar mencuci muka atau keramas dengan air saja dirasa belum cukup membersihkan kulitnya.

Karena itu, perawatan kulit si kecil, sebaiknya harus diperkenalkan jauh lebih awal dari yang diperkirakan orang tua. Menurut penelitian dari Essensial Wholesale & Labs, usia yang paling disarankan untuk mulai mempraktikkan skincare rutin pada anak adalah di usia 5-6 hingga 9 tahun.

Mengapa? Sebab, pada usia-usia tersebut dapat membantu membiasakan mereka untuk mulai memperhatikan kebersihan diri. Ketika kebiasaan baik ini sudah mendarah daging, jadi lebih mudah untuk beralih ke rutinitas perawatan kulit yang lebih rutin saat mereka mencapai usia dua belas dan remaja.

Di mana pada usia remaja, biasanya anak-anak sudah mulai mengalami beberapa masalah kulit yang lebih serius seperti, jerawat dan lain sebagainya.

Nggak direkomendasikan menggunakan skincare dewasa


Yup! Pada usia 5-12 tahun, kondisi kulit si kecil biasanya juga cenderung masih cukup sensitif. Sehingga para ahli, sangat tidak merekomendasikan untuk menggunakan skincare orang dewasa.

Melansir dari Health Site menurut dokter spesialis kulit, Dr. Shefali Trasi Nerurkar, alasan anak nggak direkomendasikan menggunakan skincare dewasa adalah, karena kulit anak jauh lebih lembut dan sensitif dibanding kulit orang dewasa, dan remaja.

Kulit anak yang sensitif cenderung tidak akan tahan dengan bahan kimia yang terkandung di dalam skincare dewasa. Sehingga, inilah alasan mengapa skincare anak sebaiknya perlu dipilih secara khusus.

Sebab, kebanyakan skincare dewasa nggak cocok dengan kulit si kecil. Beberapa produk skincare anak yang seringkali dipaksakan untuk digunakan anak usia di bawah 12 tahun adalah, shampo, make-up, bedak, krim wajah, pasta gigi

Anak-anak tidak boleh menggunakan produk yang dibuat khusus untuk orang dewasa misalnya shampo-kondisioner, make-up, bedak, krim wajah dan body lotion. Penggunaan produk yang nggak tepat, dapat menyebabkan iritasi kulit, alergi atau bahkan ruam kulit, yang jelas nggak nyaman bagi si kecil.

Lalu, apa yang perlu diperhatikan dalam memilih skincare anak?


Ada banyak rekomendasi skincare anak yang beredar di pasaran. Namun, nggak semua memiliki formula yang baik untuk kulit si kecil, terutama yang memiliki kulit sensitif.

Karenanya, dikutip dari 100 Percent Pure, Ibu perlu memperhatikan beberapa bahan-bahan skincare berikut yang nggak aman bagi kulit si kecil, diantaranya adalah:

  • Parabean
  • Pewangi tambahan atau sintetis
  • Hazard Level Moderate/High
  • SLS atau Sodium Lauryl Sulfate dan turunannya
  • Mineral oil
  • Pewarna sintetis
  • Formalin
  • Ftalat.

Sedikit penjelasan, kandungan bahan-bahan kimia di atas sangat berbahaya bagi kulit si kecil. Bahkan menurut sebuah jurnal berjudul Toxic Effects of The Easily Avoidable Phthalates and Parabens baik parabean dan ftalat, yang terpapar pada kulit si kecil, bisa menimbulkan masalah kulit seperti alergi bahkan dapat berpengaruh pada kesehatan reproduksi mereka nantinya.

Penelitian lain juga menyebutkan adanya kaitan kedua bahan berbahaya ini pada obestias anak, asma, gangguan pada kardiovaskular dan peningkatan penyakit kanker pada anak. Karenanya, meski banyak rekomendasi skincare anak yang diklaim aman buat si kecil, kita tetap harus teliti membaca bahan-bahan yang digunakan ya, Bu.

Rekomendasi skincare anak untuk 5-12 tahun

Demi menjaga kesehatan kulit si kecil, Ibumin punya rekomendasi skincare anak yang bisa membantu menjaga kelembapan bagi kulitnya yang sensitif. Yup! Ibu pasti nggak asing dengan produk skincare dari Sensatia Botanicals.

Selain punya produk untuk orang dewasa, ternyata Sensatia Botanicals juga mengeluarkan produk skincare anak untuk usia 5-12 tahun, lho! Produk skincare anak ini diberi nama Natural Kids Care Collection.

Setiap produk dalam Natural Kids Care Collection, diformulasikan khusus dengan memperhatikan kebutuhan kulit sensitif. Bahan pembuatnya juga menggunakan bahan-bahan alami dari alam seperti yang khas seperti; ekstrak beras, dan ekstrak mangga.

Kedua bahan ini dikenal dapat membantu menenangkan kulit yang sensitif, membantu melembapkan, bersifat antiinflamasi serta membantu menutrisi kulit dari ujung kaki hingga kepala. Beberapa produk yang bisa dipilih diantaranya:

1. Kids Refreshing Body Wash


Sabun mandi untuk anak dari Sensatia Botanicals ini punya formula yang membersihkan dan menyeimbangkan tingkat kelembapan kulit si kecil agar tidak kering. Terbuat dari ekstrak buah-buahan tropis dan beras, body wash ini menghidrasi dan menutrisi semua jenis kulit anak. Aman juga lho untuk digunakan tiap hari.

2. Kids Refreshing Body Lotion


Setelah mandi, jangan lupa untuk oleskan body lotion ke kulit anak. Kids Refreshing Body Lotion mengandung perpaduan bahan tumbuhan yang bisa membuat kulit lembap. Di dalamnya terdapat Mango seed butter, ekstrak beras dan minyak zaitun yang bersinergi melembabkan dam melindungi kulit sensitif anak dari iritasi, 

3. Kids Refreshing Shampoo


Rambut anak yang tipis pasti jadi momok banyak orang tua. Tenang saja, ada Kids Refreshing Shampoo dari Sensatia Botanicals yang terdiri dari ekstrak beras dan minyak jojoba untuk menutrisi dan meningkatkan pertumbuhan rambut si kecil. Formula hypoallergenic-nya juga cocok untuk kulit kepala anak yang sensitif sekalipun. Wangi dari campuran ekstrak buah di dalam shampo ini juga pasti disukai anak-anak.

4. Kids Refreshing Conditioner


Tak hanya orang dewasa saja yang butuh conditioner, anak-anak pun butuh! Kids Refreshing Conditioner ini kaya dengan vitamin yang bisa menutrisi dan memperkuat rambut anak lho. Kandungan ekstrak beras, minyak jojoba dan mango seed butter menghidrasi setiap helai rambut dan membuat rambut anak lebih lembut serta anti kusut. 

5. Kids Refreshing Toothpaste


Mencari pasta gigi ramah anak dengan kandungan alam yang baik tentu susah-susah gampang. Ibu bisa mencoba Kids Refreshing Toothpaste dari Sensatia Botanicals ini. Kandungan xylitol di dalamnya akan membuat nafas anak lebih segar. Formulanya juga efektif untuk membersihkan gigi serta gusi anak. Rasa jeruknya yang manis bisa bikin anak makin betah menggosok gigi.

Semua produk ini, sudah dirancang dengan formula yang telah diuji secara klinis dan hypoallergenic. Nah, menariknya semua kemasan produk dalam koleksi ini juga memiliki formula yang mudah terurai secara biologis–biodegradable dan mudah terurai di lingkungan.

Sejalan dengan misi cinta lingkungan tersebut, menurut Michael Lorenti Jr., selalu Managing Director Sensatia Botanicals mengungkapkan, produknya akan terus memprioritaskan perawatan kulit yang lebih aman dan sehat untuk seluruh anggota keluarga. Ia juga berharap bahwa koleksi skincare anak ini, akan menjadi produk favorit di setiap rumah nantinya.

Sebagai tambahan informasi, produk skincare anak Natural Kids Care Collection dari Sensatia Botanicals ini, dibanderol dengan harga mulai dari Rp 80.000-an saja. Koleksi ini tersedia mulai 9 Maret 2023 di seluruh toko Sensatia Botanicals dan juga situs resminya, di www.sensatia.com.