Kesehatan

Stress Dan Dehidrasi, Bisa Picu Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Stress Dan Dehidrasi, Bisa Picu Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Saat bangun tidur di pagi hari, biasanya tubuh kita akan terasa lebih segar. Tapi pada beberapa orang, mereka justru harus menghadapi sakit kepala saat bangun tidur.

Hal ini jelas membuat mereka merasa tidak nyaman. Apalagi jika harus beraktivitas setelahnya, sehingga membutuhkan obat khusus untuk mengurangi sakit yang dirasakan.

Namun, perlu diakui bahwa migrain saat bangun tidur sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas. Alih-alih tidak ingin ketergantungan obat penghilang rasa sakit, Ibu tentu penasaran apa yang menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur.

Padahal jika ditelusuri lebih lanjut tidak kegiatan berat khusus sebelum tidur di malam hari. Untuk itu, ada baiknya simak terlebih dahulu penyebab sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari yang perlu Ibu ketahui berikut ini.

Penyebab munculnya sakit kepala saat bangun tidur

Menurut Sleep Foundation sakit kepala saat bangun tidur akrab dikenal dengan istilah morning headache yang umum terjadi pada 1 dari 13 orang di dunia. Kondisi ini umum terjadi pada pria maupun wanita di usia antara 45-64 tahun.

Morning headache biasanya juga terjadi di mulai dari jam 4 pagi hingga 9 pagi. Hal ini bahkan bisa membuat penderitanya jadi terpaksa terbangun akibat rasa sakit yang dialami.

Jenis morning headache atau sakit kepala saat bangun tidur yang dialami biasanya berupa leher kaku, kepala tegang dan nyeri akibat migrain. Sakit kepala sendiri umumnya muncul dengan gejala nyeri di area mata, sakit saat mengedipkan mata, bahkan kepala terasa pusing dan sakit.

Gaya hidup yang tidak sehat, stress hingga kurangnya hidrasi tubuh di duga menjadi salah satu penyebab migrain saat bangun tidur yang paling umum. Akan tetapi, ada banyak penyebab yang mengakibatkan sakit kepala saat bangun tidur lainnya yang penting untuk diketahui.

Umumnya sakit kepala saat bangun tidur bukanlah sebuah masalah yang serius dan tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, jika sakit kepala saat bangun tidur terjadi secara terus-menerus, hal ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang cukup serius. Penyebab migrain saat bangun tidur yang paling umum lainnya adalah:

1. Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia

Masih menurut Sleep Foundation, sleep apnea rentan membuat seseorang mengalami henti napas saat tidur. Sleep apnea memengaruhi setidaknya 2-9% orang dewasa saat tidur.

Sakit kepala saat bangun tidur juga merupakan gejala sleep apnea yang paling umum. Sleep apnea juga sering dikaitkan dengan mendengkur.

Selain itu, gangguan tidur lain seperti insomnia atau kesulitan tidur di malam hari juga dapat memperparah gangguan sakit kepala saat bangun tidur. Orang dengan insomnia berjuang untuk tertidur, akibatnya mereka sering tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan mungkin merasa tidak tenang atau lesu di siang hari.

2. Depresi dan stress

Melansir Healthline depresi dan stress juga bisa memicu munculnya sakit kepala saat bangun tidur. Biasanya masalah ini juga diiringi dengan tekanan pekerjaan atau masalah tertentu yang menguras pikiran hingga membuat Ibu kelelahan secara fisik dan mental.

3. Tidur terlalu lama

Tidur berlebihan atau tidur terlalu lama juga dapat memengaruhi sakit kepala saat bangun di pagi hari. Kualitas tidur yang rendah dan tidur yang lebih lama dikaitkan dengan sakit kepala yang lebih intens saat bangun.

4. Bruxism atau menggeretakkan gigi

Bruxism atau kebiasaan menggeretakkan gigi biasanya dilakukan secara tidak sadar. Kebiasaan ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Melansir Mayo Clinic bruxism bisa mengganggu tidur bahkan penderita bruxism berpotensi mengalami kerusakan berat pada giginya. Hal ini karena gerakan yang kuat dan berlebihan juga menyebabkan keausan gigi, nyeri otot, dan kerusakan gusi. Gerakan gigi yang tanpa sadar dilakukan saat tidur ini juga dapat menekan otot rahang sehingga menyebabkan sakit saat bangun tidur di pagi hari.

5. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat serta kerap mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur. Biasanya ketika konsumsi alkohol seseorang juga sedang dilanda stress akibatnya jadi kurang tidur dan rasa sakit kepala saat bangun tidur tidak dapat dihindari. Selain itu mengonsumsi zat kafein berlebihan juga sangat memengaruhi keparahan sakit kepala yang dialami.

6. Tubuh dehidrasi

Jika melansir Cleveland Clinic saat tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh akan terasa lemas, pusing, dan kehausan. Dehidrasi juga bisa menimbulkan keluhan seperti sakit kepala saat bangun tidur.

Hal ini karena mungkin lingkungan saat tidur terlalu panas. Sehingga menyebabkan tubuh mengalami hipertermia. Apalagi ketika sebelum tidur Ibu mengonsumsi terlalu banyak kafein dan alkohol.

7. Ketegangan di area leher

Postur dan posisi tidur yang kurang tepat juga dapat menyebabkan ketegangan di sekitar leher. Hal ini jelas berpotensi memicu kurang tidur dan sakit kepala saat bangun di pagi hari. Memilih bantal yang sesuai atau sering mengubah posisi tidur dapat membantu meredakan ketegangan ini.

Mengatasi sakit kepala saat bangun tidur


  • Cobalah untuk bangun dari posisi berbaring secara dengan perlahan dan jangan langsung mengerjakan aktivitas berat
  • Biasakan konsumsi air putih setidaknya 1 gelas sebelum tidur dan 1 gelas saat bangun tidur
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol dan  berkafein sebelum tidur
  • Selalu konsumsi makanan bergizi setiap hari
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, terutama jika kamu memiliki penyakit bawaan tertentu


Editor: Atalya