Kesehatan

Bikin Tubuh Bugar, Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

Bikin Tubuh Bugar, Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

Air merupakan zat yang memiliki peran penting dalam mendukung metabolisme tubuh. Sayangnya masih banyak orang yang belum bisa memenuhi kebutuhan cairannya setiap hari dengan minum air putih.

Padahal air putih punya segudang manfaat untuk kesehatan lho, terutama jika minum air hangat. Minum air hangat setiap hari, bisa membawa efek positif untuk kesehatan pencernaan, organ tubuh, dan juga baik untuk kesehatan gigi.

Yup, hanya minum air hangat tapi bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Selain murah air hangat juga mudah didapatkan dan selalu tersedia di rumah ya Bu.

Meski begitu, agar mendapatkan banyak manfaat minum air hangat ternyata tidak boleh asal dihangatkan. Air hangat baiknya dikonsumsi pada suhu 38-40 derajat celcius. Nah, agar lebih jelasnya yuk simak manfaat minum air hangat berikut ini.

Manfaat minum air hangat setiap hari


Saat cuaca di luar sedang panas, memang paling enak minum air dingin ditambah dan es batu ya Bu. Apalagi jika ditambah dengan sirup, wah pasti segar sekali ya.

Tapi ternyata hal ini nggak baik untuk kesehatan lho. Terutama jika menggunakan sirup yang mengandung pemanis buatan. Alangkah lebih baik tetap redakan haus dengan minum air hangat ya Bu.

Melansir Times of India sebanyak 75% dari tubuh kita terdiri dari air. Meskipun cuaca panas, kita tetap disarankan minum air hangat agar tubuh tetap bugar demi memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita. Berikut adalah manfaat minum air hangat lainnya yang bisa diterapkan di rumah:

1. Mencegah dehidrasi


Menurut jurnal BMC Public Health ada beberapa bagian tubuh yang mudah dikenali ketika kita mengalami dehidrasi, diantaranya adalah mulut/lidah kering, merasa haus, sakit kepala dan lesu. Dengan minum air hangat tubuh kita dapat terhidrasi dengan baik meskipun cuaca di luar panas dan tubuh mengeluarkan keringat. Air hangat juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat saluran cerna lebih rileks.

2. Meredakan sinus


Manfaat minum air hangat di pagi hari saat perut kosong ternyata sangat bermanfaat untuk meredakan sinus. Apalagi jika kita tidur dengan suhu ruangan yang dingin dan memiliki alergi, biasanya kita mudah merasa kedinginan di pagi hari.

Otomatis hidung akan terasa tersumbat dan sulit bernapas. Nah, minum air hangat di pagi hari diyakini dapat melancarkan pernapasan karena hidung bisa terasa lebih plong.

Selain itu mengutip Kementerian Kesehatan RI manfaat minum air hangat di pagi hari saat perut kosong bisa membantu menstabilkan saluran cerna. Sehingga pencernaan menjadi lebih lancar dan mencegah sembelit.

3. Membantu mengemulsi lemak setelah makan


Manfaat minum air hangat setiap hari setelah makan juga sangat baik lho. Air hangat memiliki efek hidrasi lebih cepat. Sehingga dapat membantu suhu air agar lebih mudah mengemulsi lemak dan membuat makanan jadi lebih mudah dicerna.

4. Menghilangkan rasa pedas lebih cepat


Ibu, kalau kepedasan makan sesuatu baiknya jangan minum air dingin ya. Ada baiknya minum air hangat saja, sebab ketika lidah merasakan pedas dari makanan yang menggunakan biji cabai, senyawa kimianya akan larut dalam air hangat.

Hal inilah yang menyebabkan setelah minum air hangat saat kepedasan Ibu akan merasa lebih nyaman dan secara perlahan efek pedasnya pun akan lebih mudah hilang. Sementara kalau minum air dingin, memang terasa enak tapi rasa pedas masih tetap ada.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan


Ibu, siapa nih yang sedang giat menjaga pola makan demi sukses diet dan menurunkan berat badan? Mungkin bisa mencoba konsumsi air hangat ya. Sebab, melansir Reader’s Digest manfaat minum air hangat untuk diet sangat banyak.

Air hangat bisa menurunkan berat badan, dikarenakan suhu air hangat yang masuk ke tubuh dapat memancing penurunan suhu badan. Otomatis hal ini dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih aktif dan membuat proses pembakaran lemak dalam tubuh lebih stabil.

Masih dikutip dari Rider’s Digest, pakar diet Cara Walsh, R.D dari Medifast Weight Control Centers of California juga mengatakan, minum air hangat di pagi hari dengan lemon dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga tubuh lebih bugar dan tidak lemas.

6. Melancarkan peredaran darah


Manfaat minum air hangat lainnya adalah berfungsi sebagai vasodilator yang berarti bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah pun dapat menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar dapat membuat otot lebih rileks serta mengurangi nyeri apapun yang sedang dirasakan oleh tubuh.

7. Bantu jaga hidrasi saat tidur malam


Melansir Healthline manfaat minum air hangat sebelum tidur dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi saat tidur di malam hari. Apalagi saat tidur selama kurang lebih 8 jam, tubuh kita tidak masuk makanan atau minuman apapun. Nah, dengan minum air hangat maka tubuh maka tubuh tetap bisa terhidrasi dengan baik.

8. Mencegah stress


Dengan rutin mengonsumsi air hangat di pagi hari ternyata dapat mood seseorang menjadi lebih baik sehingga dapat mencegah stress. Apalagi, air hangat bisa membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan tingkat relaksasi dalam tubuh manusia.

9. Dapat membersihkan racun dalam tubuh


Manfaat minum air hangat lainnya, salah satunya adalah dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh. Sebab suhu hangat dalam air yang kita minum dapat membantu meningkatkan suhu tubuh dan memicu tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak.

Saat tubuh kita berkeringat maka proses ini sekaligus dapat membersihkan racun dari dalam tubuh. Ibu dapat minum air hangat yang dicampur dengan teh hijau atau perasan jeruk lemon segar untuk membantu detoksifikasi tubuh.

10. Membantu mengatasi akalasia


Pernahkah Ibu merasa sulit menelan makanan saat pagi hari? Terutama jika makan yang berminyak dan berserat. Kerongkongan rasanya penuh sehingga makanan sulit dicerna.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya sebelum makan pagi Ibu bisa minum air hangat terlebih dahulu ya. Sebab, manfaat minum air hangat yang selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko akalasia.

Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke lambung. Hal ini menyebabkan kita sulit menelan dan kadang-kadang merasa seperti ada makanan yang terjebak di kerongkongan.

Air hangat diyakini dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna makanan dengan lebih nyaman. Apalagi jika makan makanan berminyak dan makan daging yang berserat atau sulit dicerna.

Nah, itulah serangkaian manfaat minum air hangat untuk tubuh kita. Kalau Ibu terbiasa minum air dingin, demi kesehatan jangka panjang ada baiknya ubah kebiasaan tersebut yuk. Selamat mencoba ya Bu!

Editor: Dwi Ratih