Kesehatan

Feses Bayi Berwarna Hitam, Haruskah panik?

Feses Bayi Berwarna Hitam, Haruskah panik?

Saat feses bayi berwarna hitam dan keras, Ibu pasti panik dan mencari tahu kenapa feses bayi berwarna hitam. 

Ternyata, kondisi kesehatan bayi dapat dilihat dari kondisi fesesnya. Normal atau tidaknya feses bayi bisa juga terlihat dari tekstur dan warnanya. Salah satu kondisi feses yang kerap dicemaskan orang tua adalah feses bayi berwarna hitam kehijauan yang sering ditemukan pada bayi baru lahir.

Apa sajakah penyebab feses bayi berwarna hitam?

Penyebab feses bayi berwarna hitam

feses-bayi-berwarna-hitam-haruskah-panik-1

Perubahan feses bayi berwarna hitam disebabkan oleh berbagai faktor. Antara lain makanan dan minuman, produksi empedu yang diproduksi dan kondisi kesehatan saluran pencernaan. Namun, belum tentu warna feses bayi berwarna hitam belum tentu menandakan adanya suatu 

penyakit. Ada beberapa penyebab feses bayi berwarna hitam, simak ulasannya di bawah ini

1. BAB bayi baru lahir

Seperti yang dilansir dari Blank Children’s Hospital, kotoran atau BAB bayi akan terlihat sangat berbeda selama beberapa hari pertama setelah lahir. Feses bayi berwarna hitam kehijauan yang ditemukan pada bayi baru lahir disebut juga dengan mekonium. Mekonium sendiri terdiri dari cairan ketuban, lendir, sel kulit dan benda lain yang tertelan ke dalam rahim. Semakin lama, feses bayi berwarna hitam kehijauan akan semakin normal baik warna dan teksturnya sehingga Ibu tidak perlu khawatir. Cara mengatasi feses bayi berwarna hitam kehijauan adalah dengan cara membiarkannya saja sampai memantaunya.

2. Susu Formula

feses-bayi-berwarna-hitam-haruskah-panik-2

Salah satu alasan kenapa feses bayi berwarna hitam dan keras adalah konsumsi susu formula. Nutrisi ASI eksklusif sangat diutamakan dan pemberian susu formula diperlukan jika terdapat beberapa kondisi medis pada si kecil. 

Pemberian susu formula ini dapat membuat feses bayi berwarna hitam dan keras karena kandungan ASI dan susu formula berbeda. Jika bayi tidak cocok dengan merk sufor tertentu, bayi dapat mengalami problem buang air besar seperti feses bayi berwarna hitam. Jika ini terjadi, Ibu harus mengganti merk sufor si kecil.

Cara mengatasi feses bayi berwarna hitam akibat konsumsi sufor adalah tidak sering berganti-ganti merk sufor jika sudah menemukan merk sufor yang cocok, sebaiknya tidak sering berganti-ganti. Jika belum menemukan, Ibu dapat mencoba merk sufor yang memiliki kemasan paling kecil.

3. Perdarahan pada sistem pencernaan bayi

Feses bayi berwarna hitam juga dapat menjadi bukti bahwa bayi mencerna darah saat menyusui langsung lewat puting ibu. Kondisi ini juga bisa berarti bahwa terjadi pendarahan pada sistem pencernaan bayi.

Ini bisa jadi tidak berbahaya, tetapi cara mengatasi feses bayi berwarna hitam akibat masalah pencernaan adalah meminta saran dokter untuk mendapatkan penanganan tepat apabila feses bayi berwarna hitam tidak kunjung berubah.

Pendarahan pada sistem pencernaan bayi adalah alasan lain kenapa feses bayi berwarna hitam.

Kapan Ibu harus khawatir?

feses-bayi-berwarna-hitam-haruskah-panik-3

Konsumsi bayi dapat mengakibatkan feses bayi berwarna hitam. Selain pemberian susu, asupan nutrisi   yang diberikan juga ikut berpengaruh. Misalnya jika anak mengkonsumsi makanan berwarna gelap seperti blueberry ataupun suplemen zat besi, maka feses bayi dapat berwarna hitam. 

Banyak kondisi feses bayi berwarna hitam yang dalam taraf normal. Namun kapankah Ibu harus merasa khawatir?

  • Ada darah pada feses bayi;
  • Warna hitam sangat pekat yang menandakan terjadi pendarahan di saluran pencernaan;
  • Tekstur cenderung cair yang menandakan terjadinya infeksi pada sistem pencernaan; dan
  • Ditemukan lapisan berwarna putih atau berwarna putih pucat.

Jika Ibu menemukan tanda-tanda di atas dan merasa khawatir terhadap kondisi bayi, sebaiknya Ibu segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat pada saluran pencernaan si kecil.

Beberapa penyakit yang harus diwaspadai terkait feses bayi berwarna hitam

feses-bayi-berwarna-hitam-haruskah-panik-4

Ditemukan darah pada feses bayi adalah salah satu parameter utama feses bayi berwarna hitam yang perlu diwaspadai. Darah berwarna merah menandakan adanya pendarahan di usus bagian bawah, berbeda jika darah sudah berubah menjadi hitam yang menunjukkan pendarahan terjadi di bagian atas seperti tenggorokan dan lambung. 

Jika feses bayi berwarna hitam tanpa konsumsi makanan tertentu sebelumnya, sebaiknya Ibu waspada akan penyakit serius ini terjadi pada si kecil:

  • Gastritis yang merupakan kondisi peradangan pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau konsumsi obat tertentu dalam jangka waktu lama
  • Tukak lambung, yaitu kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri Heliobacter pylori. Selain itu konsumsi makanan pedas dan stres pada anak dapat memperparah kondisi ini.
  • Varises esofagus yang merupakan pendarahan pada pembuluh darah di kerongkongan yang melebar. Darah ikut serta dalam pencernaan dan bisa jadi ini adalah gejala sirosis hati pada anak

Feses bayi berwarna hitam bisa menjadi parameter penyakit serius lainnya seperti penyakit hati, kanker, atau suplai darah ke usus yang terhambat. Segera hubungi dokter jika feses bayi berwarna hitam disertai dengan pusing, muntah, bahkan pingsan agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah informasi yang wajib ibu ketahui perihal kenapa feses bayi berwarna hitam. Ibu tidak usah panik selama feses bayi berwarna hitam dalam keadaan normal. Namun, jika ibu merasa janggal dan feses bayi tidak kunjung normal, segera hubungi dokter.

Editor: Dwi Ratih