Kesehatan

Makin Sehat, Yuk Lakukan Olahraga Mengecilkan Perut Di Rumah

Makin Sehat, Yuk Lakukan Olahraga Mengecilkan Perut Di Rumah

Setelah enam bulan melahirkan, perut Ibu masih buncit dan membuat rasa percaya diri menurun. Dari mulai nggak pede pakai baju ketat, hingga nggak pede saat angle foto terlalu dekat.

Kalau sudah seperti ini nggak jarang banyak Ibu yang memilih jalan pintas untuk mengatasi perut yang buncit tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan khusus untuk mengecilkan perut.

Padahal obat-obatan ini juga punya efek samping yang cukup berbahaya untuk kesehatan Ibu lho! Nah, daripada konsumsi obat-obatan yang berbahaya lebih baik lakukan olahraga mengecilkan perut saja yuk.

Walau harus melalui perjuangan dengan menggerakan badan, namun olahraga mengecilkan perut tak memiliki efek samping layaknya konsumsi obat-obatan. Sebelum mengetahui apa saja jenis olahraga mengecilkan perut, simak ulasan mengenai penyebab perut buncit berikut ini ya Bu.

Penyebab perut buncit


Melansir WebMD setiap manusia wajar bila memiliki lemak pada dibagian perutnya. Lemak pada perut juga ada meski seseorang memiliki perut rata.

Meski lemak perut merupakan hal yang wajar dimiliki oleh setiap orang, namun lemak perut yang berlebihan bisa menyebabkan perut menjadi buncit dan mengundang banyak penyakit. Perut buncit juga nggak asal sembarang terbentuk pada tubuh manusia. Kondisi ini tentu ada penyebabnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti kurang tidur, jarang olahraga, dan sering mengonsumsi minuman beralkohol;
  • Terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi;
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak seperti fast food;
  • Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga;
  • Stres;
  • Menopause; dan
  • Kondisi medis tertentu, seperti obesitas, diabetes dan hipertiroid.

Gangguan kesehatan akibat perut buncit


Tentunya kondisi ini nggak boleh dibiarkan begitu saja ya Bu. Sebab, seseorang yang memiliki lemak berlebih dan perut menjadi buncit berisiko mengalami gangguan kesehatan diantaranya sebagai berikut:

  • Obesitas;
  • Diabetes;
  • Penyakit jantung;
  • Stroke; dan
  • Hipertensi atau darah tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Salah satu cara mengecilkan perut secara alami bagi wanita adalah dengan berolahraga. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga tertentu juga sangat baik untuk mengecilkan dan meratakan perut.

Olahraga mengecilkan perut di rumah


Ibu, ternyata olahraga mengecilkan perut bisa dilakukan sendiri di rumah lho! Bahkan olahraga mengecilkan perut berikut ini nggak memerlukan alat-alat khusus. Sehingga siapapun bisa melakukannya. Nah, berikut adalah beberapa cara mengecilkan perut secara alami bagi wanita yang bisa dilakukan di rumah:

Jenis latihan fisik yang dapat mengecilkan perut

Melansir Very Well Fit jenis latihan fisik sejenis sit up dapat membantu mengurangi lemak perut yang menumpuk di perut. Meski pada awalnya latihan fisik ini akan melelahkan bagi Ibu yang memiliki perut buncit, namun jenis-jenis latihan fisik berikut ini sudah sejak lama dikenal ampuh untuk mengecilkan perut.

1. Sit-up

Teknik latihan sit up yang terpusat pada gerakan perut nggak hanya bisa mengecilkan perut lho, tapi juga bisa memperkuat serta mengencangkan otot perut. Cara mengecilkan perut yang satu ini cukup dilakukan dengan cara berbaring di lantai dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk.

Lalu angkat badan ke arah lutut sambil menghembuskan napas dan perlahan turunkan kembali ke lantai sambil menarik napas. Lakukan gerakan sebanyak 10 kali (1 set), dan ulangi hingga 2-3 set per hari.

2. Crunches

Olahraga mengecilkan perut di rumah yang satu ini sepintas hampir mirip dengan sit-up. Namun, gerakan crunch hanya sedikit mengangkat tubuh bagian atas saja, yaitu kepala dan bahu.

Caranya adalah, berbaring di lantai dengan posisi tubuh seperti hendak sit-up, namun letakkan tangan di paha. Setelah itu, angkat kepala dan bahu hingga setinggi kurang lebih 8 cm dari lantai, sambil menghembuskan napas.

Tahan selama selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan setidaknya 10-20 kali. Dengan rutin melakukan teknik yang satu ini, dapat membuat perut Ibu terasa lebih kencang dan membantu mengecilkan lingkar pinggang.

3. Plank

Plank tidak hanya membantu mengencangkan dan membentuk otot perut saja ya Bu. Namun, olahraga mengecilkan perut yang satu ini juga bisa melatih kekuatan otot bahu, lengan, dan paha bagian depan.

Latihan ini diawali dengan posisi tubuh lurus menghadap lantai atau dikenal dengan posisi telungkup, lengan di samping badan dan siku tertekuk. Setelah itu, kencangkan otot perut dan angkat badan dengan bertumpu pada lengan bawah dan jari kaki.

Pastikan kepala, punggung, hingga tumit berada dalam satu garis lurus. Tahan posisi ini selama 20-30 detik. Meski pada awalnya gerakan ini cukup berat dilakukan karena mungkin akan terhalang oleh perut buncit Ibu, tetapi dengan rutin melakukan olahraga mengecilkan perut yang satu ini dapat mengurangi lingkar pinggang atau perut buncit yang berlemak.

Jenis olahraga mengecilkan perut

1. Berenang

Olahraga yang satu ini jika dilakukan secara rutin dengan gerakan yang sesuai dapat membantu mengecilkan perut. Melansir Live Strong berenang memang menjadi salah satu rekomendasi olahraga untuk mengecilkan perut karena dapat membakar lemak tubuh secara bertahap.

Tak hanya untuk mengecilkan perut, berenang juga baik untuk memelihara kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan kualitas tidur. Sebelum berenang, jangan lupa untuk melakukan pemanasan ya Bu agar otot tidak kram yang dapat mengganggu aktifitas sehari-hari,

2. Jogging

Lari santai atau jogginh merupakan salah satu aktifitas fisik yang praktis dan mudah dilakukan. Ibu bahkan bisa melakukan kegiatan ini dengan santai di sekitar komplek rumah.

Tak hanya praktis, jogging juga termasuk olahraga yang dinilai efektif untuk membakar lemak perut, lho! Untuk hasil maksimal Ibu bisa  melakukan olahraga ini selama 20-30 menit, setiap 3-4 kali seminggu untuk mengecilkan perut buncit.

4. Yoga dan pilates

Melansir Health pilates dapat membuat kita fokus berkonsentrasi terhadap pikiran dan kekuatan tubuh. Gerakan-gerakan pilates yang terfokus pada kekuatan perut, lengan dan kaki juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut secara alami bagi wanita.

Nggak hanya itu, gerakan yoga juga terbukti dapat mengecilkan perut. Olahraga ini tidak hanya mampu menghilangkan lemak di perut, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat, berenergi, meningkatkan kualitas tidur, dan dapat membuat pikiran menjadi lebih positif serta terhindar dari stres.

5. Senam aerobik dan zumba

Siapa sih yang ga kenal olahraga yang satu ini? Yup, senam aerobik dan zumba memang cukup trend di kalangan Ibu-Ibu masa kini ya. Senam aerobik dan zumba banyak tersedia di kelas senam atau pusat kebugaran juga merupakan jenis olahraga yang efektif untuk membakar kalori dan mengecilkan perut.

Tak hanya itu, kedua jenis senam ini pun sangat baik untuk memperkuat sendi dan tulang, memperbaiki mood, dan meredakan stres. Ibu bahkan bisa mengikuti senam ini secara gratis melalui Youtube maupun kelas berbayar secara online.

Editor: Dwi Ratih