Keluarga

Wajib Tahu! 15 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Wajib Tahu! 15 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Cara mengatasi bibir kering saat puasa adalah hal yang paling banyak dicari ketika Ramadhan tiba. Masalahnya, bibir kering saat puasa cukup mengganggu terutama bila keringnya bibir mengakibatkan luka hingga berdarah atau merasa perih. Cara mengatasi bibir kering saat puasa akan lebih mudah saat waktu berbuka tiba, biasanya hanya dengan mengonsumsi air saja kelembapan bibir sudah kembali. 

Penyebab Bibir Kering Saat Puasa

Melansir dari laman Arab News, kulit pada bibir sangat rentan kering hingga pecah-pecah. Salah satu penyebab bibir kering saat puasa adalah karena area kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya. Kulit pada bibir juga 15 kali lebih tipis dibandingkan dengan kulit tubuh lainnya. 

Oleh karenanya, bibir memerlukan perawatan yang lebih extra dan spesifik. Cara mengatasi bibir kering saat puasa perlu kita ketahui karena saat itu merupakan titik terendah tingkat hidrasi kulit pada bibir. Penyebab bibir kering saat puasa juga dapat dikarenakan kurangnya asupan cairan pada tubuh terutama bila cuaca sangat terik.

Melansir dari laman Hello Sehat, penyebab bibir kering saat puasa lainnya adalah karena berkurangnya asupan makanan dan minuman selama 13 jam lebih sehingga produksi air liur juga ikut berkurang. Menurut dr. Yudha, kondisi ini juga dapat menyebabkan bibir mengalami pecah-pecah dan harus segera mengetahui cara menghindari bibir kering saat puasa. 

Selain itu, penyebab bibir kering saat puasa dapat juga dikarenakan seseorang merokok setelah jam berbuka puasa. Zat yang terkandung pada rokok umumnya dapat mengurangi jumlah air liur yang dihasilkan oleh kelenjar ludah di dalam mulut. Supaya puasa lancar dan kesehatan bibir tetap terjaga, baiknya Ibu menghindari penyebab bibir kering saat puasa ya.

Cara Menghindari Bibir Kering Saat Puasa

Cara mengatasi bibir kering saat puasa yang paling ampuh adalah dengan menjauhi penyebab bibir kering saat puasa itu sendiri. Bibir yang kering saat sedang berpuasa sebaiknya tidak diabaikan karena semakin lama akan membuat kondisi bibir seseorang menjadi tidak sehat seperti mengalami pecah-pecah hingga perih karena luka atau mengeluarkan bercak darah. Mengutip dari laman NBC News, berikut ini merupakan cara menghindari bibir kering saat puasa yang cukup jitu dan bagus bila diterapkan:

1. Cukupi Kebutuhan Cairan pada Tubuh


Air merupakan salah satu elemen penting pada tubuh manusia. Orang bisa saja kuat menahan lapar namun belum tentu mampu menahan rasa haus pada tubuh. Kekurangan cairan pada tubuh ini dapat menimbulkan bahaya terutama bila sudah terjadi dehidrasi. Tubuh tak hanya lemas melainkan lemah hingga sulit untuk bangun. Salah satu cara menghindari bibir kering saat puasa adalah dengan menjaga asupan cairan pada tubuh setelah berbuka, diantara waktu tidak berpuasa, hingga saat sahur sudah tiba. 

Cara mengatasi bibir kering saat puasa agar asupan cairan pada tubuh dapat terpenuhi adalah dengan membuat jadwal minum yang baik seperti 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas di antara tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur. Bila cara ini sudah diterapkan dengan benar, penyebab bibir kering saat puasa juga dapat diatasi dengan baik.

2. Hindari Menjilat Area Bibir


Meskipun salah satu penyebab bibir kering saat puasa adalah karena kurangnya produksi air liur, namun tetap saja menjilat area bibir sesering mungkin ketika sedang sering tidak disarankan. Melansir dari laman UGM Dermatologist, dr. Fajar Waskito, Sp.KK(k)., M.Kes. mengungkapkan sebagian besar orang akan membasahi bibir dengan menjilatnya saat sedang kering, namun hal ini sangat tidak disarankan karena akan semakin dehidrasi. 

3. Menggunakan Pelembab Bibir


Cara menghindari bibir kering saat sedang berpuasa dapat menggunakan pelembab khusus yang hypoallergenic untuk mencegah iritasi pada kulit bibir. Disarankan menggunakan pelembab bibir yang tidak memiliki rasa bila sedang berpuasa. Pelembab bibir ini akan sangat membantu memelihara kesehatan bibir Ibu baik selama berpuasa atau pada hari biasa. Memilih pelembab bibir khusus seperti memiliki kandungan hypoallergenic akan lebih baik manfaatnya untuk bibir yang kering hingga pecah-pecah.

4. Mengoleskan Madu atau Minyak Zaitun


Kedua hal ini merupakan salah satu cara mengatasi bibir kering saat puasa yang cukup ampuh. Madu dapat dioleskan ketika sudah berbuka puasa atau di antara waktu berbuka hingga waktu sahur yang akan datang. 

Madu merupakan bahan pelembab bibir yang sangat alami, selain itu madu mengandung banyak elemen penting yang bagus untuk kesehatan bibir seperti vitamin E. Madu juga sering digunakan sebagai salah satu bahan penting untuk bahan perawatan kecantikan. 

Minyak zaitun juga dianggap menjadi pelembab terbaik selain madu sejak zaman dahulu. Minyak zaitun sendiri memiliki kandungan antioksidan alami dan berbagai mineral penting yang akan bermanfaat untuk kulit tubuh Ibu. Cara mengaplikasikan madu dan minyak zaitun cukup dioleskan secara merata saja pada bibir.

5. Mencukup Asupan Buah dan Sayur


Saat bulan puasa tiba, ada banyak jajanan dan makanan takjil yang ditawarkan, namun alangkah baiknya untuk tetap menjaga asupan makan kita ya. Salah satu cara mengatasi bibir kering saat puasa adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang cukup. Buah dan sayur dinilai memiliki kandungan air yang juga cukup banyak, selain itu bahan makanan ini juga mengandung berbagai sumber vitamin dan mineral yang membantu mengatasi bibir kering hingga pecah-pecah. Segala macam buah dan sayur baik dikonsumsi untuk tubuh, salah satunya adalah jeruk, manga, pear, apel, semangka, dan masih banyak lagi.

6. Membatasi Asupan Makanan Asin dan Pedas

Garam memiliki sifat dapat menarik air sehingga makanan asin cenderung akan membuat bibir semakin kering. Sementara itu, makanan pedas justru dapat membuat tenggorokan terasa lebih kering terutama bila sedang berpuasa. Tak heran juga bila makanan pedas dapat menjadi pemicu timbulnya sariawan dan panas dalam. Jadi, cara mengatasi bibir kering saat puasa yang baik salah satunya dengan mengurangi konsumsi makanan asin hingga pedas ya.

7. Konsumsi Kafein Secukupnya Saja!

Kadang kala untuk menghindari pagi hari yang sangat ngantuk kita cenderung memilih minuman hangat dengan campuran kafein di dalamnya saat sedang bersahur. Memang tak masalah bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, namun saat Ibu terlalu sering mengonsumsi kafein, maka dikhawatirkan akan menjadi penyebab bibir kering saat puasa nantinya. 

Hal ini dikarenakan kafein memiliki sifat diuretic sehingga mudah menarik cairan. Membatasi minuman berkafein merupakan salah satu cara mengatasi bibir kering saat puasa yang sangat bermanfaat. Selain itu, minuman kafein juga dikhawatirkan akan memicu asam lambung apalagi perut sedang istirahat selama 13 jam lebih saat sedang berpuasa. Tetap berhati-hati ya!

8. Gunakan Mentimun Agar Tetap Terhidrasi


Sudah banyak yang tahu bahwa mentimun atau timun merupakan salah satu sayuran dengan kadar air yang tinggi sehingga sering juga digunakan sebagian bahan kecantikan seperti masker. Timun memiliki sifat melembabkan kulit secara alami sekaligus memberikan efek menyegarkan. 

Penggunaan timun sebagai cara mengatasi bibir kering saat puasa dapat dilakukan dengan cara dimakan begitu saja, dibuat minuman segar, ataupun dipakai sebagai masker bibir. Lakukan masker bibir dengan timun secara rutin untuk hasil yang maksimal dan menyehatkan.

9. Kurangi Penggunaan Lipstik


Wah, lipstik kan salah satu benda wajib bagi kamu hawa ya Bu? Kalau nggak pakai lipstik rasanya penampilan kurang pas. Tapi mengurangi penggunaan lipstik dapat menjadi salah satu cara mengatasi bibir kering yang cukup ampuh lho Bu. Apalagi bila kandungan lipstik yang biasa Ibu gunakan tidak punya kandungan pelembab di dalamnya. 

Untuk mengatasi hal ini, Ibu bisa menggunakan lipstik hanya saat diperlukan saja atau Ibu bisa memilih lipstik yang mengandung pelembab supaya bibir tetap sehat serta memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Bila ingin lebih aman, Ibu bisa aplikasikan lip balm terlebih dahulu sebelum menggunakan lipstik kesayangan ya!

10. Rutin Melakukan Scrub pada Bibir


Melansir dari laman Healthline, cara mengatasi bibir kering saat puasa sehingga menimbulkan efek pecah-pecah adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi dengan lembut. Hindari mengelupas kulit bibir yang pecah-pecah begitu saja karena dikhawatirkan akan bibir akan berdarah. Ibu bisa melakukan cara eksfoliasi dengan menggunakan scrub khusus bibir atau membuatnya sendiri dengan gula pasir. 

Caranya, ambil sedikit gula pasir lalu kemudian gosok (scrub) perlahan pada bagian kulit bibir hingga merata kemudian diamkan sejenak baru dibilas dengan air. Lakukan scrub pada bibir ini secara rutin untuk hasil yang menyehatkan. Beberapa orang yang telah mencobanya berhasil membuat bibir tetap lembut dan kembali berwarna pink sehat.

11. Menggunakan Lidah Buaya


Cara mengatasi bibir kering saat puasa dapat juga menggunakan lidah buaya. Seperti yang kita tahu, lidah buaya memang ampuh digunakan sebagai pelembab dan penambah nutrisi seperti pada kulit tubuh, rambut, hingga mengatasi masalah bibir kering atau pecah-pecah. 

Lidah buaya juga mengandung anti peradangan sehingga dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Ibu bisa menggunakan lendir dari tanaman lidah buaya secara langsung atau membeli gel lidah buaya yang ada di pasaran. Walaupun termasuk bahan alami, namun penggunaan lidah buaya untuk melembabkan bibir dibatasi maksimal 3 kali sehari saja.

12. Mengoleskan Minyak Kelapa


Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, cara mengatasi bibir kering saat puasa bisa juga menggunakan minyak kelapa yang rutin dioleskan pada bibir. Minyak kelapa memiliki beberapa khasiat seperti melembabkan kulit, mengurangi peradangan, hingga mampu mencegah infeksi bakteri karena permasalahan bibir pecah-pecah atau kering.

Cara penggunaan minyak kelapa pun sangat mudah, dapat langsung diaplikasikan pada bibir setiap saat. Bisa juga digunakan sebagai masker bibir bila dirasa bibir masih dalam kondisi sehat dan tidak pecah-pecah.

13. Mencukupi Asupan Gizi Seimbang


Gizi yang seimbang dapat membantu tubuh menjadi lebih fit dan bugar, ini juga dapat membantu mengurangi seringnya bibir mengalami kering hingga pecah-pecah. Asupan gizi yang cukup ini tak hanya melalui asupan air putih, buah, maupun sayur saja namun bisa juga dengan melengkapi asupan lain seperti protein, karbohidrat, mineral, dan sebagainya. 

14. Cek Kondisi Suhu di Sekitar


Kondisi bibir kering tak hanya terjadi saat Ibu sedang berpuasa saja, namun bisa juga karena kondisi suhu pada sebuah ruangan yang Ibu tempati. Misalnya, suhu yang terlalu dingin dari AC di kamar tak hanya membuat kulit Ibu kering saja, kulit pada bibir juga bisa kering seketika. Bila memungkinkan, Ibu bisa menggunakan humidifier untuk membantu melembabkan suhu pada ruangan.

15. Hindari Pemicu Alergi


Melansir dari laman Mayo Clinic, beberapa kondisi bibir kering hingga pecah-pecah dapat juga disebabkan karena alergi tertentu misalnya alergi pada kandungan lipstick yang Ibu gunakan, alergi wewangian, hingga alergi pada pewarna tertentu. Kenali lagi apa penyebab alergi yang sering menghampiri Ibu dan cek juga apa mungkin kosmetik yang Ibu gunakan tidak cocok untuk kulit Ibu ya.

Editor: Atalya