Konsepsi

5 Cara Cepat Hamil Tanpa Intervensi Medis

5 Cara Cepat Hamil Tanpa Intervensi Medis

Apakah kamu termasuk yang mencari tahu cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah?

Sebagian besar pasangan suami istri mendambakan langsung dikaruniai buah hati segera setelah baru menikah. Namun, tidak semua pasangan dikarunia kehamilan langsung setelah menikah.

Cepat atau lamanya kehamilan terjadi dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor dapat diperbaiki dengan cara melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan sebagai cara cepat hamil paling ampuh. 

Lima atau lebih perubahan gaya hidup serta pola makan yang tepat dapat mengurangi risiko infertilitas sampai 80 persen menurut studi yang dilakukan oleh Harvard pada 17.544 pasien tanpa riwayat infertilitas.

Sebaiknya perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat tidak hanya dilakukan sebagai cara cepat hamil saja, melainkan sepanjang hidup karena manfaat jangka panjangnya sangat banyak. 

Beberapa perubahan sederhana saja sudah cukup untuk meningkatkan peluang pasangan untuk hamil tanpa intervensi medis.

Ada berbagai cara cepat hamil paling ampuh yang bisa ibu dan suami coba. Pastikan Ibu dan suami sama-sama melakukannya dan jangan hanya satu pihak saja. 

Pastikan juga Ibu sedang tidak menggunakan metode KB apapun.

1. Mengubah gaya hidup

cara-cepat-hamil-1

Cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah pertama adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Banyak yang menyepelekan soal gaya hidup, namun ternyata gaya hidup dapat mempengaruhi potensi kehamilan secara signifikan, lho.

Ibu dan suami harus berupaya untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan cara melakukan:

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Kurangi bahkan hindari makanan ultra proses
  • Menjaga berat badan di angka yang ideal
  • Menjaga asupan zinc, asam folat, kalsium, vitamin C dan D. Selain dari makanan Ibu dan suami bisa mendapatkan nutrisi ini melalui suplemen
  • Berhenti merokok karena dapat menurunkan kesuburan pada pria dan wanita
  • Berhenti minum minuman beralkohol karena dapat mengurangi kadar testosteron dan jumlah sperma
  • Rutin berolahraga. Bisa mulai dari jalan cepat, berlari, atau workout
  • Menjaga testis agar tidak kepanasan untuk mencegah sperma mati

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mempersiapkan kehamilan

Memastikan asupan gizi dari makanan tidak hanya dibutuhkan saat kehamilan sudah terjadi, tetapi juga saat mempersiapkan kehamilan. Mengkonsumsi makanan yang sehat adalah cara cepat hamil untuk pasangan yang baru menikah berikutnya. 

Sebagai contoh, Ibu harus cukup asupan asam folat yang bisa didapatkan dari makanan ataupun suplemen. 

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9 yang merupakan nutrisi penting untuk mereplikasi DNA sebagai substrat berbagai reaksi enzimatik yang terlibat dalam sintetis asam amino dan metabolisme vitamin. 

Ada hubungan yang koheren antara asupan tinggi asam folat, lemak tak jenuh rantai ganda, dan makanan nabati pada hasil kesuburan menurut jurnal Frontiers in Public Health. 

Jika Ibu dan pasangan berniat mempersiapkan kehamilan, jangan lupa untuk memastikan asupan asam folat sebesar 400 mg tiap harinya.

3. Mencari tahu masa subur

cara-cepat-hamil-2

Penting untuk mencari tahu masa subur jika Ibu dan pasangan ingin cepat dikaruniai momongan. Masa subur dikenal dengan masa ovulasi. Ovulasi terjadi saat ovarium melepaskan sel telur. Ibu dapat menghitung secara manual atau menggunakan kalender ovulasi yang sudah banyak beredar di aplikasi kalkulator ovulasi.

Periode antara ovulasi dan periode menstruasi berikutnya biasanya bersifat konstan dan memakan waktu 14 hari asalkan jadwal haid Ibu teratur. Pada siklus menstruasi 28 hari, ovulasi biasanya terjadi di tengah yakni hari ke-14. Hari pertama dihitung dari hari pertama datang bulan.

Jadi, penting untuk mencari tahu masa subur sebagai cara cepat hamil yang tidak boleh terlupakan.

4. Bercinta dengan teknik yang tepat

cara-cepat-hamil-3

Ovulasi hanya terjadi sekali dalam tiap siklus menstruasi dan hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Artinya, hanya dalam rentang beberapa hari saja tiap bulannya bisa diusahakan agar kehamilan terjadi.

Jika Ibu memiliki siklus menstruasi yang teratur, Ibu dapat menggunakan kalender ovulasi untuk menentukan kapan waktu berhubungan intim sebagai cara cepat hamil. Usahakan berhubungan sesering mungkin pada masa subur tersebut.

Namun jika Ibu memiliki siklus menstruasi tidak teratur, Ibu dan suami dapat berhubungan intim minimal dua hari sekali.

Kurangi penggunaan lubrikan atau pelumas seks karena dapat mengubah keseimbangan pH di vagina pada beberapa produk. Ini mengakibatkan kurangnya mobilitas sperma. 

Setelah berhubungan seks sebaiknya jangan segera beranjak, tapi tidurlah terlentang sejenak dahulu. Ini membuat sperma berkubang dahulu di vagina yang memiliki bentuk alami miring sehingga memudahkan sperma berenang menuju ke sel telur.

Jadi, pastikan bercinta dengan cara yang benar sebagai cara cepat hamil yang ampuh.

5. Luangkan waktu untuk santai

cara-cepat-hamil-4

Stres dapat menghambat kesuksesan program hamil. Apalagi jika Ibu dan suami sudah lama menikah namun tak kunjung dikaruniai buah hati. Saat stres bertambah, peluang kehamilan juga akan menurun.  Jangan lupa luangkan waktu untuk santai sebagai cara cepat hamil.

Salah satu cara mengurangi stres adalah mengambil sedikit waktu untuk santai untuk melepaskan penat. Ibu dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari untuk bersantai dan menikmati hidup, bisa denga berjalan-jalan, membaca buku, atau melakukan hobi.

Ibu dan suami juga bisa merencanakan waktu libur bersama dengan mengambil cuti agar pikiran lebih santai dan semakin banyak waktu untuk berdua.

Itulah 5 cara cepat hamil yang dapat Ibu dan suami lakukan. Selamat mencoba!

Editor: Dwi Ratih