Kesehatan

8 Rekomendasi Obat Pilek yang Aman Untuk Bayi dan Anak-Anak

8 Rekomendasi Obat Pilek yang Aman Untuk Bayi dan Anak-Anak

Di tengah situasi pasca pandemi Covid-19 serta perubahan musim, bayi dan anak-anak rentan terserang pilek. Kondisi ini disebabkan sistem kekebalan tubuh belum terbentuk secara maksimal pada bayi dan anak-anak. 

Tentu saja, pilek bisa membuat mereka merasakan hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, dan tenggorokan sakit. Jika dibiarkan begitu saja, tidak hanya menyebabkan bayi dan anak-anak sulit tidur tapi juga kehilangan nafsu makannya.

Beberapa rekomendasi obat pilek untuk bayi dan anak-anak berikut ini bisa Ibu berikan. Kira-kira apa saja rekomendasi obat pilek yang aman untuk si kecil? Berikut daftar selengkapnya.

Bodrexin Pilek Alergi PE


Rekomendasi obat pilek untuk bayi yang pertama, yaitu Bodrexin Pilek Alergi PE. Obat pilek ini bisa dengan mudah Ibu temukan di apotek maupun situs belanja online. Tersedia dalam bentuk sirup dengan rasa jeruk, obat pilek untuk bayi ini efektif meredakan pilek alergi dan bersin-bersin pada bayi. 

Dari label kemasan dapat diketahui bahwa Bodrexin Pilek Alergi PE mengandung phenylephrine yang aman bagi bayi dan bekerja aktif sebagai dekongestan untuk membantu melegakan hidung tersumbat. Untuk kisaran harganya sendiri adalah Rp10.500.

OBH Combi Batuk Plus Flu Anak


OBH Combi Batuk Plus Flu Anak memiliki kandungan paracetamol dan chlorpheniramine maleate yang dapat melegakan hidung si kecil. Rekomendasi obat pilek ini bisa diberikan untuk si kecil yang berusia 2 sampai 12 tahun. Menariknya, obat pilek untuk anak yang satu ini tersedia dalam bentuk sirup dengan empat pilihan rasa. Mulai dari madu, stroberi, jeruk, dan apel yang pastinya disukai oleh anak-anak. Untuk kisaran harganya sendiri adalah sekitar Rp18.000.

Hufagrip Pilek Anak


Rekomendasi obat pilek untuk anak selanjutnya adalah Hufagrip Pilek Anak. Obat yang satu ini mengandung zat aktif Pseudoephedrine dan Chlorpheniramine Malea yang digunakan untuk meringankan bersin-bersin dan hidung tersumbat karena pilek. 

Selain itu, ada juga kandungan berupa parasetamol dan glycerol yang dapat mengurangi sakit kepala yang timbul akibat hidung tersumbat. Hufagrip Pilek Anak bisa diberikan pada anak usia 2 sampai 12 tahun sebanyak 3 kali sehari, sesuai dengan dosis takaran yang tercantum pada label kemasan. Kisaran harga obat ini adalah sekitar Rp22.000.

Panadol Anak-anak Paracetamol


Persis seperti namanya, rekomendasi obat pilek untuk anak usia 0 sampai 1 tahun ini mengandung Paracetamol 100 mg/ml. Kandungan zat ini mampu meredakan gejala yang biasanya dialami oleh penderita pilek, seperti demam, sakit kepala, serta badan nyeri atau pegal-pegal. 

Dikemas dalam bentuk sirup drops, Panadol Anak-anak Paracetamol memiliki rasa ceri vanila yang pasti disukai si kecil. Ibu bisa membeli obat ini di apotek atau situs belanja online. Produk ini dibanderol dengan harga Rp22.000.

Bisolvon Kids


Bisolvon Kids merupakan salah satu merek obat pilek untuk anak yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Obat yang satu ini memiliki kandungan zat aktif bromhexine yang digolongkan sebagai agen mukolitik yang berfungsi untuk mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernafasan. Sirup obat batuk untuk anak ini tersedia dalam rasa stroberi yang aman diberikan untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas. Produk ini kisaran harganya adalah Rp45.000.

Neo Triaminic Drops


Neo Triaminic Drops adalah rekomendasi obat pilek untuk bayi yang bisa Ibu temukan dengan mudah di apotek maupun situs belanja online. Obat yang satu ini ampuh meringankan gejala flu seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disebabkan oleh alergi pada saluran pernapasan atas. 

Hal ini dikarenakan terdapat kandungan zat aktif Pseudoephedrin HCl yang bekerja sebagai nasal dekongestan, stimulant, dan wakefulness promoting agent. Senyawa ini bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah sehingga efektif mengurangi pembengkakan dan penyumbatan di saluran pernafasan si kecil. Untuk kisaran harganya adalah sekitar Rp69.000.

Actifed Plus Expectorant


Actifed Plus Expectorant menjadi obat pilek yang aman diberikan mulai dari anak-anak usia 6 tahun sampai orang dewasa. Mengandung Triprolidine HCl, Pseudoephedrine HCl, dan Guaiphenesin, obat ini bisa digunakan untuk meringankan pilek dan batuk berdahak. Triprolidine bekerja sebagai antagonis reseptor histamin H1 dan mampu menekan sistem saraf pusat, sehingga bisa menyebabkan kantuk. Kisaran harga produk ini adalah sekitar Rp76.000.

Nipe Pediatric Drops


Satu lagi rekomendasi obat pilek untuk bayi, yaitu Nipe Pediatric Drops. Obat pilek untuk bayi ini mengandung Paracetamol, Acetaminophen, Phenylephrine HCI, dan Isothipendyl yang berfungsi meredakan pilek pada si kecil. Berbeda dari beberapa obat pilek untuk bayi lainnya, pembelian Nipe Pediatric Drops umumnya memerlukan resep dokter karena dosis penggunaannya harus disesuaikan dengan berat badan bayi. Kisaran harga produk ini memang lebih mahal dari produk lainnya yakni sekitar Rp130.000.

Kira-kira mana rekomendasi obat pilek untuk bayi dan anak-anak yang akan jadi pilihan Ibu? Pastikan untuk segera memeriksakan kondisi si kecil ke dokter jika dalam waktu 3 hari pilek tidak segera sembuh. Jangan sekali-sekali mencoba untuk memberikan diagnosis pribadi atas kondisi si kecil, terlebih jika Ibu tidak memiliki kapasitas keilmuan dalam bidang kesehatan.

Jangan lupa, selalu lindungi kesehatan si kecil dengan memberikan asupan makanan bergizi yang kaya akan vitamin dan serat. Dengan begitu, si kecil akan memiliki tubuh yang fit dan terjaga dari penularan virus penyakit. Sehat selalu ya, Ibu dan keluarga!

Editor: Aprilia