Kesehatan

Bisa Dilakukan Di Rumah, Ini Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut

Bisa Dilakukan Di Rumah, Ini Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut

Mengetahui pertolongan pertama anak sakit perut akan sangat membantu anak meredakan sakitnya. Apalagi sakit perut bisa membuat anak rewel, menangis terus-terusan dan tidak nyaman.

Nggak hanya itu, anak juga bisa mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim dan menurunnya nafsu makan. Bahkan tidur anak pun jadi ikut terganggu.

Apa penyebab sakit perut pada anak? Bagaimana cara mengobati anak sakit perut? Simak penjelasannya dulu, yuk!

Penyebab anak sakit perut

Penyebab anak sakit perut bisa bermacam-macam. Beberapa yang umum terjadi adalah:

1. Sembelit


Sembelit atau konstipasi bisa dialami siapa saja, dari orang dewasa hingga anak-anak. Rasa tidak nyaman karena sulit buang air besar dan perut terasa penuh jelas membuat anak kesakitan.

Umumnya anak-anak akan buang air besar setiap 2-3 hari sekali. Bayi yang minum ASI akan buang air besar seminggu sekali, dengan maksimal rentang tidak BAB selama 2 minggu.

Jika sudah masuk 1 minggu anak tidak BAB, bisa dikatakan anak mengalami sembelit. Pertolongan pertama anak sakit perut karena sembelit adalah:

  • Lebih rutin memberi anak minum air
  • Membantu gerakan usus dengan membuat gerakan seperti mengayuh sepeda
  • Memberi anak makanan dengan lemak tambahan seperti santan atau alpukat (pada bayi dan anak kurang dari 2 tahun)
  • Memberi anak makanan cukup serat seperti buah dan sayuran (pada anak yang lebih besar).

2. Kembung


Kembung juga bisa membuat sakit perut. Rasanya angin di dalam perut tidak bisa keluar dan rasa sakitnya bahkan bisa menusuk sampai area punggung.

Biasanya, kembung terjadi ketika ada udara yang ikut tertelan saat bayi menyusu atau minum dari botol. Pertolongan pertama anak sakit perut karena kembung adalah, dengan membantunya bersendawa.

Pada anak yang lebih besar bisa dengan mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon di area perut dan punggung, sehingga anak lebih mudah kentut. Selain udara yang tertelan, kembung juga bisa disebabkan karena, alergi laktosa atau konsumsi makanan yang mengandung gas berlebih.

Menghindari makanan yang menimbulkan reaksi akan membantu meredakan sakit perut pada anak. Cara mengobati anak sakit perut secara alami juga bisa dengan pijatan lembut di perutnya.

3. Gastroenteritis


Health Direct Australia, gastroenteritis merupakan salah satu jenis infeksi pada usus yang disebabkan karena virus atau bakteri. Tak hanya sakit perut, gejalanya juga disertai dengan muntah, diare dan demam.

Hal ini mungkin saja terjadi karena anak-anak berinteraksi dengan banyak orang dan sering memasukkan tangan ke mulutnya. Bisa juga ditularkan dari makanan atau benda yang disentuh orang sebelumnya dengan infeksi serupa.

Pertolongan pertama anak sakit perut karena gastroenteritis ini adalah memastikan terlebih dahulu anak tidak dehidrasi. Ini baik dilakukan untuk menurunkan demam dan menghidrasi anak yang terus mengeluarkan cairan.

Beri juga oralit atau air kelapa untuk meredakan sakit pada perut anak. Bila dalam satu hari anak mengalami muntah lebih dari 3 kali dan tampak lemas, segera bawa ke dokter.

4. Keracunan makanan


Untuk makanan jenis tertentu yang tidak bisa diterima anak, makanan yang sudah kotor, atau makanan yang mungkin sudah basi, dapat menyebabkan sakit perut pada anak. Melansir dari Childrensrasa sakit akan dialami anak pada area perut atas.

Biasanya disertai dengan mual, sensasi terbakar di dada, kembung, bahkan pada gejala yang lebih parah disertai muntah. Cara mengobati anak sakit perut karena keracunan makanan adalah, dengan memberi anak minuman hangat (bukan teh atau minuman kafein lainnya), lalu amati gejala lainnya.

Beri juga air kelapa muda untuk meredakan sakit perutnya dan menyeimbangkan kondisi pencernaannya. Ibu juga bisa memberi anak yogurt tanpa rasa. Bila anak mengalami mual dan muntah yang tidak tertahankan dan intensitas yang tinggi, segera bawa ke dokter.

5. Stres


Layaknya orang dewasa, anak juga bisa mengalami stres. Stres bisa dipicu karena banyak hal, seperti:

  • Situasi dan lingkungan baru yang membuat anak tidak nyaman
  • Kebiasaan baru di keluarga
  • Tekanan belajar di sekolah
  • Perubahan perasaan
  • Kehilangan anggota keluarga

Umumnya anak yang sedang stres merasa sakit di area perut sekitar pusar. Pertolongan pertama anak sakit perut untuk kondisi stres seperti ini adalah, memastikan anak merasa nyaman dengan istirahat cukup. Beri cukup cairan dan pastikan nutrisi anak tetap tercukupi.

6. Penyebab lain


Penyebab lain sakit perut pada anak dapat berupa infeksi pada usus buntu, infeksi di saluran kemih, hernia, atau keadaan paska operasi. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter atau membawa anak ke layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, jika gejala sakit perut mengarah ke infeksi berat.

Pertolongan pertama anak sakit perut


Melansir dari Better Health, laman yang dikelola Departemen Kesehatan Pemerintah Bagian Victoria, secara umum ini pertolongan pertama anak sakit perut yang bisa Ibu lakukan di rumah:

  • Minta anak beristirahat dengan berbaring atau tidur
  • Beri anak cukup minum air putih atau jus buah buatan sendiri
  • Hindari memaksa anak untuk makan jika anak merasa tidak nyaman
  • Jika anak lapar, berikan makanan yang tidak terlalu berat seperti bubur, roti panggang, pisang atau biscuit.
  • Nyamankan area perut dengan kompres hangat atau mandikan anak dengan air hangat agar seluruh tubuhnya nyaman. Ibu juga bisa memberi anak minyak telon, minyak kayu putih atau balsam anak di area perut yang sakit.
  • Beri parasetamol bila anak merasa sangat kesakitan dan pastikan dosisnya tepat.

Pertolongan pertama anak sakit perut ini hanya bisa dilakukan jika anak menunjukkan gejala ringan-normal. Bila anak mengalami gejalan lanjutan seperti lemas, tidak merespon, muntah lebih dari 3 kali dalam sehari, serta demam tinggi, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Editor: Aprilia