Kesehatan

Mengupas Salah Kaprah Bolehkah Mandi Saat Demam?

Mengupas Salah Kaprah Bolehkah Mandi Saat Demam?

Ibu, katanya saat demam tubuh kita sedang ‘berperang’ melawan virus dan bakteri. Karenanya kita tidak boleh sembarang melakukan aktivitas harian, termasuk salah satunya untuk mandi.

Tapi sebenarnya, bolehkan mandi saat demam? Bisa jadi ini merupakan pertanyaan kebanyakan orang. Nyatanya saat demam tubuh kita tak jarang juga mengeluarkan keringat sehingga ketika demam turun dapat membuat kulit terasa lengket dan tidak nyaman.

Melansir Times of India menurut Dr. Suranjit Chatterjee yang merupakan Senior Consultant, Internal Medicine, Indraprastha Apollo Hospitals New Delhi mengatakan sejatinya boleh saja mandi saat demam. Namun jika pasien keramas dan membasahi rambut, pastikan rambutnya dikeringkan dengan baik.

Sebab, membiarkan rambut basah saat demam hanya akan membuat demam tidak kunjung turun. Nggak hanya itu, mandi saat demam juga ternyata bisa membuat tubuh lebih rileks dan justru berpotensi menurunkan demam itu sendiri. Supaya lebih yakin, yuk simak pendapat lain mengenai bolehkah mandi saat demam dalam ulasan berikut ini.

Mengapa kita bisa mengalami demam?


Demam merupakan kondisi di mana tubuh sedang melawan suatu penyakit akibat bakteri ataupun virus. Melansir Very Well Health demam menandakan ada yang tidak benar dengan tubuh kita.

Demam dapat membantu tubuh membuat antibodi tambahan untuk melawan penyakit termasuk ketika kita terkena batuk atau flu. Ketika tubuh mengalami demam, maka bakteri atau virus penyebab penyakit tidak bisa bertahan dan perlahan mati seiring dengan turunnya suhu tubuh.

Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya mulai mencapai 38-39 derajat celcius. Tapi tentu hal ini berbeda bagi tiap orang, terutama anak-anak. Mereka cenderung bisa dikatakan demam jika suhu tubuhnya berkisar antara 37,5-39 derajat celcius.

Sayangnya banyak orang yang justru tidak tahu bagaimana cara mengelola demam dengan baik. Sehingga banyaknya mitos yang beredar termasuk salah satunya mengenai bolehkan mandi saat demam.

Lalu, bolehkah mandi saat demam?


Sebenarnya, orang yang mengalami demam tetap diperbolehkan mandi ya Bu. Asalkan mandi harus tetap dilakukan dengan cara yang benar.

Bahkan sebenarnya mandi tidak ada kaitannya dengan demam dan tidak akan memperparah demam itu sendiri. Saat demam kita justru disarankan tetap mandi dua kali sehari untuk menjaga tubuh tetap bersih dan segala macam penyakit dalam tubuh lekas pergi.

Nggak hanya itu, mandi saat demam ternyata juga bisa mencegah kita terkena infeksi akibat paparan bakteri atau virus. Akan tetapi, melansir Medical News Today mandi saat demam tetap ada aturannya agar tidak membuat kondisi tubuh semakin parah. Yuk simak apa saja yang perlu kamu lakukan ketika hendak mandi saat tubuh sedang demam:

1. Jangan mandi air dingin

Perlu diluruskan, mandi saat demam memang diperbolehkan. Tetapi kamu perlu memperhatikan suhu air saat mandi. Mandi air dingin hanya akan membuat kamu kedinginan dan suhu tubuh kembali naik dan demam tak kunjung turun.

Ada baiknya saat demam, usahakan untuk mandi air hangat atau berendam dengan air hangat agar tubuh dan otot-otot bisa lebih rileks. Sehingga otomatis suhu tubuh juga akan turun, tapi pastikan keringkan tubuh dan juga rambut hingga benar-benar kering ya Bu.

2. Gunakan minyak aroma therapy yang menghangatkan tubuh

Ketika si kecil demam, setelah mandi air hangat kamu bisa mengoles minyak aromatherapy yang hangat ke seluruh tubuhnya agar tetap merasa rileks dan hangat. Sehingga demam segera turun.

Usahakan jangan menyelimuti tubuh sesaat setelah mandi dan memakai baju ya Bu. Menyelimuti tubuh saat demam hanya akan membuat demam semakin bertahan karena tidak adanya udara yang keluar dan tertahan pada pori-pori kulit.

3. Jangan mandi terlalu lama

Berendam di bathtub saat demam memang dapat membuat tubuh menjadi rileks. Tapi, usahakan jangan berendam terlalu lama ya Bu terlebih jika suhu air kembali dingin. Mandi dan berendam dengan air hangat dengan waktu secukupnya, kemudian hangatkan tubuh dengan konsumsi air atau teh hangat agar tetap rileks.

4. Kompres tubuh si kecil menggunakan kain dan air hangat

Saat si kecil demam, biasanya ia justru cenderung lemas dan tidak mau mandi. Kalau sudah seperti ini kamu bisa membantu menurunkan demamnya dengan mengompres tubuh dengan kain dan air hangat.

Hal ini berguna agar otot-otot dalam tubuhnya lebih rileks dan kembali bisa melawan demam yang ia rasakan. Jangan sesekali menggunakan air dingin untuk menurunkan demamnya ya Bu!

5. Tetap jaga hidrasi tubuh

Setelah mandi saat demam terkadang kulit kita menjadi lebih kering dan pada beberapa orang justru kembali berkeringat. Tetap jaga hidrasi tubuh dengan mengonsumsi air atau teh hangat setelah mandi ya Bu.

Kamu juga bisa mengonsumsi obat-obatan penurun demam agar suhu tubuh kembali turun perlahan. Jangan lupa juga untuk tetap makan makanan bergizi agar tubuh kuat melawan bakteri dan virus yang ada dalam tubuhnya.

Nah, itu tadi adalah ulasan mengenai bolehkah mandi saat demam yang bisa kamu lakukan di rumah. Jadi, pada intinya mandi saat demam justru baik dan bisa membantu tubuh kita untuk melawan demam itu sendiri ya Bu!

Editor: Dwi Ratih