Kesehatan

Patuhi Pantangan Makanan Tipes Yang Perlu Diketahui

Patuhi Pantangan Makanan Tipes Yang Perlu Diketahui

Saat sakit tipes, beberapa orang mungkin memiliki gejala dan keluhan yang berbeda-beda. Sakit tipes biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak, sebab mereka belum bisa paham akan pola hidup bersih.

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit tipes ini pun sering terjadi di lingkungan yang kotor dengan sanitasi air buruk.

Bakteri tipes biasanya akan menulari lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi atau bisa juga akibat kontak langsung dengan feses orang yang terkena penyakit tipes. Meskipun sudah dinyatakan sembuh, seorang penyintas tipes kemungkinan masih akan membawa bakteri Salmonella typhi di dalam tubuh mereka lho!

Untuk itu perawatan penyakit tipes harus dilakukan dengan baik dan tepat. Jika tidak, risiko tipes untuk kambuh lagi pada beberapa bulan ke depan masih tinggi. Salah satu perawatan yang perlu diperhatikan adalah soal pantangan makanan tipes.

Lalu apa saja sih pantangan makanan tipes yang perlu diperhatikan? Makanan saat tipes apa saja yang boleh dikonsumsi agar pasien dapat segera sembuh dari penyakit ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Seberapa bahayakah penyakit tipes?


Melansir Healthline demam tifoid atau tipes merupakan penyakit serius yang banyak mengancam masyarakat di dunia. Gejala umum yang terjadi biasanya adalah sakit kepala, migrain, sakit perut, kehilangan nafsu makan, diare hingga demam tinggi.

Meskipun jarang menyebabkan kematian, namun menurut penelitian dari PubMed penyakit tipes sudah merenggut 215 ribu jiwa setiap tahunnya. Untuk itu dalam merawat pasien tipes tidak boleh sembarangan.

Diperlukan diet dan makanan yang tepat agar pasien lekas sembuh dari penyakit tersebut. Apalagi kebanyakan pasien tipes mengaku bahwa mereka merasa sangat lemas sehingga sulit beranjak dari tempat tidur.

Apalagi walaupun nantinya sudah sembuh, bukan berarti demam tifoid tidak bisa kambuh lagi jika imun tubuh kamu sedang drop. Mengingat bakteri Salmonella typhi akan terus ada dalam tubuh meskipun pasien sudah sembuh.

Manfaat menjaga pantangan makanan tipes


Tujuan untuk menjaga makanan saat tipes adalah untuk mengurangi gangguan pencernaan yang disebabkan oleh demam tifoid. Selain itu, makanan juga bisa dimanfaatkan agar tubuh tetap mendapatkan energi yang cukup meski sedang sakit.

Makanan berserat tinggi, yang mungkin sulit dicerna oleh para penderita demam tifoid harus dibatasi. Termasuk makanan seperti buah-buahan dan sayuran mentah.

Minum banyak air juga penting. Namun, karena demam tifoid disebabkan oleh kontaminasi bakteri, jika Ibu berada di daerah yang sering mengalami demam tifoid, pilihlah air minum kemasan dan hindari minuman dengan es batu. Terkecuali esnya terbuat dari air kemasan atau air matang ya Bu.

Nggak ketinggalan, salah satu yang terpenting untuk menerapkan pantangan makanan tipes adalah dengan memperhatikan keamanan pangan yang kita konsumsi sehari-hari. Mulai dari makanan rumahan atau makanan instan, biasakan untuk melihat label makanan sebelum makan.

Pastikan untuk mencuci tangan secara teratur, mencuci semua produk secara menyeluruh. Nah, terakhir hal yang paling penting adalah hindari jajan sembarangan di luar rumah ya Bu! Biasakan membekali keluarga dengan makanan rumah yang disiapkan dan dimasak sendiri oleh Ibu agar terjamin kebersihannya.

Pantangan makanan tipes yang perlu diketahui


Kebanyakan pasien tipes disarankan untuk melakukan perawatan di rumah sakit agar dokter lebih mudah untuk mengontrol penyakitnya. Untuk itu, melansir Times of India biasanya ada beberapa pantangan makanan tipes yang perlu diterapkan para pasien diantaranya sebagai berikut:

Makanan mentah

Meskipun Ibu ataupun si kecil sangat suka makan sashimi salmon di restoran sushi favorit keluarga, namun ada baiknya hindari terlebih dahulu mengonsumsi makanan mentah seperti ini ya Bu. Selain aneka daging mentah, makanan mentah lain yang menjadi pantangan makanan tipes adalah buah-buahan dan sayuran mentah.

Misalnya saja seperti salad sayur dan aneka buah yang perlu dikupas terlebih dahulu untuk dikonsumsi; aneka buah berry, apel, kiwi dan lain sebagainya. Sebaiknya konsumsi sayuran yang matang dan buah-buahan seperti pisang, jeruk atau alpukat.

Makanan pedas dan berminyak

Kebanyakan pasien tipes punya keluhan sakit perut dan diare. Untuk itu pantangan makanan tipes selanjutnya adalah hindari makan makanan pedas, berminyak dan juga makanan yang asam ya Bu.

Sayuran yang mengandung gas

Aneka sayuran yang mengandung gas diantaranya adalah brokoli, kol atau kubis, kembang kol dan asparagus. Pantangan makanan tipes yang satu ini sebaiknya dihindari untuk meringankan kerja usus akibat kontaminasi bakteri.

Makanan yang berbau menyengat

Misalnya saja seperti bawang putih atau bawang bombay sebaiknya dihindari ya Bu. Meskipun bawang putih dan bawang bombay merupakan makanan yang bermanfaat sebagai anti inflamasi namun bagi penderita demam tifoid, ini merupakan pantangan makanan tipes yang perlu dihindari.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi


  • Jus buah segar;
  • Banyak konsumsi air putih untuk tetap menjaga hidrasi tubuh;
  • Kamu juga bisa konsumsi susu dan yoghurt untuk mengembalikan stamina tubuh usai sembuh dari tipes;
  • Karbohidrat; bubur oatmeal, telur rebus, kentang rebus, nasi lembek. Makanan ini akan memudahkan usus untuk lebih mudah mencerna makanan;
  • Makanan yang mengandung omega 3 & 6; kacang-kacangan, minyak kanola dan telur;dan
  • Makan sayur dan buah yang sudah matang. Pastikan sayur dimasak hingga matang dan konsumsi buah matang langsung dari pohonnya bukan buah yang di-‘karbit’ ya Bu.

Editor: Dwi Ratih