Kesehatan

5 Alat Kesehatan yang Wajib Dimiliki di Masa Pandemi Covid

5 Alat Kesehatan yang Wajib Dimiliki di Masa Pandemi Covid

Seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19, Ibu pun harus memiliki alat kesehatan untuk Covid-19. Selain rutin memeriksakan kesehatan secara berkala di layanan kesehatan, setiap keluarga juga disarankan juga disarankan memiliki alat kesehatan di rumah untuk memantau kondisi fisik.

Apalagi untuk keluarga yang memiliki anggota dengan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan masalah pernapasan.

Dengan adanya alat kesehatan di rumah, kita bisa mencegah masalah kesehatan yang tidak terdeteksi, seperti happy hypoxia yang membuat saturasi oksigen penderitanya berkurang tanpa terlihat gejala secara fisik. Selain itu, dengan adanya alat kesehatan untuk Covid-19, Ibu juga dapat melaporkan kondisi saat sedang melakukan isolasi mandiri

Apa saja alat kesehatan di rumah yang harus dimiliki? Simak 4 alat tersebut disini!

1. Pulse Oxymeter

Pulse oximeter adalah alat kesehatan untuk covid-19 yang dapat mengecek kadar saturasi oksigen dalam darah. Alat ini sangat penting dimiliki terlebih di masa pandemi Covid-19 karena dapat menakar kadar oksigen di dalam darah serta detak jantung.

Selain untuk berjaga-jaga dan pemantau di saat pandemi virus Covid-19, pulse oximeter juga merupakan alat kesehatan mandiri yang penting untuk penderita asma, gangguan pernapasan, dan penyakit paru obstruktif kronik.

Cara kerja Pulse Oximeter adalah dengan menggunakan sinar infra merah yang memindai kapiler dalam darah. Penggunaan alat ini juga sangat mudah. Tempatkan Pulse Oximeter selama beberapa detik selama beberapa detik sampai alat menunjukkan besarnya kadar oksigen di dalam darah. Alat pulse oximeter ini memiliki tingkat kesalahan 2%, artinya bisa jadi tingkat saturasi oksigen Ibu 2% lebih tinggi atau 2% lebih rendah dibanding yang tertulis pada alat.

Tingkat saturasi oksigen normal dalam darah adalah 95-100 persen. Waspadalah jika pulse oximeter menunjukkan angka di bawah 92 persen. Kondisi ini dapat menjadi tanda kekurangan oksigen di jaringan tubuh dan rentan membahayakan organ vital.

2. Termometer

Termometer adalah alat kesehatan di rumah yang wajib dimiliki meskipun sebelum pandemi Covid-19. Fungsi alat ini untuk memantau suhu tubuh apakah seseorang dalam kondisi demam atau tidak. Suhu demam ditandai dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius.

Termometer menjadi alat penting di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, demam merupakan salah satu gejala utama adanya infeksi virus Covid-19.

Tidak hanya harus dimiliki pada masa pandemi, termometer adalah alat wajib yang dibutuhkan keluarga bila ada anggota keluarga bayi, anak kecil, dan ibu hamil.

Ada dua jenis termometer rumahan yang jamak dimiliki di rumah, yaitu termometer yang menggunakan air raksa dan termometer digital. Termometer digital adalah jenis termometer yang paling laris karena lebih mudah digunakan dan praktis.

Begitu hasil pengukuran mulai menunjukkan angka tidak normal, sebisa mungkin catatlah angka tersebut dan gunakan hasil deteksi mandiri saat konsultasi ke dokter. Dengan demikian, tenaga kesehatan profesional dapat memiliki gambaran kesehatan Ibu sehingga dapat memberikan diagnosis dengan lebih tepat.

3. Glukometer

Glukometer adalah alat kesehatan di rumah yang berfungsi untuk mengecek gula darah. Dilansir dari The Prepared, alat ini penting untuk memantau naik turunnya kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes, obesitas, dan penyakit kronis.

Alat cek gula darah yang sering digunakan adalah yang berupa digital karena mudah digunakan. Ibu tinggal mengambil sampel darah dari jari, lalu sampel darah ditempatkan di strip tes untuk kemudian strip tes dimasukkan ke glukometer.

Perhatikan masa kadaluarsa strip tes glukometer, biasanya satu sampai dua tahun. Jangan sampai menggunakan strip tes glukometer yang sudah kadaluarsa karena akan menghasilkan pengukuran yang kacau dan tidak akurat. Cek berkala masa kadaluarsa strip tes glukometer dan pastikan semua strip berada dalam masa pakai. Segera buang strip tes yang sudah kadaluarsa.

4. Tensimeter

Dilansir dari Healthcare insights, tensimeter adalah alat untuk mengukur tekanan darah untuk mengetahui angka tensi. Alat ini termasuk alat kesehatan penting yang harus dimiliki di rumah terutama jika ada anggota keluarga penderita hipertensi, tekanan darah rendah, penyakit jantung, dan stroke.

Dengan alat ini, Ibu dapat memantau apakah obat yang diminum sudah tepat dan menjadi bekal pelacakan status kesehatan. Sebagai contoh, Ibu hamil yang mengalami risiko preeklamsia, wajib mengukur tekanan darahnya secara berkala. Jika tekanan darah terdeteksi lebih tinggi dari seharusnya, Ibu hamil dapat langsung mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi sehingga terhindar dari risiko-risiko preeklamsia.

Ada dua jenis tensimeter yang beredar di pasaran,  jenis manual yang menggunakan air raksa dan gelembung udara serta digital yang relatif praktis digunakan.

5. Tabung oksigen

Seiring dengan tingginya kasus Covid-19, maka semakin tinggi pula kebutuhan tabung oksigen. Tidak hanya kebutuhan rumahan, banyak rumah sakit yang kekurangan stok tabung oksigen pula.

Tabung oksigen juga dipandang sebagai alat kesehatan untuk Covid-19 yang wajib disediakan di rumah, terutama untuk penderita yang melakukan isolasi mandiri untuk mengantisipasi apabila saturasi oksigen berkurang dan belum mendapatkan rumah sakit yang masih menerima pasien rawat Covid-19.

Namun, jangan lupa untuk konsultasikan dahulu ke tenaga kesehatan sebelum menggunakan tabung oksigen.

Itulah 5 alat kesehatan di rumah yang disarankan untuk dimiliki di masa pandemi Covid-19 ini.

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih