Konsepsi

7 Tips Jitu Detox Rahim yang Aman untuk Tubuh

7 Tips Jitu Detox Rahim yang Aman untuk Tubuh

Detox Rahim saat ini sedang banyak digaungkan melalui ulasan Jurus Sehat Rasulullah yang pertama kali dikemukakan oleh dr. Zaidul Akbar. 

Banyak di antara mereka yang melakukan detox rahim agar cepat hamil karena kemungkinan adanya sejumlah riwayat penyakit tertentu yang berkaitan dengan reproduksi ataupun masalah hormonal seperti PCOS, miom, kista, atau masalah lainnya. 

Detox rahim dilakukan tak hanya untuk program kehamilan saja namun juga dapat membantu wanita yang memiliki riwayat menstruasi tidak lancar.

Mengapa Butuh Detox Rahim?


Mengutip dari laman dr. Christine Maren blog, seorang dokter di Colorado, Michigan, Texas, American College of Obstetrics and Gynecology bersama dengan American Society for Reproductive Medicine mengungkapkan bahwa paparan pasien terhadap bahan kimia lingkungan beracun dan pemicu stress lain sangat jelas di mana pun. 

Sementara itu, hal ini sangat mempengaruhi banyak pasangan yang ingin melakukan prakonsepsi atau prenatal karena memiliki efek mendalam pada kesehatan reproduksi di sepanjang hidup mereka. 

Ya benar sekali, detox Rahim sangat dibutuhkan karena dunia sudah banyak terpapar zat kimia beracun dan seringnya tanpa sadar berada di makanan sehari-hari yang konsumsi, udara yang dihirup, bahkan di minuman favorit semua orang.

Sebuah studi pada tahun 2004 dengan mengambil sample hewan, telah terdeteksi adanya 287 bahan kimia dalam darah tali pusat bayi. Zat berbahaya tersebut termasuk merkuri, hidrokarbon poliaromatik, pestisida organoklorin, dan poliklorinasi bifenil (PCB). 

Dari sebanyak ini bahan kimia yang ada, diketahui merupakan penyebab cacat lahir atau adanya kelainan perkembangan. Sebagian besar bahan kimia yang ditemukan asalnya dari penggunaan plastik. 

Bahkan paparan bahan kimia berbahaya juga mengancam bayi manusia saat ini. Inilah mengapa detox Rahim sangat diperlukan terutama mereka yang sedang merencanakan untuk memiliki momongan.

Racun Mempengaruhi Kesuburan


Dunia yang sudah banyak dipenuhi paparan bahan kimia berbahaya dan racun lingkungan ini juga menjadi salah satu penyebab terganggunya kesuburan, kesehatan telur, hingga kualitas sperma pada laki-laki. 

Dalam suatu pernyataan ilmiah, ditemukan bukti bahwa bahan kimia yang mengganggu endokrin akan memiliki efek negatif pada sistem reproduksi pria dan wanita. 

Hal ini seringnya menyebabkan munculnya beberapa penyakit seperti PCOS, kegagalan ovarium prematur, penurunan cadangan ovarium, fibroid Rahim, endometriosis, kehamilan ektopik, hingga gangguan lain yang berkaitan dengan reproduksi wanita. 

Racun lingkungan akibat bahan kimia ini juga dapat mengganggu fungsi ovarium. Detox Rahim sangat berguna untuk membersihkan tubuh dan bagian reproduksi wanita dari paparan racun ini. 

Tak heran bila detox Rahim agar cepat hamil sangat diminati karena terbukti khasiatnya. Beberapa pengikut dr.Zaidul Akbar yang telah melakukan detox Rahim mengungkapkan bahwa mereka berhasil hamil setelah melakukan cara detox Rahim yang dianjurkan.

Cara Detox Rahim Agar Cepat Hamil


Menyiapkan kehamilan sangat perlu dilakukan dan detox Rahim adalah salah satu cara yang baik untuk memulai hal ini. Tubuh yang sehat, bugar, serta sudah menjalani serangkaian cara detox Rahim setiap harinya akan membantu memberi janin Ibu ruang yang nyaman untuk tumbuh dengan sehat juga. 

Tubuh yang berfungsi dengan baik adalah tubuh yang mampu menangani paparan racun berbahaya yang ada di lingkungan saat ini. Detox Rahim akan membantu Ibu untuk membersihkan racun-racun ini supaya tidak diturunkan pada janin dalam kandungan yang kemungkinan besar dapat membuat perkembangannya terganggu. 

Detox Rahim harian sangat disarankan, pilihlah waktu yang tepat untuk detox Rahim supaya hasilnya lebih maksimal. 

Cara detox Rahim agar cepat hamil atau dengan keperluan hanya membersihkan tubuh saja tidak memerlukan diet yang super ketat, biasanya cara detox Rahim hanya memerlukan bahan-bahan herbal, buah-buahan, dan bahan alami lainnya saja. 

Berikut ini ada beberapa cara detox rahim pada tubuh yang dilansir melalui laman Natural Fertility:

1. Mengkonsumsi Air Lemon Setiap Hari

Air lemon dapat dikonsumsi untuk mendetoksifikasi bagian hati kita karena hati merupakan master detoksifikasi tubuh yang memainkan peranan penting dalam keseimbangan hormon. 

Menurut sebuah penelitian di Universitas Minnesota, molekul aktif yang ditemukan pada buah lemon atau buah jeruk lainnya dapat mengaktifkan enzim detoksifikasi hati. Lemon juga mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi sehingga bagus untuk memelihara kesehatan reproduksi.  

Setelah mengkonsumsi lemon, dianjurkan juga untuk tetap mengkonsumsi air putih yang cukup. Tetap terhidrasi dengan baik juga merupakan kunci organ hati yang sehat, produksi lendir serviks yang sehat, meningkatkan metabolism, hingga kesehatan kulit.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu metode detox Rahim juga termasuk mengkonsumsi makanan yang sehat yaitu makanan yang segar dan juga utuh. Dengan memberi makanan sehat pada tubuh maka proses detoksifikasi tubuh akan terjadi secara alami. 

Detox Rahim dengan makanan sehat merupakan perjalanan awal dari kesuburan dan kesehatan bagian reproduksi kita. Cobalah mengganti makanan junk food atau makanan beku dengan buah-buahan segar, sayuran, makanan kaya serat, biji-bijian, kacang-kacangan, lemak sehat, daging segar, ikan, hingga telur.

3. Mulai Rajin Berolahraga

Aktif bergerak dan rutin melakukan olahraga akan membantu proses detox Rahim maksimal. Pada dasarnya, olahraga mampu membuat kesehatan tubuh meningkat sehingga seluruh organ pada tubuh dapat bekerja secara maksimal dan sehat. Detox Rahim agar cepat hamil juga disarankan untuk melakukan sejumlah olahraga. 

Selain itu, manfaat olahraga lainnya adalah membuat tubuh semakin bugar, mengurangi stress, memperkuat otot, hingga meningkatkan sirkulasi serta jumlah oksigen yang mengalir pada tubuh. 

Bila melakukan detox Rahim agar cepat hamil melalui olahraga, Ibu dapat memilih olahraga seperti jalan cepat, jogging, hiking, yoga kesuburan, atau jenis lainnya yang tidak terlalu berat.

4. Cobalah untuk Melakukan Peeling atau Lulur

Melakukan peeling pada wajah dan lulur pada badan dapat membantu menghilangkan racun-racun pada tubuh hingga bersih. Faktanya, sepertiga dari racun tubuh akan dikeluarkan melalui kulit dan melakukan peeling atau lulur membantu membuka pori-pori yang tersumbat sehingga racun yang terperangkap di kulit dapat dikeluarkan. 

Waktu yang tepat untuk detox Rahim melalui peeling atau luluran ini adalah saat pagi hari atau sore hari ketika sudah tidak melakukan kegiatan di luar rumah.

5. Detox Rahim dengan Ramuan Herbal

Detox Rahim agar cepat hamil banyak yang menggunakan bahan-bahan herbal sesuai resep yang diberikan oleh dr. Zaidul Akbar. Ramuan herbal yang biasanya terdiri dari buah-buahan segar hingga rimpang-rimpangan akan membantu tubuh melakukan proses detox Rahim dengan baik dan benar. 

Hasilnya sudah pasti tidak akan sama antara orang satu dengan lainnya, namun banyak Ibu dengan program hamil berhasil setelah rutin melakukan detox Rahim. 

Sama seperti mengkonsumsi lemon, waktu yang tepat untuk detox Rahim dengan ramuan herbal adalah dengan mengkonsumsinya di pagi hari. Pastikan juga Ibu memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh.

6. Melakukan Pijat Kesuburan

Pijat kesuburan biasanya dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan serangkaian teknik pijat yang digunakan untuk meningkatkan sirkulasi ke Rahim dan ovarium, meluruskan kembali Rahim yang miring, dan memperbaiki otot pinggul hingga organ reproduksi. 

Pijat kesuburan memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, pelajari dulu tekniknya dengan benar.

7. Mengontrol Pikiran dan Hindari Stress

Melakukan program hamil tidak semata-mata pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan pikiran yang positif untuk mendukung program yang paling Ibu nantikan ini. Jangan terpaku dengan hal lain yang membuat pikiran Ibu stress atau terganggu. 

Fokuskan pada detox Rahim yang tepat dan mulailah melakukan gaya hidup sehat aktif. Selebihnya, proses kehamilan seseorang akan sangat bergantung kepada takdir Tuhan YME.

Waktu yang Tepat untuk Detox Rahim


Melansir dari berbagai sumber, waktu yang tepat untuk detox Rahim adalah saat perut masih kosong. Pilihlah resep ramuan herbal yang cocok dengan tubuh Ibu supaya detox Rahim agar cepat hamil berjalan dengan baik. 

Waktu yang tepat untuk detox Rahim ini juga dapat dilakukan 3 kali seminggu atau sesuai kebutuhan dan berlangsung berturut-turut selama satu bulan penuh atau bisa terus berlanjut. 

Resep Detox Rahim Agar Cepat Hamil


Resep JSR sebagai detox Rahim agar cepat hamil seringkali digunakan karena selain bahan-bahannya alami, resep ini sangat memudahkan bagi siapa saja yang akan mencobanya. 

Dari mulai mengolahnya hingga menemukan bahan-bahannya. Berikut ini merupakan resep detox Rahim JSR yang dilansir dari Muslim Okezone:

Resep 1

Bahan: 250 ml air putih, jahe secukupnya, 1 sdt kapulaga (kurang lebih 5 – 7 buah), 1 biji cengkeh, 1 sdt ketumbar, dan madu secukupnya.

Cara membuat: rebus 250 ml air bersama dengan jahe sampai mendidih atau kurang lebih 2 menit saja. Kemudian masukkan rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan cengkeh, ketumbar ke dalam gelas dan tambahkan air rebusan jahenya. Tunggu hingga hangat baru kemudian ditambahkan madu supaya rasanya lebih nikmat.

Resep 2

Bahan: 2 batang kayu manis, jahe secukupnya, setengah liter air.

Cara membuat: cuci bersih semua bahan, iris tipis jahe, masukkan kayu manis dan jahe tersebut pada botol kemudian rendam semalaman dengan setengah liter air. Anjuran waktu yang tepat untuk merendam adalah 6 – 8 jam. Minumlah saat perut sedang kosong sehari sekali atau sebelum sarapan.

Resep 3

Bahan: seruas jahe, kunyit secukupnya (bila suka bisa agak banyak), satu batang serai, madu secukupnya, jeruk lemon sesuai selera, dan satu gelas air matang.

Cara membuat: jahe, kunyit, dan serai digeprek atau diiris tipis, kemudian rebuslah satu gelas air matang masukkan rempah-rempah yang sudah digeprek atau diiris dan masak hingga sedikit mendidih. Setelah itu dinginkan sejenak lalu masukkan perasan jeruk lemon dan madu sesuai selera lalu konsumsi selagi hangat.

Resep Detox Rahim untuk Melancarkan Haid

Menstruasi yang tidak lancar akan menyebabkan hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Akibatnya seseorang menjadi lebih mudah emosi atau bahkan mengalami masalah seperti timbul jerawat hingga kulit kusam. Selain detox Rahim agar cepat hamil, JSR juga memiliki resep untuk melancarkan menstruasi seperti berikut ini:

Bahan: 1 jempol jahe, 2 jempol kunyit ukuran sedang atau besar, asam jawa secukupnya, gula aren secukupnya, 1 batang serai, dan air panas secukupnya. Asam jawa bisa juga diganti dengan air perasan jeruk nipis atau lemon.

Cara membuat: untuk jahe dan kunyit bisa diblender, digeprek, atau diiris tipis. Masukkan jahe dan kunyit dalam panic, rebus dengan asam jawa, gula aren, dan serai yang sudah digeprek. Bila sudah mendidih matikan api dan biarkan hangat terlebih dahulu baru dapat dikonsumsi.

Editor: Dwi Ratih