Keluarga

Ingin Wajah Bersih Bebas Kotoran? Ini Cara Mencuci Muka Yang Benar!

Ingin Wajah Bersih Bebas Kotoran? Ini Cara Mencuci Muka Yang Benar!

Mencuci muka adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Memang, secara kasat mata kegiatan mencuci muka ini terlihat sangat mudah dan sederhana.

Tapi, ternyata nggak semua orang tahu cara mencuci muka yang benar, lho! Padahal, cara mencuci muka yang benar sangat penting dilakukan agar wajah bisa bersih dari kotoran dengan sempurna.

Mencuci muka juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Karenanya penting untuk memahami tipe kulit kamu secara keseluruhan. Sebab, ketika salah melakukan gerakan mencuci muka dapat menyebabkan masalah baru pada kulit.

Selain itu, sangat penting untuk memilih sabun cuci muka yang benar sesuai jenis kulit. Yuk, koreksi lagi cara kamu mencuci muka selama ini, dan simak bagaimana mencuci muka dengan benar dalam ulasan berikut.

Manfaat mencuci muka dengan benar


Mencuci muka nggak hanya sekadar membasuh wajah dengan sabun dan air saja, lho! Kelihatannya kegiatan ini memang terlihat cukup sepele ya Bu.

Tapi ternyata mencuci muka nggak boleh dilakukan dengan gerakan sembarang. Apalagi jika mencuci muka dilakukan dengan benar, bisa membuat kulit terbebas dari kotoran dan bersih sempurna.

Melansir Self manfaat mencuci muka yang benar adalah untuk membersihkan kulit secara menyeluruh, mengangkat kotoran, sisa-sisa kulit mati, menghilangkan make up dan hal lain yang dapat menyumbat pori-pori atau menyebabkan kulit kusam. Mencuci muka juga dapat membantu merawat masalah kulit tertentu, seperti jerawat.

Cara mencuci muka yang benar juga dapat mencegah munculnya jerawat, meningkatkan kesehatan kulit, dan bahkan dapat mengurangi peradangan kulit. Menurut Dr. Joshua Zeichner, M.D. selaku ahli riset kosmetik Rumah Sakit Mount Sinai, New York City, secara keseluruhan bukan hanya cara mencuci muka yang benar yang dapat membuat perubahan pada kulit.

Tetapi juga kapan, seberapa sering, dan jenis sabun pencuci muka apa yang Ibu gunakan. Apakah sudah tepat untuk jenis kulitmu, atau sudahkah kamu benar-benar melakukan scrub pada muka dengan benar.

Karenanya, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mencuci muka yang benar. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal pada wajah.

Normalnya, berapa kali mencuci muka dalam sehari? 


Jika melansir Healthline apabila seseorang tergolong sangat aktif melakukan kegiatan di luar rumah, termasuk berolahraga disarankan untuk mencuci muka sebanyak 3 kali. Yaitu di pagi, malam dan setelah berolahraga.

Namun, secara umum mengenai berapa kali mencuci muka dalam sehari bisa dilakukan cukup 2 kali sehari. Yakni saat bangun tidur dan ketika hendak tidur di malam hari.

Jika kamu aktif menggunakan make up, agar kulit wajah bersih sempurna juga bisa menggunakan oil cleanser. Supaya sisa kotoran dan debu yang menumpuk di dalam pori-pori juga bisa bersih.

Tidak perlu mencuci muka terlalu kering, hal ini juga berlaku pada Ibu yang memiliki kulit wajah berminyak, kering ataupun sensitif. Sebab terlalu sering mencuci muka juga dapat membuat kulit lebih kering dan membuat kulit kehilangan kelembapannya.

Akibatnya, kulit justru jadi lebih mudah kotor, timbul jerawat dan juga komedo. Jadi, lakukan cara cuci muka yang benar tidak lebih dari 3 kali sehari ya, Bu!

Tata cara mencuci muka yang benar 

Tahukah Ibu? Ternyata menurut American Academy of Dermatology Association cara mencuci muka yang benar dapat memengaruhi penampilan seseorang, lho! Simak caranya berikut yang bisa coba kamu lakukan di rumah:

1. Pilih pembersih muka yang lembut dan non-abrasif yang tidak mengandung alkohol.

2. Basahi wajah dengan air hangat, kemudian gunakan ujung jari Ibu untuk mengoleskan pembersih ke wajah. Bisa menggunakan waslap, spons wajah atau membuat busa terlebih dahulu di tangan, dan kemudian meratakannya ke seluruh wajah.

3. Usahakan untuk tidak melakukan scrub terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit. Lakukan gerakan pijat memutar di seluruh bagian muka.

4. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

5. Oleskan pelembap jika Ibu memiliki kulit yang cenderung kering atau sensitif dan mudah gatal. Hindari menggunakan pelembap di area sekitar mata.

6. Lakukan cuci muka 2 kali sehari yakni di pagi dan malam hari setelah beraktivitas.

7. Kamu juga bisa mencuci muka setelah berolahraga. Sebab, saat olahraga tubuh dan terutama wajah akan mengeluarkan banyak keringat. Terutama saat memakai topi atau helm, yang jika di diamkan dapa mengiritasi kulit. Sebaiknya cuci muka sesegera mungkin setelah berkeringat.

Elsheskin Barrier+ pH Balance Jelly Cleanser bisa jadi produk pilihan


Belakangan, sabun cuci muka yang satu ini memang sempat booming di seluruh sosial media. Karena, karena produk ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit muka kita.

Selain bisa membersihkan kulit wajah dari kotoran dan debu, produk terbaru dari Elsheskin yakni Elsheskin Barrier+ pH Balance Jelly Cleanser ini juga dapat membersihkan makeup waterproof hingga kotoran berukuran mikro pm 2.5 sekalipun.

Tekstur jelly dan busa yang lembut dari produk ini dapat membuat kulit wajah menjadi terasa kenyal setelah pemakaian. Bahkan, produk ini diklaim tidak akan membuat kulit jadi kering.

Hal ini karena Elsheskin Barrier+ pH Balance Jelly Cleanser mengandung 3 bahan yang mengandung teknologi Skinssential™ alias menggunakan bahan yang bernutrisi tinggi, dan esensial untuk kulit. Diantara 3 bahan tersebut adalah:

  • Plant Based Ingredients, seperti Chamomile untuk menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas dan Sage Leaves untuk memperbaiki kulit yang kering terkelupas, psoriasis, hingga eczema.
  • Clinical Actives, terdiri dari vitamin C untuk mencerahkan warna kulit, Panthenol untuk menghidrasi kulit secara ekstra, serta Allantoin untuk menenangkan kulit kemerahan/sensitif.
  • Double Action Skin Barrier Protection, terdiri dari Oat Kernel untuk menjaga skin barrier, serta mengandung Guaiazulene yang kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi iritasi kulit.

Nggak heran deh, kalau produk ini bisa SOLD OUT hanya dalam waktu 1 jam setelah peluncuran di ecommerce saat hari belanja online nasional (harbolnas) tanggal 11.11 kemarin! Jadi, yuk buruan coba produk ini dan rasakan beragam manfaatnya untuk kulit.