Kesehatan

Gratis! 11 Aplikasi Telemedicine Untuk Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

Gratis! 11 Aplikasi Telemedicine Untuk Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

Aplikasi telemedicine adalah salah satu cara yang diupayakan pemerintah seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 ini. Aplikasi telemedicine ada yang disponsori oleh swasta berupa klinik ataupun rumah sakit maupun oleh pemerintah. Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan sedang melakukan uji coba layanan medis jarak jauh gratis untuk pasien isolasi mandiri Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan layanan aplikasi telemedicine itu mulai dilakukan uji coba di DKI Jakarta. Aplikasi telemedicine menyediakan layanan konsultasi dokter hingga pengiriman obat untuk pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Menariknya, layanan aplikasi telemedicine ini gratis, ditujukan untuk pasien isoman Covid-19 tanpa gejala hingga gejala ringan.

Menurut Budi, kategori pasien isolasi mandiri Covid-19 adalah yang tidak mengalami gejala sesak napas, saturasi oksigen di atas 95 persen, dan tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid yang berbahaya.

Sejauh ini pemerintah memiliki 742 laboratorium PCR yang tersebar di seluruh Indonesia. Ratusan laboratorium itu kini sudah terintegrasi secara sistem dengan 11 telemedicine tersebut. Dengan demikian, jika ditemukan hasil PCR warga yang di tes dari 742 laboratorium itu positif, warga akan mendapatkan layanan aplikasi telemedicine secara gratis.

Simak 11 aplikasi telemedicine yang disediakan oleh Kemenkes untuk menangani pasien isoman Covid-19 dengan gejala ringan!

1. Get Well

Aplikasi telemedicine ini merupakan besutan BayWest Wellness Inc. Melalui aplikasi telemedicine ini, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter terkait keluhan yang sedang diderita.

Aplikasi telemedicine Get Well akan menghubungkan pengguna dengan dokter profesional untuk konsultasi menggunakan video, audio, ataupun teks melalui gawai.

Get Well dapat diunduh di Playstore dan iOS dan menjadi salah satu diantara 11 aplikasi yang bekerja sama dengan pemerintah. Cara mendapatkan obat gratis juga bisa melalui aplikasi ini.

2. YesDok

YesDok merupakan aplikasi telemedicine yang menghubungkan pasien dengan dokter untuk konsultasi medis. Sebelumnya, pasien akan diberi pertanyaan terkait keluhan medis yang sedang dialami. Jika pasien memiliki pertanyaan seputar medis, selanjutnya pasien akan terhubung langsung dengan dokter umum yang akan memberikan konsultasi dan menyarankan perawatan lebih lanjut.

Selain itu, dokter melalui aplikasi telemedicine YesDok juga merekomendasikan obat yang bisa dibeli sesuai dengan rujukan gejala yang dialami.

Berdasarkan situs resminya, para dokter yang praktik di aplikasi telemedicine ini sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktek (SIP). Ibu bisa menggunakan aplikasi ini 24 jam.

3. Halodoc

Kabarnya, aplikasi telemedicine ini menjadi salah satu aplikasi yang dibeli pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan pada pasien isoman Covid-19 di rumah. Halodoc mengklaim aplikasinya memberikan layanan digital kesehatan terlengkap di Indonesia. Beberapa fitur yang ditawarkan berupa berkonsultasi dengan dokter, membeli produk kesehatan, bahkan dapat terhubung dengan asuransi yang dimiliki pasien.

Cara mendapatkan obat gratis untuk pasien Covid-19 bergejala ringan bisa melalui aplikasi ini.

4. Good Doctor

Good Doctor merupakan aplikasi telemedicine yang dapat memberikan layanan kesehatan kepada penggunanya. Lewat aplikasi ini, masyarakat dapat berkonsultasi dengan dokter dan menerima rekomendasi obat dengan gratis.

Aplikasi ini dapat melayani selama 24 jam. Dengan aplikasi telemedicine ini, durasi yang dibutuhkan pasien untuk berobat seperti pergi ke rumah sakit dan menunggu dapat terpangkas.

Good Doctor yang merupakan besutan Good Doctor Tech dapat kamu dapatkan melalui aplikasi Playstore ataupun AppStore.

5. KlikDokter

Aplikasi telemedicine besutan Medika Komunika Teknologi ini juga mengklaim dirinya dapat beroperasi selama 24 jam. Kamu bisa mendapatkan layanan dari tenaga medis yang berkompetensi melalui aplikasi ini.

Pasien dapat berkonsultasi kepada dokter secara daring dari aplikasi ini. Kamu juga dapat membaca banyak artikel dan info kesehatan lainnya dari KlikDokter.

Aplikasi KlikDokter juga merupakan salah satu cara mendapatkan obat gratis karena difasilitasi pemerintah untuk memberikan layanan konsultasi dan obat.

6. KlinikGo

KlinikGo merupakan aplikasi telemedicine yang menghubungkan homecare on demand berbasis klinik ataupun praktek mandiri dengan pasiennya. Aplikasi ini mengklaim dirinya sudah menjadi mitra resmi Kemenkes dalam menangani Covid-19 di Indonesia.

KlinikGo dapat diunduh melalui Playstore ataupun AppStore. KlinikGo juga salah satu aplikasi yang merupakan cara mendapatkan obat gratis terkait Covid-19.

Fitur yang ditawarkan cukup banyak karena banyak dokter umum, dokter gigi, dan dokter jantung yang terdaftar.

7. LinkSehat

Aplikasi telemedicine lainnya yang bekerjasama dengan pemerintah adalah LinkSehat. Aplikasi ini merupakan besutan Link Medis Sehat yang memberikan media alternatif untuk konsultasi dengan dokter.

Pasien dapat berkonsultasi gejala medis yang dialami saat menjalani isolasi mandiri di rumah. Dokter yang terdaftar di LinkSehat sudah terdaftar secara resmi dan memiliki Surat Izin Praktek.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat memberikan rekomendasi dokter ataupun rumah sakit beserta perhitungan biaya berobat di dalam hingga di luar negeri.

8. AloDokter

AloDokter mengatakan bahwa plaftorm kesehatannya memiliki lebih dari 26 juta pengguna aktif setiap bulannya. Aplikasi ini juga memiliki mitra dokter lebih dari 30 ribu dokter.

Mulai beroperasi sejak 2014, AloDokter juga menyediakan informasi kesehatan yang dapat diakses oleh pasien melalui gawai. Informasi kesehatan yang tersedia disusun oleh tim dokter yang kompeten dengan menggunakan bahasa Indonesia.

9. SehatQ

SehatQ merupakan aplikasi startup di bidang kesehatan. Aplikasi ini dapat diunduh baik di AppStore maupun PlayStore. Pasien Covid-19 dapat berkonsultasi dengan dokter dan tim medis dan juga memungkinkan untuk diberikan rujukan ke rumah sakit terdekat. Dokter juga akan memberikan rujukan obat atau vitamin untuk pasien isolasi mandiri Covid-19.

10. ProSehat

Aplikasi telemedicine lainnya yang dapat digunakan oleh pasien isoman Covid-19 adalah ProSehat. Aplikasi ini mengklaim bisa memberikan layanan 24 jam. Tidak hanya konsultasi dokter, aplikasi ini juga dapat memberikan layanan rapid test, imunisasi, vaksinasi, pembelian alat kesehatan, obat, dan vitamin dan diantar langsung ke rumah pasien.

11. Milvik Dokter

Milvik Dokter adalah aplikasi telemedicine yang menggunakan sistem langganan per bulannya. Pengguna dapat berkonsultasi melalui telepon kepada tim medis yang sudah berlisensi.

Milvik Dokter juga membantu pasien untuk mencari rumah sakit, klinik, laboratorium, dan apotek terdekat.

Itulah 11 layanan aplikasi telemedicine gratis untuk pasien isoman Covid-19. Aplikasi-aplikasi tersebut juga merupakan salah satu cara mendapatkan obat gratis juga.

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih