Kesehatan

Mengandung Probiotik, Teh Kombucha Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Mengandung Probiotik, Teh Kombucha Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Organ pencernaan merupakan bagian dari tubuh kita yang sangat penting dijaga kesehatannya. Jika kesehatan organ pencernaan tidak dijaga, otomatis dapat membuat kita mudah terserang berbagai penyakit.

Salah satu ikhtiar untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengonsumsi minuman probiotik. Selain yoghurt, belakangan ini ada juga jenis minuman lain yang cukup viral yakni teh kombucha.

Teh kombucha adalah minuman teh fermentasi yang dibuat menggunakan campuran bakteri dan ragi. Untuk menikmati kesegaran teh kombucha, Ibu mungkin perlu kesabaran.

Sebab, proses pembuatan teh kombucha memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu, lho! Hal ini karena campuran teh hitam dan ragi perlu waktu untuk menghasilkan asam asetat yang dinilai baik untuk kesehatan.

Lebih lanjut, yuk ketahui manfaat teh kombucha untuk kesehatan lebih jauh lagi!

Teh kombucha dan manfaatnya buat kesehatan


Jika melansir Taste of Home kombucha adalah minuman teh fermentasi yang dibuat dengan memasukkan campuran bakteri dan ragi ke dalam teh hitam atau hijau manis. Menurut Willow Jarosh, MS, RD dan ahli gizi di Health-Ade, bakteri dan ragi ini berfungsi untuk mencerna teh manis dan menghasilkan asam asetat yang bisa menyehatkan pencernaan.

Campuran bakteri dan ragi ini disebut symbiotic colony of bacteria and yeast atau disingkat Scoby. Koloni ini akan terbentuk di dalam campuran teh, dan perlu difermentasi selama beberapa hari hingga ia sudah benar-benar siap dikonsumsi.

Nantinya akan menghasilkan teh yang bergelembung yang sedikit manis dan sedikit asam. Teh yang juga dikenal sebagai teh jamur ini jelas punya banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah:

1. Mengandung probiotik

Minuman yang berasal dari Tiongkok ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan pencernaan.

Apalagi melansir Healthline teh kombucha merupakan minuman yang mengandung probiotik, vitamin B, kaya akan antioksidan dan natrium, yang penting untuk menjaga kesehatan. Misalnya seperti, antiinflamasi, melancarkan pencernaan, dan membuat fungsi usus jadi lebih sehat.

2. Tinggi antioksidan

Hal ini karena, teh kombucha terbuat dari teh hitam atau teh hijau yang juga dikenal tinggi zat antioksidan. Terutama jika teh kombucha pembuatannya menggunakan teh hijau.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Manfaat teh kombucha untuk kesehatan lainnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari Health Central konsumsi teh kombucha dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

4. Bantu bunuh bakteri jahat dalam tubuh

Teh kombucha juga bermanfaat dalam membunuh bakteri jahat yang ada dalam tubuh. Sebab, adanya zat aktif berupa senyawa antibakteri yang ada pada teh hijau dan teh hitam. Senyawa ini akan membunuh mikroba dan beberapa jenis bakteri yang bisa berbahaya untuk kesehatan.

5. Bantu turunkan kadar kolesterol

Dalam penelitian Health Central juga disebutkan bahwa teh kombucha bisa bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Otomatis juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung nantinya.

Bolehkah teh kombucha dikonsumsi si kecil?

Mengingat cara pembuatan teh kombucha dapat menghasilkan alkohol alami dari fermentasi bakteri dan ragi, terkadang bikin Ibu jadi khawatir mengenai apakah teh kombucha aman dikonsumsi oleh si kecil. Sebab, bukan tidak mungkin kadar asam dalam teh kombucha justru dapat memicu alergi dan gangguan pencernaan pada anak.

Untuk itu, alangkah lebih baik sebelum mengonsumsi teh kombucha, Ibu perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Serta memastikan anak tidak punya alergi tertentu terhadap kandungan dari minuman probiotik yang satu ini, ya!

Namun, melansir Mom Junction berikut ini adalah beragam manfaat teh kombucha untuk anak yang penting diketahui:

  • Menjaga kesehatan pencernaan: Teh kombucha mengandung sekitar 20 jenis ragi yang bermanfaat bagi usus. Konsumsi kombucha dapat menjaga nutrisi, serta memecahnya sehingga menjadi lebih mudah dicerna
  • Meningkatkan kemampuan konsentrasi anak: Hal ini karena, teh kombucha mengandung vitamin B1 (tiamin), vitamin B6, dan vitamin B12, yang membantu anak melawan depresi dan meningkatkan kemampuan konsentrasinya secara signifikan
  • Mendetoksifikasi zat berbahaya dalam tubuh: Teh kombucha mengandung banyak enzim dan asam bakteri yang baik untuk kesehatan organ pankreas dan hati
  • Mencegah kanker: Kandungan asam glucaric dalam kombucha membantu mencegah potensi risiko kanker pada anak-anak
  • Meningkatkan imunitas tubuh si kecil
  • Menambah energi dan mencegah anak ingin konsumsi camilan tinggi gula
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah anemia: Teh herbal untuk anak ini juga kaya akan vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi secara substansial.

Meski begitu, sebelum memberikan teh kombucha pada anak pastikan ia tidak memiliki alergi apapun ya Bu. Selain itu, agar lebih aman sebaiknya berikan teh herbal untuk anak ini saat ia sudah berumur 4 tahun ke atas, di mana sistem imunnya sudah lebih kuat dalam menghadapi efek buruk yang kemungkinan terjadi setelah minum teh kombucha.