Kesehatan

7 Fakta Mengejutkan Tentang Waktu Terbaik Olahraga

7 Fakta Mengejutkan Tentang Waktu Terbaik Olahraga

Waktu terbaik olahraga mungkin sangat variatif bagi banyak orang. Beberapa orang lebih mudah untuk berolahraga di pagi hari, namun ada juga pada pagi hari sudah dihadapkan pada rutinitas tertentu yang tidak memungkinkan untuk berolahraga. 

Tapi kabarnya, sejumlah peneliti telah mendalami tentang waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan dan ragam manfaat lainnya, lho! Karena waktu dan rutinitas harian setiap orang berbeda, maka terkadang waktu terbaik olahraga adalah kapanpun kita punya waktu senggang. 

Padahal, menyempatkan diri untuk melakukan gerakan fisik seperti olahraga sangat penting terutama bagi mereka yang punya segudang aktivitas. Melansir dari laman WebMD, ada sebuah studi baru yang dilakukan oleh Skidmore College yang meneliti tentang hasil berbeda pada waktu olahraga yang juga berbeda. 

Wanita yang memilih olahraga pada pagi hari ternyata telah memilih waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan karena pada pagi hari adalah waktu yang tepat untuk kehilangan lebih banyak lemak. Tapi ternyata, mereka yang memilih sore hingga malam hari untuk berolahraga juga punya banyak keuntungan.

Beberapa di antaranya adalah tubuh mendapatkan banyak asupan energi atau kekuatan terutama tubuh bagian atas. Sementara itu, bagi laki-laki tidak punya pengaruh signifikan apapun tentang kapan waktu terbaik olahraga, katanya tekanan darah akan mengalami penurunan atau stabil bila olahraga dilakukan pada malam hari.

Fakta penelitian tentang waktu terbaik olahraga


Penelitian yang dilakukan oleh Skidmore College tak berhenti sampai itu saja. Tujuan awal diadakannya penelitian ini adalah untuk menguji program kebugaran yang unik dengan mengambil sampel sekelompok orang dewasa yang sehat, berbadan bugar, dan sangat aktif di usia yang sudah paruh baya.

Penelitian ini mencakup empat jenis olahraga dalam seminggu dan setiap olahraga yang dijalani memiliki konsentrasi yang berbeda, seperti: menilai kekuatan, daya tahan kecepatan tetap, interval intensitas tinggi, dan fleksibilitas (peregangan tradisional yang dikombinasikan dengan yoga serta pilates). 

Dari beberapa uji coba ini, para peneliti kemudian mendapatkan hasil yang berbeda untuk menentukan waktu terbaik olahraga. Berikut beberapa fakta dari hasil temuan penelitian tentang kapan waktu terbaik olahraga:

1. Kapanpun olahraganya pasti akan mendapatkan tubuh yang ideal

Masih melansir laman WebMD, para peserta yang mengikuti program ini belum mengetahui waktu terbaik olahraga. Namun fakta dilapangan mengungkapkan hasil yang mengejutkan tentang waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan, mereka yang mengikuti program ini rata-rata menjadi lebih ramping dan lebih kuat (lebih berenergi).

2. Penurunan berat badan pada wanita saat olahraga pagi


Melalui penelitian ini, ternyata ditemukan waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan bagi wanita. Mereka yang berolahraga rutin setiap pagi cenderung mendapatkan pengurangan lemak tubuh dan persentase lemak tubuh yang jauh lebih besar daripada kelompok wanita yang berolahraga pada malam hari.

3. Mendapat asupan energi dan kekuatan lebih saat olahraga malam

Pada penelitian ini juga mengungkapkan bahwa wanita yang mengambil sesi olahraga malam cenderung mendapatkan manfaat lain yang tak kalah memukau. Mereka mendapatkan sejumlah peningkatan yang jauh lebih besar pada kekuatan tubuh bagian atas, energi yang bertambah, dan daya otot juga semakin meningkat dibandingkan dengan mereka yang memilih olahraga pagi.

4. Pada pria juga punya manfaat terbaik

Kabarnya, laki-laki cenderung bebas memilih waktu terbaik olahraga karena setiap waktu akan mendatangkan hasil yang signifikan. Uniknya, jika laki-laki memilih waktu terbaik olahraga pada malam hari, maka dapat meningkatkan tekanan darah, kadar kolesterol stabil.

Bahkan persentase lemak yang dibakar pada malam hari cenderung lebih besar dan dapat menghasilkan energi yang lebih banyak. Akan tetapi rasa lelah yang didapat juga lebih besar jika dibandingkan dengan olahraga pagi.

5. Metabolisme tubuh meningkat pada pagi hari


Melansir dari laman Healthline, mereka yang memanfaatkan waktu terbaik olahraga pada pagi hari cenderung memiliki energi yang lebih banyak untuk melakukan beragam aktivitas seharian penuh. Tak hanya itu saja, olahraga pagi dapat meningkatkan metabolisme.

Sehingga tubuh dapat terus melakukan proses pembakaran kalori sepanjang hari dibandingkan dengan olahraga malam karena setelah itu digunakan untuk tidur.

6. Waktu terbaik olahraga saat pagi hari

Studi menunjukkan bahwa berolaharaga pada malam hari kemungkinan bisa mengganggu waktu tidur karena saat olahraga maka detak jantung akan meningkat, begitu juga suhu tubuh manusia. Studi juga menunjukkan, pada pagi hari sekitar pukul 07.00 adalah waktu terbaik olahraga dibandingkan dengan sore atau malam hari karena dapat menciptakan waktu tidur malam yang lebih berkualitas.

7. Setiap waktu olahraga adalah berharga

Melansir dari laman Time, setiap waktu olahraga yang dipilih pasti berharga dan membuahkan hasil. Olahraga di pagi hari sangat ideal untuk membakar lemak dan merupakan waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan. Sementara itu, jika Ibu ingin punya stamina yang prima dan ingin meningkatkan performa tubuh, maka olahraga sore adalah pilihan waktu terbaik olahraga.

Pilih olahraga yang tepat di waktu yang tepat


Kesimpulannya, semua penelitian membenarkan bahwa olahraga dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat. Para peneliti juga setuju tentang waktu terbaik olahraga dapat dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan setiap individu.

Sementara itu, waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan agar mencapai berat badan ideal yang sehat adalah pagi hari. Tentunya ini harus disertai dengan pola makan yang sehat juga ya Bu!

Nah, kalau kamu sudah menerapkan waktu olahraga di pagi hari ada baiknya selalu dilakukan secara rutin, ya! Supaya tetap bisa mendapatkan banyak manfaat buat kesehatan fisik dan juga mental.

Editor: Aprilia