Kesehatan

8 Jenis Makanan untuk GERD yang Nyaman di Lambung

8 Jenis Makanan untuk GERD yang Nyaman di Lambung

Menderita penyakit asam lambung membuat seseorang perlu memerhatikan makanan untuk GERD. Makanan untuk penderita asam lambung memang sebaiknya diseleksi dengan tepat agar nyaman dikonsumsi dan tidak membuat begah, mual, atau menimbulkan rasa terbakar di dada. Ini bukan berarti penderita GERD tidak boleh makan banyak hal, hanya saja dengan adanya pantangan asam lambung membuat makanan untuk GERD memiliki syarat tersendiri.

Apa itu GERD


GERD merupakan singkatan untuk Gastroesophageal Reflux Disease, yaitu penyakit asam lambung kronis yang disebabkan karena kebocoran pada katup di antara lambung dan kerongkongan. Katup ini berfungsi agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan ketika makanan sedang dicerna. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Makanan-makanan itulah yang sebaiknya dihindari untuk mencegah kebocoran katup lebih parah.

Makanan untuk GERD

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, ada 3 kategori makanan untuk GERD yang bisa kamu konsumsi, yaitu:

1. Makanan Tinggi Serat


Makanan tinggi serat merupakan makanan untuk asam lambung yang baik dikonsumsi. Karena seratnya yang tinggi membuat kamu kenyang lebih lama dan terhindar dari makan berlebihan. Makan berlebihan juga dapat menyebabkan GERD kambuh. Selain itu, dengan makanan tinggi serat, refluks asam akan bisa berkurang. Makanan yang tinggi serat bermacam-macam variasinya, lho. Ini dia:

  • Oatmeal

Sebagai menu sarapan sehat, oatmeal mengandung serat yang tinggi dan salah satu makanan untuk GERD yang direkomendasikan. Oatmeal juga baik untuk jantung.

  • Beras merah atau cokelat

Beras merah dan cokelat masuk dalam jajaran makanan untuk GERD karena lebih rendah gula dan tinggi serat. Makanan tinggi gula hanya akan memperburuk GERD. Inilah mengapa mengonsumsi nasi dari beras yang rendah gula akan membantu mengurangi gejalan asam lambung.

  • Umbi dan Sayuran dari Akar

Kentang, ubi, singkong, serta wortel dan bit direkomendasikan untuk penderita GERD. Makanan ini mengandung serat dan karbohidrat yang mendukung pemenuhan nutrisi.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung serat yang tinggi. Mudah dicerna oleh orang dewasa dan tidak menyebabkan pengumpulan gas di perut. Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi seperti bayam, daun singkong, brokoli, sawi, selada, paprika hijau, kembang kol, kacang hijau dan mentimun.

2. Makanan Mengandung Alkaline


Makanan tinggi alkaline dianjurkan sebagai makanan untuk asam lambung karena bersifat basa. Makanan dengan tingkat keasaman rendah akan baik untuk penderita GERD. Perut nyaman dan kamu pun bisa makan dengan tenang. Makanan dengan kadar alkaline tinggi contohnya adalah pisang, kacang-kacangan, bunga kol, dan adas.

Tanaman adas atau yang dikenal juga dengan istilah fennel, merupakan tanaman yang daun dan bijinya memiliki efek menenangkan secara alami. Selain itu, adas juga nyaman di lambung karena keasamannya yang rendah.

Makanan berikutnya yang bersifat alkaline adalah campuran madu dan perasan lemon. Meski lemon bersifat asam dan sebaiknya tidak dikonsumsi, tapi satu sendok perasan lemon dicampur dalam segelas madu dapat menjadi minuman alkaline yang baik untuk penderita GERD. Penambahan garam Himalaya dianjurkan dalam minuman ini.

3. Makanan Yang Mengandung Banyak Air

Makanan yang banyak mengandung air akan menekan asam lambung, sehingga baik sebagai makanan untuk GERD. Contohnya seperti semangka, melon, mentimun dan sup tulang. Untuk sup tulang hindari yang berlemak, ya.

Selain 3 kategori di atas, laman Healthline menambahkan beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi sebagai makanan untuk GERD, seperti:

1. Daging tanpa lemak dan seafood

Daging tanpa lemak seperti dada ayam, daging merah tanpa lemak, ikan dan beberapa jenis seafood bisa dikonsumsi oleh penderita GERD. Hanya saja, hindari cara memasak dengan menggoreng ya. Lemak dari minyak akan memperburuk keadaan penderita GERD. Olah dengan cara panggang, rebus atau kukus.

2. Putih telur

Putih telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun, sebaiknya hindari konsumsi bagian kuningnya ya. Karen terlalu tinggi lemak dan akan membuat GERD kambuh.

3. Makanan yang mengandung lemak baik


Termasuk diantaranya adalah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak wijen murni dan minyak bunga matahari. Lemak-lemak ini tidak jenuh. Kamu bisa mengganti minyak yang kamu gunakan dengan minyak-minyak tersebut.

4. Jahe

Rimpang kaya manfaat ini memiliki sensasi hangat di perut saat dikonsumsi. Jahe juga baik sebagai makanan untuk GERD karen bersifat anti radang dan dipilih sebagai pengobatan alami untuk berbagai masalah pencernaan.

5. Susu Rendah Lemak

Susu dengan kadar lemak tinggi akan memperparah kondisi penderita GERD. Sedangkan susu rendah lemak baik sebagai makanan untuk GERD.

Tips Makan Sehat Bagi Penderita GERD


  • Pilih makanan yang bebas lemak;
  • Jauhi gorengan dan makanan tinggi tepung;
  • Hindari makanan yang tinggi gula dan cokelat;
  • Hndari makanan asam, bersantan dan pedas;
  • Jauhi kopi, teh dan soda;
  • Perhatikan setiap makanan yang dipilih dan waktu makan. Jika terlambat makan membuatmu semakin tidak nyaman, maka rutinlah makan sebelum lapar;
  • Buatlah jadwal makan yang memungkinkan kamu untuk makan sedikit tapi sering. Saat lambung terlalu penuh, akan sulit mengontrol terbukanya katup lambung;
  • Ganti minyak dan susu dengan yang lebih ramah untuk penderita GERD. Pilih minyak zaitun atau minyak bunga matahari serta pilih susu dan yoghurt bebas lemak; dan
  • Bila diperlukan dan atas saran dokter, konsumsilah obat tertentu untuk mengatasi masalah GERD.

GERD mungkin tidak mudah disembuhkan dalam waktu singkat, tetapi mengonsumsi makanan untuk GERD yang tepat dapat membantu meringankan gejala bahkan membuatmu lebih nyaman.

Editor: Dwi Ratih