Kesehatan

Nggak Banyak Yang Tahu! Batuk Kronis Bisa Diakibatkan Oleh Asam Lambung

Nggak Banyak Yang Tahu! Batuk Kronis Bisa Diakibatkan Oleh Asam Lambung

Sering terbangun tengah malam akibat batuk yang mengganggu? Bagian dada terasa gatal hingga terkadang sesak napas? Bisa jadi batuk yang Ibu alami diakibatkan oleh asam lambung naik.

Awalnya Ibu mungkin menganggap bahwa batuk kronis ini akibat dari alergi suatu makanan. Hingga pada akhirnya batuk kronis akan terasa mengganggu saat di sepertiga malam dan tak kunjung sembuh meski sudah konsumsi obat batuk.

Sayangnya, batuk kronis karena GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease ini juga sering disepelekan oleh banyak orang. Mereka menganggap barangkali batuk kronis ini akan sembuh dengan sendirinya hingga di diamkan saja.

Apalagi mengingat batuk kronis lebih sering muncul di malam hari. Biar lebih waspada dengan batuk kronis GERD, ada baiknya simak terlebih dahulu ulasan berikut ini ya Bu!

GERD dan kaitannya dengan batuk kronis


GERD adalah salah satu penyebab batuk kronis paling umum yang jarang diketahui oleh orang. Melansir Healthline para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas North Carolina memperkirakan bahwa GERD bahkan menyumbang sebanyak 25% penyebab dari semua kasus batuk kronis.

Mayoritas orang dengan batuk kronis yang dipicu GERD memang tidak mengalami rasa nyeri pada perutnya. Hal ini lah yang kemudian jadi jarang disadari oleh kebanyakan orang.  

Batuk kronis karena asam lambung ini dapat disebabkan oleh refluks asam yang naik ke kerongkongan. Jika hal ini terjadi tanpa pengobatan maka dapat mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan sebagian kecil cairan lambung masuk ke saluran napas.

Hal ini kemudian bisa memicu tubuh untuk bereaksi batuk. Biasanya batuk kronis karena asam lambung ini juga tergolong batuk kering alias tidak menimbulkan dahak namun justru sangat mengganggu.

Ciri-ciri batuk kronis karena GERD

Menurut penelitian dari PubMed Central tentang Chronic Cough and Gastroesophageal Reflux Disease ciri-ciri batuk kronis karena gerd sejatinya sangat khas. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sering batuk di malam hari atau setelah makan
  • Batuk terjadi ketika berbaring, bahkan tidak diketahui apa penyebabnya
  • Batuk kering dan dada terasa gatal, tidak ada dahak dan sering dikira merupakan batuk akibat alergi debu atau makanan
  • Batuk dengan kondisi tanpa memiliki penyakit penyerta seperti asma dan setelah rontgen dada justru terlihat normal.

Cara mengatasi batuk kronis karena GERD 

Batuk kronis karena asam lambung memang sangat mengganggu aktivitas. Bahkan juga membuat waktu kita terbuang sia-sia hanya untuk mencari pengobatan medis yang tepat  agar gangguan ini bisa segera di atasi.

Padahal sama seperti mengobati GERD, batuk kronis ini juga erat kaitannya dengan gaya hidup. Sehingga menurut Medical News Today hal paling utama mengatasi batuk kronis karena GERD ini adalah dengan memperbaiki pola hidup sehari-hari.

Terutama dalam hal memilih makanan. Untuk itu, berikut adalah cara mengatasi batuk kronis karena asam lambung yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Ubah gaya hidup


Makan tidak teratur, sering begadang dan tingkat stress yang tinggi dapat memicu asam lambung naik. Sehingga otomatis juga dapat menyebabkan batuk kronis menjadi ikut kambuh.

Untuk itu cobalah untuk mengubah gaya hidup. Usahakan makan dan istirahat teratur dan menghindari stress.

2. Makan sedikit tapi sering 

Seperti yang kita ketahui, penderita GERD harus sering mengonsumsi makanan tiap 2-3 jam sekali. Bahkan perutnya tidak boleh benar-benar kosong karena dapat memicu asam lambung naik. Jadi ada baiknya usahakan untuk makan sedikit demi sedikit dengan intensitas yang lebih sering dalam porsi yang kecil.

3. Hindari makan berlebihan

Perut yang kosong ataupun terlalu penuh ternyata juga bisa menyebabkan asam lambung tinggi. Usahakan makan secukupnya dan berhenti jika sudah cukup kenyang.

4. Teliti memilih makanan


Sayur kol, air soda, makanan berminyak, makanan asam dan makanan pedas adalah musuh utama batuk kronis karena GERD. Jika tidak ingin GERD kambuh, ada baiknya harus lebih teliti dalam memilih makanan.

5. Jangan langsung berbaring setelah makan

Setidaknya beri jeda 3 jam sebelum berbaring atau tidur setelah makan. Langsung tidur setelah makan hanya akan memicu asam lambung naik dan batuk kronis kembali kambuh.

6. Konsumsi obat asam lambung


Jika batuk dan perut terasa nyeri ada baiknya segera konsumsi obat asam lambung untuk membantu meredakan rasa sakit yang dirasakan.

7. Hindari merokok dan lakukan olahraga secara teratur

Merokok adalah kebiasaan yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Merokok juga dapat memicu batuk kronis akibat GERD yang jarang disadari oleh orang. Jadi usahakan untuk berhenti merokok dan olahraga secara teratur agar otot lambung tidak tegang.


Meski banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati GERD, namun pada kondisi yang lebih serius tindakan pembedahan mungkin dilakukan. Tujuan utamanya untuk mengatasi GERD yang kronis agar tidak menyebabkan batuk terus menerus.

Untuk itu, disarankan segera ke dokter jika dalam 3 minggu batuk tak kunjung reda meski sudah konsumsi obat-obatan ya Bu!


Editor: Atalya