Kesehatan

Praktis Digunakan! Mengenal Pompa Insulin Dan Fungsinya

Praktis Digunakan! Mengenal Pompa Insulin Dan Fungsinya

Para penderita diabetes identik dengan perawatan medis berupa suntik insulin. Tujuannya tak lain untuk mengendalikan kadar gula dalam darah, supaya bisa diubah oleh tubuh menjadi energi.

Pemberian suntik insulin ini harus diberikan setiap hari secara mandiri. Namun, dosisnya tetap perlu disesuaikan dengan kondisi pasien itu sendiri.

Nah, seiring dengan perkembangan teknologi, proses suntik insulin kini nggak perlu dilakukan dengan repot-repot. Karena proses suntik yang dilakukan setiap hari dianggap kurang praktis, kini sudah ada inovasi berupa pompa insulin.

Pompa insulin diabetes ini berfungsi melepaskan insulin dalam dosis basal. Tujuannya agar insulin dapat mengalir stabil dengan dosis terukur sepanjang hari.

Namun, harga pompa insulin jelas berbeda dengan suntik insulin manual ya Bu. Nah, sebelum membahas harganya ada baiknya kenalan dulu yuk dengan alat ini lebih jauh.

Jadi, apa itu pompa insulin?


Perlu diakui, bagi para penderita diabetes jika mengandalkan terapi suntik insulin secara rutin, kadang sangat merepotkan ya Bu. Namun, kemajuan bikin terapi suntik insulin nggak lagi merepotkan.

Bahkan dapat membantu meningkatkan kontrol glikemik dan kualitas hidup. Salah satunya dengan menggunakan pompa insulin.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan pompa insulin? Dikutip dari Medical News Today pompa insulin adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi memberikan dosis insulin secara otomatis. Tentunya pemberiannya ini bisa diprogram baik secara terus menerus maupun variasi.

Ukuran dari pompa insulin ini terbilang sangat kecil. Bisa dibilang ukurannya tidak lebih besar dari kartu ATM, mudah digunakan, tahan air, dan tidak memiliki tabung.

Di luar negeri, pompa insulin ini akrab disebut dengan Pod Therapy. Kelebihan lain dari pompa insulin ini adalah, dapat melepaskan insulin secara konsisten setiap hari. Bahkan bisa di program dan diatur jumlahnya sesuai kebutuhan.

Pompa insulin juga bisa menjaga kadar gula dalam darah dengan cara diatur pemberiannya, sesuai dengan asupan makanan dan kalori yang dikeluarkan selama beraktivitas. Ada pasien yang perlu diberikan setelah makan, ada pula yang perlu di berikan saat malam hari.

Karena waktu pemberian insulin bagi penderita diabetes berbeda-beda, maka menggunakan pompa insulin adalah sebuah solusi tepat. Sebab, hal ini dianggap sangat praktis dan memudahkan proses penyuntikkan.

Bagaimana cara kerja pompa insulin?


Melansir Healthline pompa insulin sebenarnya bekerja untuk menggantikan fungsi pankreas pada penderita diabetes 1 dan 2. Di mana normalnya, pankreas dalam tubuh manusia berfungsi untuk menghasilkan insulin untuk memecah gula darah.

Tapi, pada penderita diabetes fungsi pankreasnya sudah pasti terganggu. Sehingga tubuh kesulitan untuk melepaskan insulin. Karenanya, tubuh harus mencari cara lain untuk mendapatkan insulin yang dibutuhkan.

Nah, peran pompa insulin nantinya akan bekerja dengan mengirimkan tingkat basal, atau set, insulin melalui tabung yang disebut kanula. Kanula akan ditempel tepat di bawah lapisan atas kulit.

Untuk nantinya diisi dengan insulin dengan dosis yang sudah disesuaikan oleh dokter. Pompa insulin akan bekerja memberikan tubuh asupan insulin dengan suntikan otomatis, sesuai dengan bagaimana Ibu mengatur programnya.

Beberapa jenis pompa insulin bahkan dapat menyesuaikan laju basal berdasarkan pembacaan gula darah dari monitor glukosa secara berkelanjutan.

Keuntungan menggunakan pompa insulin


Menggunakan pompa insulin bagi pasien diabetes sebenarnya ada banyak keuntungannya, lho! Dikutip dari WebMD berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan pompa insulin yang bisa jadi pertimbangan:

  • Nggak perlu stock banyak jarum suntik. Karena pompa insulin hanya membutuhkan satu jarum suntik dan diganti dengan set infus selama beberapa hari
  • Pompa insulin dianggap lebih akurat dalam memberikan dosis insulin ketimbang suntikan manual. Sehingga dapat membantu tubuh mengelola kadar gula darah dengan lebih baik
  • Mencegah pasien diabetes mengalami hipoglikemia
  • Mudah dalam mengganti dosis insulin sebelum dan sesudah makan dengan mudah dan akurat
  • Dapat membantu mengelola gula darah tinggi di pagi hari, yang juga disebut fenomena fajar atau dwan phenomenon.

Nah, mengenai harga pompa insulin di Indonesia. Kira-kira apakah setara dengan harga suntik insulin manual?

Biasanya kisaran harga untuk suntik insulin di klinik maupun rumah sakit adalah sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 1 juta-an. Tapi, nggak perlu khawatir karena untuk suntik insulin sendiri masuk ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Sementara, untuk pompa insulin Indonesia sendiri kebanyakan alat yang masuk berasal dari Amerika dan Korea Selatan. Tentunya alat tersebut nggak dicover oleh pemerintah ya Bu.

Meski begitu, jika pasien diabetes tertarik menggunakan pompa insulin, mungkin perlu merogoh kocek yang lebih dalam. Sebab, harga pompa insulin per satu set dibanderol mulai dari Rp 15 juta-Rp 20 juta-an.

Wah, memang cukup pricey ya Bu. Tapi, dihitung-hitung demi kepraktisan, mengingat peran insulin dalam tubuh penderita diabetes sangat penting, seperti bisa jadi pertimbangan nih!