Kesehatan

9 Merk Obat Batuk Pilek Anak Yang Bagus Dan Ampuh

9 Merk Obat Batuk Pilek Anak Yang Bagus Dan Ampuh

Di cuaca yang tidak menentu seperti akhir-akhir ini, tak ada salahnya Ibu sedia merk obat batuk pilek anak yang bagus di rumah bila sewaktu-waktu anak menunjukkan gejala batuk pilek. Batuk disertai pilek sangat tidak nyaman dirasakan anak. 

Selain bikin hidung tersumbat, tenggorokan yang gatal membuat anak lebih rewel. Meski bila dilansir dari Mayo Clinic, kebanyakan kasus batuk pilek pada anak tidak memerlukan pengobatan khusus karena akan membaik dalam beberapa hari.

Pemberian obat batuk pilek bertujuan untuk menyamankan anak selama bergejala. Tak jarang anak merasa terganggu dengan gejala-gejala batuk pilek, apalagi bila disertai demam.

Rekomendasi merk obat batuk pilek anak yang bagus

Ada baiknya penggunaan obat batuk pilek yang dijual bebas tetaplah mengikuti saran dokter anak. Karena mengutip dari Very Well Family, obat batuk pilek yang dijual di apotek sebaiknya dihindari bila usia anak di bawah 6 tahun, kecuali atas saran tenaga kesehatan.

Berikut beberapa pilihan-pilihan merk obat batuk pilek anak yang bagus untuk penanganan sementara. Pastikan untuk berkonsultasi secara online dengan dokter terlebih dahulu bila tidak memungkinkan untuk bertemu. Segera bawa ke dokter bila batuk pilek anak tidak membaik dalam 2-3 hari ya, Bu!

1. Anakonidin OBH

Biasanya gejalan batuk pilek diikuti dengan demam. Anakonidin OBH merupakan salah satu merk obat batuk pilek anak yang bagus dan bisa Ibu pilih untuk meredakan gejala batuk pilek yang disertai demam. Obat ini berbentuk sirup dengan rasa strawberry dan disarankan untuk diberikan setelah anak makan.

Anakonidin OBH mengandung paracetamol, succus liquiritae, chlorpheniramine maleate, pseudoephedrine, dan ammonium chloride untuk meredakan hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala dan demam. Obat ini dibandrol dengan harga Rp 7.000 – Rp 15.000 untuk kemasan 30 ml dan 60 ml.

Untuk aturan minum obat ini adalah:

  • Usia 2-5 tahun: 3x1 sendok takar atau sekitar 5 ml sehari
  • Usia 6-12 tahun: 3x2 sendok takar atau sekitar 10ml sehari

2. Termorex Plus

Merk obat batuk pilek anak yang bagus berikutnya adalah Termorex Plus. Dengan rasa jeruk yang disukai anak, merk obat batuk ini membantu meredakan gejala flu seperti batuk, hidung tersumbat, demam, sakit kepala dan bersin-bersin. Dosis pemberiannya adalah:

  • Usia 2-5 tahun: 3x1 sendok takar sehari
  • Usia 6-12 tahun: 3x2 sendok takar 10ml sehari

Obat ini dijual dengan harga berkisar pada Rp 17.000 – Rp 20.000 dan digolongkan dalam golongan obat bebas terbatas. Cek kembali efek samping setiap membeli obat merk apapun ya.

3. OBH Combi Anak 

Merk ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kebanyak orang. OBH Combi anak hadir dalam rasa jeruk, apel, madu, dan strawberry yang enak dan termasuk dalam merk obat batuk pilek anak yang bagus dan direkomendasikan.

Kandungan paracetamol, ammonium chloride, chlorpheniramine maleate, pseudoephedrine, dan succus liquiritae-nya membantu meredakan gejala batuk pilek disertai demam. Obat ini disarankan diberikan pada anak usia 2-5 tahun sebanyak 3x1 sehari masing-masing 5ml.

Biasanya setelah minum obat ini, anak akan mengantuk dan bisa beristirahat maksimal. Berikan cukup air putih juga untuk mendukung percepatan penyembuhan. Harga obat batuk pilek anak ini mulai Rp 17.000 saja.

4. Hufagripp Sirup

Merk obat batuk pilek anak yang bagus selanjutnya adalah Hufagripp. Obat produksi PT. Gratia Husada ini memiliki dua varian sirup untuk batuk pilek. Pertama yaitu Hufagripp kuning untuk batuk berdahak, pilek dan disertai demam. 

Dilengkapi paracetamol untuk meredakan demam dan bahan lainnya untuk meredakan gejala flu. Dosis pemberiannya adalah 3 kali sehari 5 ml untuk usia 2-6 tahun dan 3 kali sehari 10 ml untuk 6-12 tahun.

Kedua yaitu Hufagripp hijau untuk batuk tidak berdahak dan pilek. Mengandung dextromethorphan HBr, pseudoepherine HCl, dan Chlorphenamine maleate untuk mengatasi gejala batuk dan pilek tanpa demam. 

Dosis pemberiannya adalah 3 kali sehari 2.5ml untuk 2-6 tahun, 3 kali sehari 5 ml untuk 6-12 tahun, dan 3 kali sehari 10 ml untuk di atas 12 tahun. Harga obat batuk pilek merk ini berkisar dari Rp 18.000- Rp 25.000.

5. Actifed Plus Expectorant

Berikutnya ada merk obat batuk pilek anak yang bagus dari Actifed. Selain bahan-bahan serupa dengan obat batuk pilek merk lainnya yang mampu meredakan gejala flu dan batuk, Actifed juga memiliki kandungan antihistamin yang bekerja untuk mengatasi batuk dan pilek alergi.

Dosis yang dianjurkan dalam mengonsumsi obat ini adalah:

  • 3 x sehari 2.5 ml untuk usia 6-12 tahun
  • 3 x sehari 5 ml untuk >12 tahun

6. Pim-tra-kol

Seperti halnya merk obat batuk pilek anak yang bagus lainnya, Pimtrakol juga cukup banyak peminatnya. Obat produksi PIM Pharmaceuticals ini memiliki kandungan paracetamol yang sedikit lebih tinggi dibandingkan obat lainnya. Ini membantu menurunkan demam lebih efektif jika obat merk lainnya tidak bisa segera menurunkan demam anak,

Pim-tra-kol hadir dalam varian sirup rasa cherry dan lemon, Neo Pim-tra-kol dalam rasa melon, dan Pim-tra-kol Kids rasa strawberry untuk demam dan batuk tanpa pilek. Secara umum dosis pemberian obat ini adalah sebagai berikut:

  • Usia 6 bulan-1 tahun: 3-4 kali sehari 2.5 ml
  • Usia 1-6 tahun: 3-4 kali sehari 5 ml
  • Usia 6-12 tahun: 3-4 kali sehari 10 ml
  • Dewasa: 3-4 kali sehari 15 ml

Harga merk obat batuk pilek yang bagus ini juga cukup terjangkau, yaitu antara Rp 11.000 – Rp 16.000

7. Bodrexin Flu & Batuk PE

Merk obat yang satu ini juga tidak asing ya untuk Ibu-Ibu. Bodrexin flu dan batuk PE mampu meredakan gejala flu dan batuk berdahak. Dilengkapi dengan dekongestan yang membantu melegakan hidung tersumbat dan paracetamol untuk menurunkan deman dan meredakan nyeri.

Untuk aturan konsumsinya adalah 2-5 tahun berdasarkan saran dokter, dan usia 6-12 tahun 3 kali sehari 10 ml. Harga obat ini juga murah, lho, yaitu berkisar Rp 10.000 – Rp 12.000.

8. Triaminic Syrup

Berikutnya ada Triaminis syrup yang diperuntukkan bagi batuk tidak berdahak dan gejala bersin-bersin. Dekstrometorfan HBr dan pseudoefedrin HCl-nya bekerja sama mengobati flu dan batuk. Dosis pemakaiannya sebagai berikut:

  • Usia <6 tahun: berkonsultasi pada dokter
  • Usia 6-12 tahun: 3 kali sehari 5 ml
  • Usia >12 tahun: 3 kali sehari 10 ml

Harga Triaminic syrup mulai dari Rp 79.000 – Rp 85.000

9. Bisolvon Kids

Jika anak Ibu memiliki masalah pilek dan batu berdahak, Ibu bisa menjatuhkan pilihan pada Bisolvon Kids. Di dalam sirup obat batuk pilek anak ini terkandung zat bromhexin  yang bersifat mukolitik atau mengencerkan dahak berlebih di saluran pernapasan. 

Ada kandungan paracetamol juga untuk meredakan demam dan nyeri. Untuk dosis pemakaiannya adalah:

  • Usia 2-5 tahun 2 kali sehari 5 ml
  • Usia 5-10 tahun 3 kali sehari 5 ml

Harga merk obat batuk pilek anak yang bagus ini berada di harga menengah, yaitu Rp 45.000 – Rp 55.000. Dari semua pilihan merk obat batuk pilek anak yang bagus di atas, manakah yang biasanya jadi pilihan Ibu untuk meredakan gejala batuk pilek anak Ibu?

Editor: Aprilia