Kesehatan

7 Obat Demam Anak Alami, Usir Demam dan Bikin Anak Nyaman

7 Obat Demam Anak Alami, Usir Demam dan Bikin Anak Nyaman

Di tengah banyaknya obat sirup yang berbahaya, nggak ada salahnya untuk mencoba memilih obat demam anak alami sebagai solusi. Bahkan sebenarnya demam pada anak tidak perlu buru-buru diberi obat demam. Pemberian obat penurun panas disarankan bila telah mencapai suhu tertentu.

Tapi nyatanya, nggak semua orang tua bisa tahan untuk tidak memberikan obat pada anaknya ketika demam. Belakangan ini, obat demam alami mulai sering dilirik dan banyak dijumpai resepnya di beberapa platform media sosial.

Rasanya, ingin sekali mencoba resep tersebut deh! Namun sebelum mencobanya, nggak ada salahnya untuk mencoba alternatif obat demam anak alami yang bisa kamu lakukan di rumah seperti dalam ulasan berikut. 

Demam pada anak


Dilansir dari Healthy Children, demam sebenarnya tidak memerlukan obat kecuali anak merasa tidak nyaman dengan demamnya atau anak memiliki riwayat kejang demam. Apalagi jika selama mengalami demam anak masih aktif, ceria dan makan dengan baik.

Demam sendiri merupakan respon tubuh terhadap adanya infeksi virus atau bakteri. Tubuh menaikkan suhunya sebagai bentuk pertahanan terhadap serangan infeksi.

Suhu normal tubuh adalah 37°C. Anak disebut demam jika suhunya mencapai 37,5°C, dan baru disarankan untuk diberi obat jika suhu mencapai 38°C. Jika suhu masih di bawah ini, tahan dulu untuk memberinya obat, ya, Bu!

Obat demam anak alami

Menurunkan panas tanpa obat masih bisa diupayakan, nih, Bu. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh sebagai obat demam anak alami untuk menurunkan suhu tubuh anak.

1. Kompres air suhu ruang


dr. Cahyani Gita Ambarsari, Sp.A(K), dokter spesialis anak konsultan menyebutkan bahwa mengompres anak merupakan salah satu cara menurunkan demam tanpa obat. Sebaiknya kompres menggunakan air suhu ruang atau air yang baru dari kran. Tidak masalah bila tidak menggunakan air dingin atau hangat.

Kompres anak di area lipatan tubuh karena pembuluh darah di area tersebut lebih besar, sehingga memungkinkan panas cepat mereda. Area-area tersebut adalah leher, ketiak dan selangkangan.

2. Beri asupan cairan lebih banyak


Selain nutrisi dari makanan yang perlu diberikan, pastikan juga anak cukup terhidrasi. Cairan akan membantu tubuh mengurai panas di dalam dan memungkinkan demam cepat turun.

Bentuk pemberian cairan sebagai obat demam anak alami tidak selalu air putih saja, lho! Bisa juga diberikan berupa jus buah, cairan elektrolit alami, serta makanan berkuah. 

Pilihan minuman ini bisa air jahe hangat, air kelapa muda, air madu dan lemon hangat, air kunyit dan madu, kuah sayur sop, buah-buahan berair banyak yang tidak asam, serta sayuran seperti labu siam. Selain menurunkan demam, cukup hidrasi akan mencegah anak kehilangan lebih banyak cairan tubuh akibat demam yang justru akan memperburuk kondisi anak.

3. Atur suhu ruangan


Obat demam anak alami berikutnya adalah pengaturan suhu ruangan yang tepat. Sebaiknya gunakan kipas angin dan jaga suhu ruangan sejuk, bukan dingin. Bila diukur sekitar 25-26°C.

Bila suhu udara terlalu dingin, panas yang terperangkap dalam tubuh justru enggan keluar. Suhu ruang akan membantu panas lebih cepat turun.

4. Pakai pakaian longgar


Siapa yang masih suka memakaikan anak piyama panjang saat demam? Yuk, segera ubah kebiasaan ini. Karena ternyata saat anak demam sebenarnya lebih baik untuk memakaikan pakaian yang longgar dan lebih nyaman.

Ini akan membantu panas terurai dari tubuh anak dan demam cepat membaik. Pakaian serba panjang dan tebal justru akan menjadi perangkap panas tubuh.

5. Gendong dan peluk


Obat demam anak alami bisa dengan menggendong dan peluk? Cara ini bukan tanpa alasan, lho. Menggendong dan memeluk anak selain memberikan rasa nyaman untuk anak juga baik untuk mengurai panas tubuh anak.

Permukaan tubuh orang dewasa lebih luas daripada anak-anak. Sehingga saat dipeluk, panas dari tubuh anak akan berpindah ke tubuh orang dewasa dan terurai ke permukaan lebih luas.

Tidak perlu khawatir orang dewasa yang memeluk akan sakit juga. Karena dengan luas permukaan yang lebih luas ini membuat panas akan menyebar dan menjadi suhu normal. Pastikan anak dan orang dewasa bertelanjang dada saat melakukan ini, ya.

6. Berendam di air hangat


Anak-anak pasti suka main air. Dalam keadaan sakit pun mereka tetap butuh hiburan, ya. Pilihan untuk berendam air hangat cocok digunakan sebagai obat demam anak alami.

Air hangat bantu menjemput panas dalam tubuh untuk segera keluar. Kalau anak sedang merasa tidak nyaman, Ibu bisa memberi pilihan dengan membasuh tubuh anak menggunakan washlap atau spons mandi lembut. Pastikan juga area leher, ketiak dan selangkangan terkena air hangatnya ya, Bu.

7. Olesan minyak bawang


Eits, minyak bawang yang satu ini berbeda dengan minyak bawang untuk mie ayam, ya! Minyak bawang yang dimaksud adalah minyak kelapa dan irisan bawang merah sebagai obat demam anak alami.

Iris halus bawang merah lalu campurkan minyak kelapa atau minyak zaitun dan aduk merata. Diamkan dahulu 30 menit-1 jam untuk membiarkan kandungan bawang merah meresap ke minyak.

Oleskan minyak bawang ini pada punggung, dada, dan kaki anak sambil dipijat lembut agar anak merasa nyaman. Bahkan cara ini juga ampuh untuk meredakan kembung dan mengatasi flu ringan, lho.

Ibu bisa juga mengoleskannya ke telapak kaki, lalu tutup dengan kaos kaki semalaman. Hari berikutnya anak akan merasa jauh lebih baik dan demam juga turun.

Cara-cara ini bisa Ibu pilih untuk menyembuhkan demam anak secara alami. Baik untuk meredakan demam ringan sebelum memberi anak berbagai macam obat. Tapi bila dengan cara-cara ini anak masih merasa tidak nyaman, Ibu bisa mempertimbangkan pemberian obat yang sudah dinyatakan aman oleh BPOM.

Tanda demam berbahaya

Dilansir dari Healthline, demam tinggi tentu berbahaya untuk anak. Apalagi jika obat demam anak alami sudah dicoba berikan tapi demam masih belum turun juga.

Sebaiknya segera bawa anak ke dokter, jika:

  • Suhu rektal (anus) anak 38°C atau lebih di usia 0-3 bulan;
  • Suhu rektal 39°C di usia 3-6 bu;an dan anak merasa selalu mengantuk;
  • Suhu rektal 39°C atau lebih, bertahan satu hari lebih dan muncul gejala lain seperti ruam, muntah, batuk atau diare, saat usia anak 6-24 bulan.
  • Suhu mencapai 39°C atau lebih, demam bertahan atau naik turun selama 3 hari, demam tidak membaik dengan pengobatan di rumah atau pemberian paracetamol, anak tampak lemas, terjadi dehidrasi dan sulit mengasup makanan atau minuman apapun, di usia lebih dari 2 tahun.

Meski bisa diatasi sementara, demam juga patut diwaspadai saat mencapai suhu tertentu, ya Bu. Apalagi jika disertai gejala lainnya yang membahayakan anak. Pemeriksaan lebih lengkap akan dilakukan dan anak mendapat penangan yang lebih optimal.

Editor: Aprilia